in ,

Pulau Weh, Ujung Barat Indonesia dengan Pesona Luar Biasa

Destinasi Wisata Pulau Weh

Dengan banyaknya pulau dan pantai yang dimiliki Indonesia, tentu saja negara kita tak akan pernah kehabisan destinasi untuk dikunjungi. Beberapa lokasi telah populer dan melambung namanya di kalangan para pelancong, seperti Pulau Bali dan Raja Ampat misalnya. Begitu pula di ujung barat Indonesia, seperti Pulau Weh dengan potensi wisata yang sangat besar.

Baca juga : Diminati Turis Malaysia, Inilah 6 Wisata Bernuansa Religi di Mataram

1. Pantai Iboih

Kekayaan bawah laut Pantai Iboih [image source]
Pantai Iboih adalah destinasi paling cantik di Pulau Weh. Tak heran seringkali wisatawan lokal menjadikan lokasi ini sebagai tujuan utama. Memiliki nama asli “Teupin Layeu”,  di sini kamu bisa menikmati segala keindahan bawah lautnya. Jika kamu melakukan snorkeling, segala keindahan terumbu karang yang hanya berjarak 5 meter dari tepi pantai akan membuatmu kagum.

Dermaga untuk memulai snorkeling [image source]

2. Pantai Gapang

Dermaga Pantai Gapang [image source]
Disebut Pantai Gapang karena di sini terdapat banyak pohon gapang yang berdiri tepat di bibir pantai. Namun tak hanya itu daya tarik pantai ini, perairan biru dan jernih adalah salah satu penyegar mata yang mujarab. Tak heran aktivitas seperti snorkeling, berenang, dan kegiatan air lainnya menjadi sangat diminati di Pantai Gapang.

Panorama lepas pantai [image source]

3. Pantai Sumur Tiga

Tepi Pantai Sumur Tiga [image source]
Berada di bagian paling ujung Indonesia, membuat pantai ini menjadi spot terbaik untuk menikmati sunset. Pepohonan kelapa yang menjulang tinggi di tepi pantai, membuat tempat ini dijuluki memiliki suasana Hawaii ala Sabang. Begitupun dengan area perairannya yang jernih dan memiliki warna biru tosca serta ombak yang tenang.

Air biru tosca yang jernih [image source]

4. Pantai Anoi Itam

Bukit di atas Pantai Anoi Itam [image source]
Yang membuat Anoi Itam berbeda dari pantai – pantai lainnya di Pulau Weh, bahkan di Aceh, adalah pasir hitamnya. Tidak mengherankan pantai ini mendapat predikat sebagai salah satu “pantai tercantik” di Nusantara versi Garuda Indonesia. Tak hanya keindahan alamnya, di sini kamu bisa menemukan situs peninggalan sejarah berupa bunker dan benteng peninggalan Jepang semasa Perang Dunia ke II.

Pemandangan dari atas bukit [image source]
Bagian barat Indonesia tak kalah indah dan menyimpan banyak potensi wisata. Terlebih lagi dengan suasananya yang masih asri dan tak terlalu padat pengunjung. Tertarik untuk mencoba traveling ke ujung barat Indonesia? Next

ramadan
Kwetiau Bakar Wapo

Kwetiaw Bakar Wapo, Kuliner Unik dengan Kuah Kental di Bandung

Baru! Ada Iga Sapi Berbalut Bakso di Karawang