in , ,

Dermaga Mangrove Baluran, Pesona Paripurna di ‘Africa van Java’

Rasakan kesegaran hutan bakau

Siapa yang sedang merencakan liburan ke Taman Nasional Baluran? Taman Nasional di Timur Pulau Jawa ini memang sangat terkenal dengan padang savanannya yang eksotis. Namun ternyata kawasan ini juga punya Dermaga Mangrove. Apa istimewanya destinasi ini? Yuk simak ulasan berikut!

Baca juga : Soto Gerabah Mbok Tuginem, Kuliner Istimewa Jogja dengan Harga Murah Meriah

Masuk kawasan Taman Nasional Baluran

img_20190727134741_E38.jpg
Pintu masuk Pantai Bama (c) Rosita/Travelingyuk

Sebelum membahas lebih jauh dimana lokasi Hutan Mangrove ini, sudah tahu dimana letak Taman Nasional Baluran?Destinasi ini terletak di Jalan Banyuwangi–Situbondo km 35, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Jika dari gerbang utama, Teman Traveler harus menempuh perjalanan sejauh 15 km untuk bisa tiba di sini.

Satu Lokasi dengan Pantai Bama

img_7809_ULJ.jpg
Gapura masuk menuju Dermaga Mangrove (c) Rosita/Travelingyuk

Perlu tahu, Pantai Bama yang terletak di ujung Taman Nasional Baluran ternyata juga memiliki hutan mangrove. Yang tentunya juga wajib Teman Traveler jelajahi. Dimana letak Pantai Bama? Pantai Bama terletak 3 km di sebelah timur Pos Bekol. Jarak Pantai Bama dari gerbang Taman Nasional Baluran memang cukup jauh.

img_7810_bcP.jpg
Gapura masuk menuju Dermaga Mangrove (c) Rosita/Travelingyuk

Namun tak perlu khawatir, kini Taman Nasional Baluran sudah beraspal mulus. Penasaran dengan pesona Pantai di ujung Taman Nasional Baluran ini? Pantai Bama memiliki karakteristik pasir putih dan air laut yang tenang.

Pesona Paripurna yang Menawan

img_7820_76k.jpg
Suasana dermaga di Pantai Bama (c) Rosita/Travelingyuk

Tak hanya itu, Pantai Bama dikelilingi hutan mangrove yang asri. Berjalan ke arah kanan menyusuri jalan setapak, Teman Traveler akan menjumpai hutan mangrove. Gapura masuk yang bertuliskan ‘Dermaga Mangrove’ siap menyambut kedatangan Teman Traveler. Berjalan menyusuri jalan setapak di dalam hutan mangrove Pantai Bama, akan mengantarkan Teman Traveler menuju sebuah dermaga.

img_7818_xqW.jpg
Jembatan menuju ujung dermaga (c) Rosita/Travelingyuk

Sepanjang jalan Teman Traveler akan disuguhkan hawa sejuk, karena rindangnya pohon-pohon bakau. Karena berada dalam satu lokasi, tentunya masih dengan suasana yang sama dengan Pantai Bama. Ya, kawanan monyet masih akan Teman Traveler jumpai di Dermaga Mangrove.

Tentunya Teman Traveler wajib berhati-hati dengan tingkah nakal monyet-monyet penghuni Pantai Bama ini. Tak hanya gemar mencuri makanan, tingkah aneh lainnya juga kerap kali ditunjukkan monyet penghuni Pantai ini.

Kapan Waktu Terbaik?

img_7813_yqA.jpg
Jalan menuju dermaga (c) Rosita/Travelingyuk

Kira-kira kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Dermaga Mangrove? Perlu kalian ketahui, deretan Pantai Bama merupakan spot terbaik menyaksikan matahari terbit. Teman Traveler akan disuguhi matahari terbit dengan latar belakang Taman Nasional Bali Barat.

Namun bukan berarti mampir ke sini saat siang maupun sore hari kurang direkomendasikan. Siang hari merupakan waktu yang tepat bagi kalian para pemburu foto untuk mampir ke destinasi cantik nan indah ini.

img_7823_rfV.jpg
Dermaga mangrove di Pantai Bama (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan lengkapnya. Hutan mangrove yang berada satu lokasi dengan Pantai Bama. Yuk segera realisasikan rencana liburan kalian ke Taman Nasional Baluran. Tentu saja jangan lupa sertakan Dermaga Mangrove dalam list perjalanan kalian. Selamat berlibur, Teman Traveler! Next

ramadan

Santap Siang di Lesehan Taliwang Nada Sayang-Sayang Mataram

Wisata Air Panas Cangar

Wisata Air Panas Cangar, Solusi Saat Kedinginan di Batu