in , ,

Catat Teman Traveler, Inilah Destinasi Wisata Toraja yang Asyik Dikunjungi

Jelajah Pesona Toraja, Dari Kete Kesu Sampai Buntu Burake

Destinasi Liburan Toraja
Destinasi Liburan Toraja (c) Erwin Ningrat/Travelingyuk

Berencana liburan ke Toraja, tapi masih bingung hendak berkunjung ke mana? Kawasan di Sulawesi Selatan ini memang punya banyak destinasi apik, jadi tak heran jika kalian pusing menentukan pilihan. Agar Teman Traveler tak repot-repot mencari, berikut adalah daftar lima destinasi wisata Toraja yang asyik untuk dikunjungi. Yuk, kita simak ulasannya bersama-sama.

Baca juga : Foto-foto Gempa Bumi di Lombok Timur, Ini Kerusakan Bangunannya

Lolai ‘Negeri diatas Awan’ Tana Toraja

Pemandangan di Lolai (c) Erwin Ningrat/Travelingyuk

Kampung Lolai terletak di Kecamatan Kapapitu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Puncaknya berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan air laut. Inilah yang membuat Lolai kerap mendapat julukan ‘Negeri di atas Awan‘. Di sini Teman Traveler bisa menikmati panorama alam indah dengan berteman hamparan awan pagi hari.

Matahari terbit di Lolai (c) Erwin Ningrat/Travelingyuk

Gambar di atas merupakan salah satu bukti panorama indah di kawasan Lolai. Selain melihat hamparan awan dari jarak dekat, di sini Teman Traveler juga bisa indahnya pemandangan matahari terbit alias sunrise. Bisa dibayangkan pasti sangat asyik berada di tempat ini. Dijamin gak bakal bisa move on.

Deretan rumah adat khas Toraja (c) Erwin Ningrat/Travelingyuk

Karena sederet keindahan tersebut, Kampong Lolai tidak pernah sepi dari wisatawan. Jika berkesempatan mengunjungi Toraja, Teman Traveler wajib datang ke sini.

Kete Kesu

Berfoto di Kete Kesu (c) Erwin Ningrat/Travelingyuk

Destinasi wisata Toraja asyik selanjutnya yang wajib Teman Traveler kunjungi adalah Kete Kesu. Desa ini berada di Kampung Bonoran, Kelurahan Tikunna Malenong, Kecamatan Sanggalangi, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Untuk menuju sini kalian hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 5 km dari Rantepao atau 14 km dari Makale.

Begitu sampai di Kete Kesu, Teman Traveler bisa melihat barisan Tongkonan, rumah adat khas Toraja yang usianya sudah mencapai lebih dari 300 tahun. Keren banget kan Teman Traveler? Meski sudah melalui perubahan zaman hingga tiga abad, barisan Tongkonan di sini masih kokoh berdiri.

Tengkorak manusia di Kete Kesu (c) Erwin Ningrat/Travelingyuk

Tak hanya itu Teman Traveler, dinding-dinding Tongkonan juga dihiasi ukiran dan tanduk kerbau yang mewakili status pemilik rumah. Semakin banyak dan tinggi tanduk kerbau yang dipajang, semakin tinggi pula status sosial sang pemilik.

Di belakang Tongkonan kalian bisa melihat menhir (batu tunggal), bagian dari situs pemakaman kuno berusia lebih dari 700 tahun. Bukit berbatu ini memiliki sebaran tengkorak dan tulang manusia. Meski sedikit ngeri, tapi cukup menarik ya Teman Traveler.

Buntu Burake

Berfoto di sekitar Buntu Burake (c) Erwin Ningrat/Travelingyuk

Buntu Burake merupakan destinasi wisata religi di Tana Toraja. Di sini Teman Traveler akan mendapati patung Yesus setinggi 40 meter. Berdiri kokoh di atas bukit, mirip seperti monumen serupa di Gunung Corcovada, Rio de Janiero, Brasil. Luar biasa bukan?

Kerennya lagi, Patung Yesus di Tana Toraja ini merupakan tertinggi kedua di dunia setelah Patung Kristus Raja di Polandia, dengan tinggi mencapai 52,5 meter.  Wah, mantap bukan Teman Traveler? Tak perlu jauh-jauh ke Polandia atau Brasil, kalian sudah bisa menyaksikan monumen yang tak kalah megahnya di Toraja.

Berfoto di anjungan kaca (c) Erwin Ningrat/Travelingyuk

Selain sebagai menjadi destinasi wisata religi, Buntu Burake juga menyuguhkan pemandangan alam indah lho. Di sini Teman Traveler bisa melihat panorama alami memanjakan mata dari ketinggian. Cocok banget buat kalian suka narsis atau selfie, dijamin hasil fotonya keren-keren.

Itulah beberapa destinasi wisata Toraja asyik yang wajib Teman Traveler kunjungi. Jangan lupa mampir jika kalian sempat singgah di Sulawesi Selatan, dijamin bakalan betah.
Next

ramadan

Unique Satays of Jogja

Meet the Endangered Bali Myna in West Bali National Park