in ,

5 Empal Gentong Cirebon Legendaris, Mau Coba?

Empal Gentong Cirebon.
Empal Gentong Cirebon.

Belakangan Cirebon menjadi salah satu pilihan kota alternatif liburan di Jawa Barat. Berkunjung ke sini belum lengkap rasanya kalau tidak mencicipi kuliner khasnya, yakni empal gentong. Ada lima kedai di antaranya yang dikenal karena kelezatannya. Dimana saja? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga : Seblang Bakungan, Tarian Mistis di Banyuwangi Berusia 378 Tahun

1. Empal Gentong Mang Darma

Empal Gentong Mang Darma.
Empal Gentong Mang Darma. [image source]
Kedai yang beralamat di Jalan Slamet Riyadi, Krucuk ini termasuk legendaris dalam menyajikan kuliner Cirebon. Yang menjadi pembeda adalah racikan bumbunya yang berasal dari resep rahasia keluarga sejak 80 tahun silam. Potongan kecil daging dan jeroan sapi diguyur kuah santan penuh aroma rempah dan dimasak dengan gentong tanah liat yang dibakar di atas tungku. Kuahnya dianggap lebih berasa apalagi lebih nikmat kalau disajikan bersama nasi atau lontong. Harga satu porsi Rp 17 ribu dan disarankan kalau berkunjung ke sini sebelum jam makan siang biar tidak kehabisan.

Empal Gentong Mang Darma.
Empal Gentong Mang Darma. [image source]

2. Empal Gentong Amarta

Empal Gentong Amarta.
Empal Gentong Amarta. [image source]
Berdiri sejak 1997 lalu kedai berada di Jalan Ir Juanda Nomor 37 Battembat. Kedai ini selalu ramai pembeli setiap hari. Yang membuat khas kuliner ini adalah empalnya dimasak menggunakan beragam bumbu rempah seperti, serai, bawang merah, bawang putih. Kemudian dimasak dengan santan dan daging sapi di dalam gentong. Setiap porsi empal disajikan dengan tambahan kucai dan bawang goreng sehingga rasa empal gentong begitu gurih. Harga seporsinya Rp 22 ribu.

Empal Gentong Amarta.
Empal Gentong Amarta. [image source]

3. Empal Gentong Haji Apud

Empal Gentong Haji Apud.
Empal Gentong Haji Apud. [image source]
Kedai yang didirikan Haji Apud 1995 lalu ini lokasinya bersebelahan dengan Empal Gentong Amarta. Setiap pagi sampai malam hari kedainya selalu ramai pembeli, apalagi kalau sudah waktunya jam makan siang. Daging yang digunakan adalah daging segar yang diambil dari tempat pemotongan sapi setempat.  Teksturnya empuk karena sudah dimasak berjam-jam dari mulai pukul 04.00 subuh hingga siap disajikan pukul 09.00. Lebih nikmat kalau disantap dengan daun kucai, bawang goreng dan bagi yang suka pedas, yang khas dari empal gentong adalah cabe kering giling racikan Haji Apud sendiri.

Empal Gentong Haji Apud.
Empal Gentong Haji Apud. [image source]

4. Empal Gentong Krucuk

Empal Gentong Krucuk.
Empal Gentong Krucuk. [image source]
Ketika baru masuk kedai yang beralamat di Jalan Slamet Riyadi No 1, Cirebon maka kamu akan langsung mencium wangi kuah empal gentong dan di sisi kiri terlihat dapur tradisional berbentuk pikulan. Kamu sebaiknya langsung memilih daging dan pesan di depan biar lebih cepat karena pengunjungnya selalu ramai dan harus antri untuk bisa dilayani. Proses masaknya pun masih menggunakan kayu. Empal gentong di sini rasanya memang gurih, terlebih lagi jeroan yang disajikan pun empuk dan langsung dipotong di tempat. Kalau suka pedas bisa menaburkan cabe bubuk merah. Semangkuk menu ini dihargai Rp 17 ribu.

Empal Gentong Krucuk.
Empal Gentong Krucuk. [image source]

5. Empal Gentong Tulang Muda Pak Oman

Empal Gentong Tulang Muda
Empal Gentong Tulang Muda. [image source]
Berbeda dengan menu sejenis yang lain, kuliner ini selain berisi daging juga tulang muda sapi. Tulang yang masih segar disiram dengan kuah empal gentong yang bersantan. Bila di kedai lain disarankan berkunjung sebelum jam makan siang, maka kedai ini sebaliknya. Pengunjung sebaiknya ke sini setelah pukul 12.00 karena tulang muda sapinya sudah dimasak dengan kematangan sempurna. Namun jangan pula terlalu sore karena menu ini laris manis. Lebih lengkap kalau siang hari usai memakannya minum es kelapa muda biar lebih segar.

Empal Gentong.
Empal Gentong. [image source]
Nah, kalau kamu lagi liburan ke Cirebon bisa mampir ke lima kedai ini untuk mencicipi kuliner legendarisnya. Next

ramadan

Sering Terbangun dari Tidur di Jam-Jam Ini? Tanda Kamu Butuh Segera Traveling

Wisata Pemandian Baru di Pasuruan, Segar Airnya Bikin Betah Berendam