in , , ,

Dragon Hole, Lubang Biru Terdalam di Lautan Dunia

Dasarnya aja gak kelihatan, gak heran kalau lubang ini hampir tanpa udara!

Bumi memiliki area yang sangat luas sehingga tidak heran jika ditemukan berbagai macam kejadian dan tempat yang aneh bahkan diluar dugaan. Begitu pula dengan Dragon Hole yang merupakan lubang biru terdalam di dunia. Sepintas, lubang yang berada di perairan dangkal ini begitu menyeramkan karena dasarnya sama sekali tidak terlihat. Simak informasi lengkapnya berikut ini yuk.

Baca juga : Menjelajahi Wuyishan, Kota Pegunungan di Selatan Tiongkok

Terdalam di Dunia

Lubang Naga via Instagram @melhoresrecordes

Lubang laut terdalam di dunia awalnya dimiliki oleh Dean’s Blue Hole yang terletak di Kepulauan Bahama dengan kedalaman kurnag lebih 663 kaki atau setara dengan 202 meter. Namun rekor ini dibatahkan setelah ditemukannya lubang sedalam 987 kaki atau setara dengan 300.89 meter yang kini dikenal dengan sebutan Lubang Naga atau Dragon Hole.

Laut Cina Selatan

Letak Dragon Hole via Instagram @melhoresrecordes

Dragon Hole berada di Laut Cina Selatan sehingga secara tidak langsung lubang ini masih berada di lingkungan yang sama dengan lubang yang berada di Kepulauan Bahama. Lisa Park Boush selaku ahli bumi dari University of Connecticut mengatakan bahwa terdapat reaksi kimiawi anatrmuka air asin dan tawar sehingga dapat menghasilkan zat yang mampu memakan batuan kapur mauun batuan karbonat lainnya.

Keajaiban Bawah Laut

Pernah Diukur Peneliti via Instagram @melhoresrecordes

Lubang ino termasuk menjadi salah satu keajaiban bawah laut dunia, karena memang faktor yang memperngaruhi perkembangan lubang itu masih menjadi misteri sampai hari ini. Pada lubang yang pada kedalaman 100 meter air asinnya hampir tidak memiliki oksigen ini ditemukan kurang lebih sekitar 20 organisme laut. Hal tersebut terungkap sejak dikirimnya robot bawah laut dan senor ke dalam lubang.

Berbahaya bagi Penyelam

Berbahaya bagi Penyelam via Instagram @_explorethe_world

Pada kedalaman tertentu, peneliti mengatakan bahwa oksigen yang sangat terbatas di dalam Dragon Hole akan sangat berbahaya bagi penyelam. Tidak hanya itu, air yang berada di dalamnya juga terkadang mengandung unsur belerang sehingga akan membahayakan penyelam. Jadi, jika sudah dilarang, pastikan untuk tetap mematuhi aturan yang telah diberikan ya Teman Traveler.

Itulah berbagai informasi mengenai Dragon Hole yang kini menjadi lubang biru terdalam di dunia. Menurut legenda lokal, lubang ini bahkan pernah disebutkan oleh novel dinasti Ming yakni Perjalanan Menuju Barat yang bercerita tentang seekor kera sakti mendapatkan pusaka gada sakti dari kerajaan bawah laut yang dipimpin oleh naga yang bahkan telah di filmkan dan dikenal dengan Kera Sakti. Next

ramadan

Mengenal Ussuri, Teluk dengan Kerikil Kaca Berwarna yang Memesona

Lontong Kikil Kapasari Rombong Ijo, Surganya Pecinta Kikil Surabaya