in , ,

Dusun Semilir Eco Park Semarang, Sajikan Spot Instagenic Unlimited!

Nuansa Tropis nan Unik di Dusun Semilir Eco Park

Dusun Semilir Eco Park
Dusun Semilir Eco Park (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Teman Traveler punya rencana wisata di Semarang? Jika memang demikian, ini adalah momen pas buat kalian untuk mampir ke Dusun Semilir Eco Park. Ikon anyar wisata keluarga di Kota Lumpia ini baru saja dibuka akhir Mei 2019 silam. Kalian bisa menemukan lokasinya di kawasan Bawen, Kabupaten Semarang.

Baca juga : Belanda Absen di Piala Dunia, Robben Liburan ke Labuan Bajo

Merasakan Nuansa Pedesaan

Ikon Dusun Semilir (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Objek wisata keluarga ini coba memadukan konsep alam pegunungan, nuansa pedesaan, warisan asli Indonesia, kuliner, dan wisata edukasi dalam satu tempat. Teman Traveler bakal menemukan sebuah kebutuhan refreshing di sini. Dijamin takkan menyesal deh habiskan akhir pekan di Dusun Semilir.

Kubah Stupa Memesona

Detail kubah stupa (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Total berjumlah lima buah, kubah stupa di Dusun Semilir Eco Park jadi salah satu daya tarik utama begitu Teman Traveler sampai di area parkir. Didesain menggunakan rangka coklat tua dengan lapisan kaca bening, deretan kubah tersebut jadi nampak megah namun masih terkesan tradisional.

Ditambah lagi teras luarnya didesain menggunakan rangkaian bambu dan kayu. Kesan unik dan estetisnya jadi makin terasa. Benar-benar unik deh ketika dilihat langsung Teman Traveler.

Warisan Indonesia

Pintu pemeriksaan tiket (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Memasuki pintu utama, Teman Traveler bakal melewati pintu pemeriksaan tiket. Ruangan besar ini juga sekaligus merupakan bagian dalam bangunan kubah stupa.

Store Warisan Indonesia (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Di sayap kiri pintu masuk, Teman Traveler akan menemukan berbagai warisan budaya asli Indonesia. Beragam jenis oleh-oleh batik dan kerajinan tradisional ditawarkan dengan begitu menarik di sebuah toko khusus. Kalian tak perlu bingung lagi deh jika ingin mencari oleh-oleh dari Semarang.

Cemilan Indonesia

Store Cemilan Indonesia (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sementara itu, di sayap kanan pintu masuk Teman Traveler akan temukan beragam makanan khas Semarang dan sejumlah daerah lain di Indonesia. Kalian bisa memborong bandeng presto, intip, lanting, aneka kopi, bakpia, gulali rambut nenek, hingga beragam jenis buah-buahan.

Suasana Hutan Tropis

Mini hutan tropis (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Mengusung konsep alam nan indah, di antara store Warisan Indonesia dan Cemilan Indonesia, Teman Traveler bakal disuguhi uniknya suasana hutan tropis dalam ruangan. Areanya memang tak begitu luas, namun sentuhan ini cukup berhasil menjadikan ruangan kubah stupa tampak hijau dan rindang.

Jembatan Senggol

Area Jembatan Senggol (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Nah, memasuki area belakang Teman Traveler akan mendapati sebuah jembatan panjang dari bambu, kayu, dan jerami. Tempat ini dinamakan Jembatan Senggol. Terlepas dari namanya, jalur untuk berjalan di sini cukup luas. Kalian bisa melintas dengan leluasa, tanpa perlu berdesakan.

Stan penjual suvenir (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Uniknya lagi, di Jembatan Senggol kalian bakal menemukan sederet stan jajanan/street food dan pernak-pernik lucu. Semuanya dilengkapi atap jerami, membuat suasana tradisional jadi makin terasa.

Selain itu masih ada sederet bangku mungil untuk beristirahat. Teman Traveler bisa bersantai di sini jika sudah lelah menjelajah area sekitar.

Sepoi-sepoi Food Garden

Pintu masuk Sepoi-sepoi Food Garden (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Di ujung Jembatan Senggol, Teman Traveler akan menemukan sebuah resto berkonsep tradisional modern yang diberi nama Sepoi-sepoi Food Garden. Sungguh sebutan yang sangat sesuai, lantaran suasana di sini terasa begitu segar dengan belaian lembut angin. Cocok sekali untuk bersantai sejenak sebelum menjelajah area lain Dusun Semilir.

Luas banget dalamnya (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Seperti resto pada umumnya, di sini Teman Traveler bisa memesan aneka menu makanan dan minuman. Tapi jika ingin sekedar duduk santai sambil menikmati panorama sekeliling juga boleh kok. Harap sedikit bersabar jika belum kebagian tempat ya, sebab kawasan ini umumnya dipadati pengunjung.

Spot Instagenic Tak Terbatas

Kece banget foto-foto di sini (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Dengan arsitektur yang begitu spektakuler, Dusun Semilir seolah hadirkan beragam spot keren tak terbatas. Teman Traveler bisa memanfaatkan tiap sudutnya untuk berpose dan puaskan hasrat berfoto. Hampir tiap sudutnya terlihat cantik. Benar-benar layak diabadikan dengan bidikan lensa kamera.

Suasananya bakal makin apik jika Teman Traveler mampir sore hari. Sinar mentari akan mulai meredup, membuat atmosfer yang tercipta makin syahdu. Dijamin, usai pulang dari sini stok foto keren kalian bakal makin banyak!

Fasilitas Penunjang

Tempat cuci tangan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Baik musala maupun toilet sudah tersedia dengan baik di Dusun Semilir. Pengelola juga sudah menyediakan tempat sampah di beberapa sudut ruangan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk ikut menjaga kebersihan selama berada di sini ya.

Fasilitas kursi roda (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Tak hanya itu, lantaran track di Jembatan Senggol naik-turun, pengelola sudah menyediakan fasilitas kursi roda untuk difabel dan lansia. Keren banget ya!

Masih dalam Proses Pembangunan

Lahan yang bakal dibangun (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Dari sekian spot dan fasilitas yang sudah disebutkan, Dusun Semilir rupanya siap meluncurkan sederet fasilitas menarik lain di masa mendatang. Semuanya masih dalam tahap pengembangan, mulai dari Pet Village, Banyu Biru, Play Park, Exotic Village, hingga The Villas Glamping. Wah, ke depannya tempat ini dipastikan bakal makin kebanjiran pengunjung!

Tiket Masuk

Area drop off Dusun Semilir (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Hingga tulisan ini diturunkan, tiket masuk Dusun Semilir masih dibanderol di angka Rp5.000. Dengan modal segitu, Teman Traveler sudah bisa puas mengelilingi seluruh area wisata. Namun kemungkinan harga ini bakal melonjak drastis jika seluruh areanya sudah selesai dibangun.

Bagaimana Teman Traveler, sudah mulai kepincut dengan kecantikan dan pesona kece Dusun Semilir Eco Park? Tunggu apa lagi, jika sedang wisata di Semarang langsung saja meluncur ke Jalan Soekarno Hatta no. 49 Bawen. Dijamin kalian bakal jatuh cinta melihat keindahannya. Next

ramadan
Dermaga Cinta Banyuwangi

Dermaga Cinta Banyuwangi, Pintu Laut Incaran Pemburu Foto

Kampung Batu Ecopark Malakasari, Wisata Keluarga Menarik di Bandung