in ,

Es Buah PK, Kuliner Istimewa Jogja yang Menyegarkan Suasana

Es Buah PK di Jogja

Es Buah PK
Es Buah PK

Jogja memiliki banyak kedai es yang nendang di lidah. Ada Rujak Es Krim Pak Nardi hingga es campur Pak Lanti yang fenomenal. Satu lagi yang tak boleh ketinggalan. Namanya Es Buah PK yang merupakan kuliner istimewa dan menyegarkan di Kota Gudeg. Lalu seperti apa rasa dari jajanan spesial ini? Yuk, intip selengkapnya.

Baca juga : Intip Peninggalan Napoleon di Museum Radya Pustaka Solo, Jalan-jalan Sambil Tambah Wawasan

Legendaris Sejak Tahun 70-an

Es Buah spesial di Jogja
Es Buah spesial di Jogja via instagram/@kokokulineran

Tidak hanya tempat makan, kedai es di Jogja banyak yang legendaris. Termasuk juga Es Buah PK yang berada di trotoar Jalan Pakuningratan, Cokrodiningratan, Jetis, Jogja. Nama PK sendiri bukan berasal dari penjualnya. Melainkan singkatan dari Pakuningratan. Konon, warung ini sudah berjualan sejak tahun 1973. Puluhan tahun masih jualan, sudah dipastikan jika rasanya tak pernah bohong.

Es Buah yang bikin ngiler
Es Buah yang bikin ngiler via instagram/@kulinerjogja

Es Buah Spesial yang Enak Banget

Buah segar di Es Buah PK
Buah segar di Es Buah PK via instagram/@rasajogja

Tak jauh beda dengan lainnya, Es Buah PK terdiri dari buah nangka, cincau hitam, sawo, kelapa muda, blewah, sawo, alpukat yang disajikan di atas mangkuk. Setelah itu, baru ditambahkan dengan serutan es serta susu cokelat untuk membuat rasanya manis. Tak lupa tambahan sirup yang ternyata dibuat dengan resep sendiri. Pastinya, pas banget untuk lidah orang Indonesia. Apalagi disantap saat udara tengah panas-panasnya.

Es serut yang disiram dengan susu kental
Es serut yang disiram dengan susu kental via instagram/@kokokulineran

Sajikan Menu Bakso Spesial

Tiga porsi bakso yang menggugah selera
Tiga porsi bakso yang menggugah selera via instagram/@eatandjournal

Puluhan tahun memanjakan lidah warga Jogja dengan es buah, warung ini akhirnya menambah menu. Entah sejak kapan, pemiliknya yang bernama Karmio memutuskan untuk berdagang bakso daging sapi. Menu ini sangat pas untuk disantap saat makan siang. Apalagi ditemani seporsi es buah. Rasanya, tak perlu ditanyakan lagi. Spesial banget loh.

Bakso Es Buah PK
Bakso Es Buah PK via instagram/@kulinerjogja

Menu Enak dengan Harga Merakyat

Siraman susu kental
Siraman susu kental via instagram/@foodjogja

Keistimewaan es buah legendaris ini memang jadi primadona. Saat jam makan siang, warung sederhana ini selalu banjir pembeli. Tak sedikit yang memesan bakso sekaligus es buahnya. Bukan hanya rasanya yang nendang, harga seporsinya juga terjangkau. Hingga artikel ini ditulis, seporsi es buah hanya Rp8.000. Sedangkan baksonya Rp10.000, sudah paket komplit. Murah meriah bukan?

porsi es buah yang melimpah
porsi es buah yang melimpah via instagram/@gembulfoodie

Nah, itulah ulasan warung Es Buah PK di Jogja yang cukup legendaris. Tidak hanya di Jalan Pakuningratan, kuliner enak ini juga memiliki cabang di Jalan Kyai Mojo Tegalrejo dan Jalan Godean KM 9. Bagaimana, sudah pernah coba minuman menyegarkan satu ini? Next

ramadan

Hindari Karakter Ini Saat Traveling, Hayo Kamu Termasuk Nggak?

Via Instagram nita_imasari

Soto Ayam Rombongan Pak Mul Semarang, Kondang Sejak Puluhan Tahun