in , , , ,

4 Desa Wisata di Sekitar Borobudur, Tentram dan Nyaman

Liburan di desa wisata Borobudur

fi desa wisata di sekitar borobudur

Teman Traveler saat berwisata ke Magelang coba datang ke Balkondes yaitu Balai Ekonomi Desa di Sekitar Candi Borobudur. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan, ada sekitar 20 desa menarik untuk dikunjungi. Salah satunya 4 desa wisata di sekitar Borobudur yang tentram dan nyaman berikut. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Peninggalan Belanda di Garut Ini Cantik dan Bersejarah, Liburan pun Jadi Betah

1. Desa Bumiharjo

desa bumiharjo
Ilustrasi via [image source]

Pertama ada Desa Bumiharjo yang punya pemandangan perbukitan menoreh, Teman Traveler akan diajak nostalgia masa kecil di Kampung Dolanan Nusantara. Ada banyak permainan tradisional seperti gobak sodor, engklek, sunda manda, congklak dan lainnya.

Setelah dari Kampung Dolanan Nusantara bisa menikmati wisata kulinernya diantaranya ada tempe tradisional dusun Sigug dan tahu tradisional dusun Sodongan yang nikmat.

Desa Bumiharjo berlokasi di Balkondes Bumiharjo, Kampoeng Dolanan, Jalan Sentanu, Bumiharjo, Magelang, Jawa Tengah. Jarak dari kompleks Candi Borobudur 2 km.

2. Desa Wringinputih

desa wringinputih
Ilustrasi via [image source]

Kemudian ada Desa Wringinputih, terkenal dengan kerajinan bambunya yang dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai cendera mata. Di sini juga ada Bale Bambu Klatakan yaitu kebun bambu yang indah, bisa dijadikan spot foto Teman Traveler. Selain itu wisatawan dapat melihat proses pembuatan gula jawa dan masih banyak kegiatan lainnya.

Desa Wringinputih berlokasi di Balkondes Wringinputih, Wringinputih, Magelang, Jawa Tengah. Dari kompleks Candi Borobudur berjarak 2,3 km.

3. Desa Karangrejo

desa karangrejo
Ilustrasi via [image source]

Selanjutnya Teman Traveler pasti sudah tidak asing dengan Punthuk Setumbu lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang berada di Desa Karangrejo. Selain itu masih banyak wisata lain seperti Punthuk Barede, Bukit Cemuris, Sendang Widodaren, dan Sendang Puspitosari. Desa ini juga penghasil kerajinan batu cetak dan kuliner getuk tradisional.

Desa Karangrejo berlokasi di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dengan jarak 3 km dari kompleks Candi Borobudur.

4. Desa Giritengah

desa giritengah
Ilustrasi via [image source]

Berikutnya ada Desa Giritengah merupakan tempat persinggahan Pangeran Diponegoro, masih menjunjung tinggi nilai -nilai tradisi dan kebudayaan yang kental. Di sini Teman Travel bisa melihat sekaligus wisata belanja kerajinan mebel bambu, bakul bambu, topeng buto, dan jaran kepang.

Sedangkan wisata ada Sanggar Seni Ngestigiri menampilkan tarian seperti ketoprak, dayakan, gatotkoco, ndulalah dan lainnya. Atau melihat pemandangan dari bukit Puncak Suroloyo dan Pos Mati. Desa Giritengah berlokasi di Balkondes Giritengah, Giritengah, Magelang, Jawa Tengah. Berjarak 5 km dari Candi Borobudur ke arah barat.

Demikian ulasan 4 desa wisata di sekitar Borobudur, bisa jadi referensi liburan Teman Traveler saat ke Magelang. Next

ramadan
fi 4 pantai di gunungkidul

4 Pantai di Gunungkidul, Salah Satunya Ada Yang Hits

fi taulani social hideout

Kuliner di Taulan Social Hideout Bali, Ada Kolam Renang Pinggir Sawah