in ,

Es Cemoro Tunggal Pak Jumadi di Jogja, Jajakan Es Buah Sejak Tahun 1977

Es Cemoro Tunggal Pak Jumadi di Jogja Si Pelepas Dahaga Saat Jalan ke Jogja

ia Instagram/riderkulineran
ia Instagram/riderkulineran

Es buah merupakan minuman yang begitu nikmat disantap kala siang hari. Terlebih lagi setelah lelah berjalan-jalan seharian, seporsi es buah dengan serutan es yang melimpah pastinya menjadi surga tersendiri. Di Jogja, ada seorang penjual es buah yang telah melegenda dan jadi jujukan banyak wisatawan, namanya adalah Es Cemoro Tunggal Pak Jumadi. Ini memang bukan tempat yang mewah, tapi pengalamannya sudah puluhan tahun. Yuk kita ulas lebih mendalam mengenai tempat kuliner Jogja satu ini.

Baca juga : Lima Nasi Uduk di Jakarta, Tak Hanya Enak tapi Juga Murah

Es Buah Legendarsi Sejak Tahun 1977

Es buah yang melegenda, via Instagram/riderkulineran
Es buah yang melegenda, via Instagram/riderkulineran

Es Cemoro Tunggal Pak Jumadi ini telah ada sejak tahun 1977. Ternyata yang memberi nama adalah mahasiswa UGM. Dahulu kala, ada mahasiswa yang menganjurkan Pak Jumadi untuk berjalan di sebuah tempat supaya teman-temannya juga bisa jajan di tempat tersebut.

Dan di tempat yang disarankan para mahasiswa UGM itulah ada sebuah pohon cemara. Karena hal itulah diberi nama dengan Cemoro Tunggal atau yang dalam bahasa Indonesianya disebut dengan ‘sebuh pohon cemara’. Dari tahun 80-an hingga 2010, Pak Jumadi berjualan di tempat kawasan UGM tersebut, lalu pindah lagi ke tempat yang baru.

Menu-menu yang Ditawarkan di Sini

Sederhana tapi banyak jadi jujukan, via Instagram/riderkulineran
Sederhana tapi banyak jadi jujukan, via Instagram/riderkulineran

Es Cemoro Tunggal Pak Jumadi ini menjual beragam es yang menyegarkan. Mulai dari es teh, es jeruk, es cendol, es kelapa muda, es dogger, es campur, es teler gula jawa, dan sup buah. Menunya memang sangat banyak, namun yang jadi jawara atau yang banyak dipilih oleh orang-orang adalah Es Teller dan Sup Buahnya.

Lokasi yang bisa banget dituju buat kamu yang sedang dagaha es yang menyegarkan. Untuk pemanisnya, Teman Traveler bisa request menggunakan gula jawa, krimer putih, krimer coklat, ataupun juga gula biasa. Mantap sekali bukan?

Alamat dari Es Cemoro Tunggal Pak Jumadi

Bisa jadi jujukan liburan, via Instagram/kangmaskulineran
Bisa jadi jujukan liburan, via Instagram/kangmaskulineran

Es Cemoro Tunggal ini berlokasi di Sendowo, Yogyakarta, SD N Percobaan 2 ke arah Barat kemudian Gang Kedua belok ke utara sampai mentok di depan masjid. Atau jika masih bingung, dari Fakultas Kedokteran Gigi UGM lurus ke arah barat lalu mentok ambil kiri gang kedua di kanan jalan lalu belok kanan dan lurus sampai mentok. Warung ini berlokasi di sebelah masjid, buka dari Senin hingga Sabtu, mulai pukul 11:00 sampai dengan 17:00 WIB.

Menu dan harga, via Instagram/kangmaskulineran
Menu dan harga, via Instagram/kangmaskulineran

Harga di sini sangat murah meriah, hanya di bawah Rp10.000 saja kamu akan kenyang, dahaga bakal hilang. Satu porsi sop buah atau es teler dibandrol Rp9.000 saja. Es cendol dan juga kelapa muda dipatok Rp3.000. Nah, untuk kamu yang kelaparan ada juga menu berat seperti halnya ketoprak, gado-gado, dan juga bakso.

Lokasinya memang sangat sederhana, namun citarasanya begitu bikin tergila-gila. Selain Es Buah Pak Lantip, tempat di Jogja satu ini juga bisa dikunjungi. Next

ramadan
Wisata India Pilihan Nikita Willy

Tidak Hanya Taj Mahal, Kamu Bisa Eksplor Destinasi Wisata India Pilihan Nikita Willy

Daftar Hotel dengan Pesta Tahun Baru di Malang, Mau Rayakan Bareng Siapa Nih?