in ,

Tips Wisata Kuliner Otentik, Sobat Traveler Wajib Coba

Kiat Menjelajah Destinasi Kuliner Otentik Saat Traveling

Ilustrasi makanan otentik
Ilustrasi makanan otentik via Instagram artizapatasjam

Mendatangi sebuah destinasi wisata, tentu tak lengkap jika belum mencoba sajian kuliner setempat. Namun jangan sampai membuang kesempatan sia-sia, cobalah citarasa lokal yang khas. Asyiknya lagi, ada beberapa tips wisata kuliner otentik yang bisa sobat traveler coba.

Baca juga : Homestay Jogja Wisata, Tempat Bermalam Nyaman dan Murah Dekat Malioboro

Menjajal masakan atau jajanan tradisional bakal memberikan pengalaman rasa yang berbeda. Lidah seolah diajak bertualang memahami kearifan lokal lewat balutan rasa yang memanjakan. Tertarik? Berikut adalah sejumlah tips wisata kuliner otentik yang bisa sobat traveler praktekkan.

1. Manfaatkan Warga Lokal

Ilustrasi warga di pasar lokal
Ilustrasi warga di pasar lokal via pixabay

Tidak ada sumber informasi lebih baik untuk mengetahui lokasi kuliner otentik ketimbang warga lokal. Biasanya mereka paling tahu di mana tempat yang menawarkan masakan terbaik atau jajanan unik bercitarasa khas. Lebih bagus lagi, sobat traveler bisa mencoba mengajak seorang warga lokal untuk menemani. Selain memudahkan, siapa tahu kalian bakal mendapat diskon dari pedagang setempat.

Andai sobat traveler masih ragu, coba saja bertanya ke lebih dari satu orang. Sebab lidah tiap individu berbeda dan masing-masing punya selera sendiri.

2. Ngobrol dengan Petugas Hotel atau Penginapan

Ilustrasi staff hotel
Ilustrasi staff hotel via Instagram libertahotelseminyak

Para petugas hotel atau pegawai penginapan ada bukan hanya untuk membawakan barang atau merapikan kamar. Tak ada salahnya sering-sering mengobrol dengan mereka. Siapa tahu ada informasi menarik soal kuliner atau wisata yang bisa digali.

Hotel atau penginapan biasanya merekrut orang-orang lokal. Mereka pun jauh lebih tahu soal seluk-beluk sebuah daerah, termasuk di mana mencari tempat makan enak dan khas. Jangan buang kesempatan menarik informasi dari para staf penginapan jika memang bisa.

3. Lihat atmosfernya

Ilustrasi kuliner laris nan legendaris
Ilustrasi kuliner laris nan legendaris via Instagram endahdwi.ekowati

Jangan sembarangan masuk ke sebuah restoran atau warung. Meski sudah mendapat rekomendasi dari beberapa orang, perhatikan dulu atmosfer di sekitarnya. Jika terlihat ramai, kemungkinan besar tempat makan tersebut memang terkenal karena kelezatannya hingga punya banyak pelanggan setia.

Namun tentu saja cara ini tidak sepenuhnya akurat. Oleh karena itu jangan lupa bekali diri dengan membaca ulasan beberapa sumber terpercaya, maupun meminta rekomendasi dari sosok kompeten.

4. Cobalah menu berbeda

Ilustrasi turis makan masakan lokal
Ilustrasi turis makan masakan lokal via Instagram tanigakiami

Berada di daerah baru, jangan sampai sia-siakan kesempatan dengan menjajal makanan yang itu-itu saja. Umpama saja sobat traveler gemar menyantap nasi goreng, maka beranikan diri mencoba sesuatu yang berbeda. Hempaskan semua keraguan, beranikan diri menyelami citarasa baru.

Meski mungkin ada beberapa sajian kurang cocok di lidah, sobat traveler bakal mendapat pengalaman berkesan. Nuansa rasa yang unik mungkin tak bakal kalian dapatkan di tempat lain. Oleh karena itu jangan sampai melewatkan liburan dengan suasana datar tanpa meninggalkan kesan.

Itulah tadi sedikit tips wisata kuliner otentik yang bisa sobat traveler coba. Jika kebetulan sedang berjalan-jalan ke sebuah daerah baru, jangan ragu untuk menjajal makanan khas di sana. Siapa tahu kalian akan dipertemukan dengan sensasi rasa anyar yang memanjakan. Next

ramadan
Presiden Jokowi kala berada di Sidrap

Destinasi Wisata Sidrap, Lengkapi Kincir yang Diresmikan Jokowi

Kura-Kura Ocean Park, Ikon Pariwisata Jepara yang Keren