in , , ,

Eling Bening Semarang, Liburan Paket Lengkap Bareng Keluarga

Dalam memilih tempat wisata, tentunya banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Mulai dari jarak ke tempat wisata, kemudahan akses jalan, kelengkapan fasilitas, hingga tempat tersebut cocok dikunjungi untuk semua umur atau memiliki batasan tertentu. Jika kamu berada di Semarang atau sedang berlibur ke Semarang, wajib ke tempat yang satu ini, yaitu Eling Bening.

Baca juga : Larangan Berwisata ke Bandung Raya Selama Sepekan Ini

Eling Bening (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Eling Bening bisa dijadikan salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi bila ingin berwisata. Tempat ini bisa dikatakan wisata yang memiliki paket lengkap, karena jaraknya dari kota Semarang tidak terlalu jauh dengan jalan yang bagus, serta fasilitasnya yang lengkap. Eling Bening sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau bersama teman-teman.

Lahirnya tempat bernama Eling Bening

Eling Bening dengan pemandanga indah (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Di sebuah desa yang damai dan jauh dari perkotaa, berdiri Kerajaan Ambarawa. Kerajaan ini dipimpin oleh Raja Pramudaka dan istrinya, Ratu Candaka, serta anak semata wayang mereka yang sangat cantik bernama Bening. Banyak pemuda yang jatuh hati pada Bening, namun ia telah memilih seorang pemuda desa yang bernama Sanggara.

Rupanya, pilihan sang putri berbeda dengan ayah dan ibunya. Mereka telah menyiapkan seorang lelaki yang berasal dari kerajaan sebelah, yang tentunya selain bisa menjadi pasangan Bening, juga bisa menjadi penerus pemimpin kerajaan. Bening yang menolak dijodohkan, kabur bersama Sanggara ke sebuah bukit dan berharap mereka dapat hidup tentram di sana. Dari tempat ini, sejauh mata memandang terlihat pegunungan serta Rawa Pening.

Pegunungan sekitar Eling Bening (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Namun, seorang patih yang melihat mereka berdua melaporkan kepada sang raja. Raja pun memutuskan untuk mengirim pasukannya untuk menangkap putrinya. Maksud hati ingin membawa kembali sang putri, namun Bening malah meninggal terbunuh sebuah pedang. Semenjak kejadian itu, raja dan ratu sangat menyesal.

Setelah beberapa saat kepergian Bening, Sanggara selalu datang ke tempat itu untuk mengingat masa-masa terakhir mereka bersama. Ia pun mengatakan “aku eling Bening” yang artinya “aku ingat Bening”, lalu jadilah tempat ini disebut Eling Bening. 

Pemandangan alam memukau di sekitar Eling Bening

Eling Bening berada di ketinggian (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Eling Bening berada di atas ketinggian, pemandangan di sana membuat siapa saja yang melihatnya akan takjub karena keindahannya. Bangunan berwarna putih yang bergaya modern, dipadukan dengan pemandangan alam sekitar yang memukau. Rawa Pening dan jajaran gunung gagah di belakangnya, seperti Gunung Merbabu, Andong, Telomoyo, serta keindahan khas pegunungan, tentunya akan membuat tempat ini menjadi sangat unik.

Fasilitas untuk melakukan berbagai kegiatan seru

Serunya flying fox (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Tempat wisata ini menawarkan banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan fasilitas yang tentunya menunjang kegiatan tersebut. Eling Bening memiliki berbagai fasilitas, seperti tempat outband, playground, panahan, flying fox, meeting room, stage ceremonia and show.

Bermain air di kolam renang (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Tak lupa fasilitas umum, seperti tempat parkir, toilet, musala, tempat makan dan masih banyak lagi fasilitas lainnya. Fasilitas menarik lainnya adalah tersedianya kolam renang ala skypool, dengan pemandangan yang indah dan tentunya membuat rasa penat kamu akan memudar di tempat ini.

Banyak spot foto menarik

Tersedia berbagai spot foto keren (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Dengan pemandangan yang sangat indah, tentunya sangat sayang jika kamu melewatkan untuk berfoto-foto di tempat ini. Untuk mendapatkan foto yang bagus, juga tersedia berbagai spot yang bakal mendukung fotomu bisa terlihat makin keren. Kamu bisa coba berfoto di perahu naga, ayunan, taman bunga, gardu pandang, rumah hanoi, landmark Eling Bening, dan masih banyak lagi.

Jam operasional dan akses menuju Eling Bening

Salah satu spot instagenic (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Untuk lokasi Eling Bening sendiri berada di Jalan Kartini Tambakboyo, Ambarawa, Bawen, Mustika, Semarang, Jawa Tengah. Untuk mencapai tempat ini bisa dari beberapa jalur. Agar bisa menyesuiakan dengan tempat kamu berada kamu bisa mengakses tempat ini melalui Google Maps. Eling Bening ini buka dari jam 08.00-18.00 dan buka setiap hari. 

Tips berwisata di Eling Bening

Fasilitas tempat makan di Eling Bening (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Agar perjalanan wisatamu aman dan nyaman, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan, yaitu: Next

  • Bila ingin mendapatkan hasil foto yang bagus, kamu harus datang lebih awal atau pada saat sepi agar tidak mengantre untuk berfoto.
  • Eling Bening adalah wisata yang berada di ketinggian. Jika membawa anak kecil, kamu perlu melakukan pengawasan agar tidak terjadi hal tidak diinginkan.
  • Selalu menjaga barang bawaan pribadi.
  • Dewasalah dalam berwisata, selalu menjaga lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya.
  • Yang terkahir, selamat berwisata!
ramadan

Jajan Terang Bulan Jadoel di Alkid Jogja, Bikin Penikmatnya Bernostalgia Masa Kecil

Healing di Akhir Pekan Dengan Bermalam di Pulau Reusam yang Eksotis