in ,

Destinasi Wisata Sidrap, Lengkapi Kincir yang Diresmikan Jokowi

Deretan Ragam Destinasi Wisata di Sidrap, Sulawesi Selatan

Presiden Jokowi kala berada di Sidrap
Presiden Jokowi kala berada di Sidrap via Instagram jokowi

Kabupaten Sidenreng Rappang, biasa disingkat Sidrap, belum lama ini jadi sorotan. Presiden Joko Widodo baru saja mampir ke kawasan tersebut untuk meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Deretan kincir angin indah penghasil listrik tersebut pun seolah menjadi pelengkap destinasi wisata Sidrap lainnya.

Baca juga : Warunk Cuci Mata, Kulineran Hemat dekat Pantai Kuta

Namun demikian, sebelum ada kincir angin pun Sidrap sudah punya banyak panorama lain yang tak kalah menarik. Mulai dari air terjun hingga perbukitan, semua menawarkan pemandangan memanjakan mata. Penasaran? Berikut Travelingyuk sajikan deretan destinasi wisata Sidrap yang pantang dilewatkan.

1. Taman Batu Allakuang

Taman batu Allakuang
Taman batu Allakuang via Instagram visit_sulsel

Sidrap sudah lama dikenal sebagai salah satu sentra perajin batu gunung. Ada banyak produk batu gunung berkualitas tinggi dihasilkan kabupaten di Sulawesi Selatan tersebut. Pusatnya ada di Kelurahan Allakuang, Kecamatan Maritengngae.

Selain peralatan rumah tangga seperti cobek dan lesung, perajin di Allakuang juga dikenal dengan karya batu nisan mereka yang berkualitas tinggi. Total ada sekitar 300an pembuat batu nisan di kawasan ini. Bahkan tak sedikit yang datang jauh-jauh dari luar Sidrap untuk membeli batu nisan buatan mereka.

2. Puncak Malloci

Pemandangan di Puncak Malloci
Pemandangan di Puncak Malloci via Instagram hao_noah

Sobat traveler yang mendambakan tempat tenang dengan pemandangan luar biasa indah dari ketinggian wajib datang ke Puncak Malloci. Dari lokasi keren ini, kalian bisa melihat panorama yang begitu memanjakan. Pas sekali bagi yang ingin melepaskan penat dari padatnya kehidupan perkotaan sepekan sebelumnya.

Namun demikian untuk menuju Puncak Malloci dibutuhkan usaha ekstra. Perjalanan ke sana sama sekali tak mudah. Treknya cukup curam dan sebaiknya sobat traveler menyiapkan stamina dan tenaga sebelum datang ke sini.

3. Danau Sidenreng

Indahnya matahari di Danau Sidenreng
Indahnya matahari di Danau Sidenreng via Instagram visit.sidrap

Danau Sidenreng merupakan salah satu destinasi alam menarik di Sidrap. Sobat traveler yang ingin menikmati panorama gunung sembari menghirup udara segar bisa mengunjungi danau yang berada di Desa Mojong, Kecamatan Watang Sidenreng ini. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari pusat Sulawesi Selatan.

Selain bersantai di sekitar danau, pengunjung juga bisa menikmati panorama sekitar dengan menumpang perahu. Perairan kawasan ini memang cukup luas, hingga tak heran jika tiap tahunnya sering diadakan lomba balap perahu.

4. Bukit Larua

Bukit Larua
Bukit Larua via Instagram emmy_kasmiati

Sesuai namanya, bukit ini terletak di kawasan Larua, Pangkajenne, Sidrap. Pengunjung bakal disambut hamparan rumput hijau nan indah yang begitu memanjakan mata. Karena letaknya berada di kawasan dataran tinggi, udara yang dihasilkan juga lebih segar dari hawa perkotaan pada umumnya.

Lokasi ini menjadi salah satu destinasi yang cukup hits di kalangan anak muda Sidrap, lantaran menyediakan banyak spot foto menarik nan Instagenic. Jika tertarik berkunjung, sebaiknya hindari datang di siang hari karena matahari akan lebih menyengat dan kurang baik untuk pencahayaan foto.

Itulah tadi beberapa destinasi wisata Sidrap yang sayang dilewatkan. Jika sobat traveler kebetulan berada di Sulawesi Selatan dan masih bingung mencari referensi lokasi liburan, tak ada salahnya mengunjungi salah satu destinasi di atas. Next

ramadan

Ngopi Segar di Panasnya Ibukota, Rekomendasi Cold Brew di Jakarta

Ilustrasi makanan otentik

Tips Wisata Kuliner Otentik, Sobat Traveler Wajib Coba