in ,

Empal Gentong Mang Darma di Cirebon, Sang Pelopor yang Sudah Ada Sejak 1948

Inilah Empal Gentong Mang Darma yang Merupakan Pelopor di Cirebon

Empal Gentong Mang Darma
Empal Gentong Mang Darma

Empal gentong merupakan salah satu kuliner khas Cirebon Jawa Barat yang sekilas mirip dengan gulai. Namun, biasanya kuliner ini dimasak di dalam gentong atau periuk yang terbuat dari tanah liat dan kemudian disajikan dengan nasi atau lontong. Salah satu tempat yang terkenal menyuguhkan empal gentong enak adalah Empal Gentong Mang Darma.

Baca juga : Hotel Terbaik di Singkawang untuk Saksikan Perayaan Imlek Terbesar Indonesia

Empal Gentong yang Sudah Ada Sejak 1942

Legendaris dan menggugah nafsu makan, via Instagram/hungrycouplee
Legendaris dan menggugah nafsu makan, via Instagram/hungrycouplee

Empal Gentong Mang Darma dirintis sejak tahun 1948. Digadang-gadang, kuliner satu ini merupakan pioner empal gentong di Cirebon. Sejak tahun 1948, Mang Darma berjualan empal gentong secara berkeliling.

Baru beberapa tahun kemudian, Mang Darma memutuskan untuk menyewa lokasi yang sampai sekarang ini digunakan. Kini, Empal Gentong Mang Darma ini diteruskan oleh generasi keempat yakni Radi Agustian.

Sempat Vakum Selama 4 Tahun

Empal Gentong legendaris, via Instagram/akang19
Empal Gentong legendaris, via Instagram/akang19

Empal Gentong Mang Darma pusat ini ternyata sebelumnya sempat berhenti selama 4 tahun lamanya. Kemudian di bulan November 2018 yang lalu kembali dibuka.

Saat pembukaan kembali, antusias warga cukup besar. Mereka para pelanggan masih hafal dengan cita rasa yang ditawarkan. Ternyata, kesuksesan dari EGMD ini tak lepas dari kedekatan dengan pelanggan.

Pertahankan Cara Pengolahan Tradisional

Daging yang melimpah, via Instagram/tandiwidjojohenny
Daging yang melimpah, via Instagram/tandiwidjojohenny

Pihak penerus tetap konsisten mempertahankan resep, pengolahan dan trik memasak. Semuanya masih mempertahankan cara tradisional. Mereka masih menggunakan kayu bakar dan juga gentong saat pengolahannya. Karena itulah, rasanya tidak berubah sama sekali.

Pioner empal gentong di Cirebon, via Instagram/lightfoods.id
Pioner empal gentong di Cirebon, via Instagram/lightfoods.id

Ada satu bumbu rahasia yang hanya diketahui oleh sang penerus dan itu yang membuat citarasanya enak dan bertahan hingga detik ini. Untuk bisa menikmati kelezatan empal gentong di sini, jangan lupa untuk mampir jika ke Cirebon.

Alamat Pusat Empal Gentong Mang Darma

Boleh pakai ketupat atau nasi, via Instagram/apriliawidie
Boleh pakai ketupat atau nasi, via Instagram/apriliawidie

Alamat Empal Gentong Mang Darma ini berlokasi di Jl. Slamet Riadi, Krucuk, Cirebon. Tepatnya berada di sebelah Bank BTN Krucuk. Selain di tempat ini ada juga empal gentong dengan resep Mang Darma yakni milik Empal Gentong Mimi Tyah/Bu Darma yang ditemui di Jl. Diponegoro. Sementara satu lagi bernama Empal Gentong Krucuk Putra Darman, anak Mang Darma. Kamu bisa mencobanya dengan harga Rp20.000-an.

Jika sedang jalan-jalan ke Cirebon, tempat makan ini bisa dicoba. Bisa langsung mencoba ke pusatnya ataupun di cabangnya. Bagaimana, tertarik untuk mencicipinya langsung? Next

ramadan
Warkop Waris

Warung Kopi Waris, Kopitiam Paling Legendaris di Tulungagung

Baru Diresmikan! Glamping De’Loano Purworejo Wajib Dikunjungi Akhir Pekan Ini