in ,

Es Dawet Mbah Hari, Eksis Sejak Tahun 1965 di Pasar Beringharjo

Es Dawet Mbah Hari di Pasar Beringharjo yang Rasanya Istimewa

Via Instagram jogjakakilima
Via Instagram jogjakakilima

Pasar Beringharjo merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Jogja. Beragam komoditi yang bisa dibeli. Mulai dari berbagai fashion item, perkakas dapur sampai dengan makanan. Banyak kuliner enak yang ditawarkan oleh Pasar Beringharjo. Salah satu yang cukup rekomended untuk dicicipi kesegarannya adalah Es Dawet Mbah Hari Jogja. Tidak hanya enak, es satu ini juga sudah melegenda di telinga para penggemarnya.

Baca juga : 5 Alasan Ubud Jadi Destinasi Wisata Favorit, Apa saja?

Cuaca jogja yang sangat terik di siang hari, apalagi saat menembus keramaian di Pasar Beringharjo, segelas es dawet memang sangat perlu untuk dinikmati. Yuk buat kamu yang ingin mencari kuliner legendaris di Pasar Beringharjo, mari ikuti ulasannya seperti berikut ini.

1. Sudah Ada Sejak tahun 1965 di Pasar Beringharjo

Dawet Mbah Hari, Via Instagram hobbykulinerr
Dawet Mbah Hari, Via Instagram hobbykulinerr

Tidak satu atau dua tahun saja, ternyata Es Dawet Mbah Hari ini sudah ada sejak tahun 1965. Mbah Hari berjualan es dawet sejak masih gadis hingga kini telah memiliki cucu dan juga menjadi buyut. Awalnya, ia berjualan ikut neneknya. Lalu sekitar tahun 1965, ia mulai berjualan sendiri.

Sosok Mbah Hari dan es dawetnya, Via Instagram hobbykulinerr
Sosok Mbah Hari dan es dawetnya, Via Instagram hobbykulinerr

Resep dawetnya juga diperolehnya dari keluarga turun temurun. Satu hal lagi yang membuat dawetnya memiliki rasa yang otentik, yakni pengolahannya masih secara tradisional dan tidak menggunakan mesin sama sekali.

2. Menu yang Ditawarkan di Es Dawet Mbah Hari

Mbah Hari sedang mempersiapkan dawetnya, Via Instagram jogjafoodsociety
Mbah Hari sedang mempersiapkan dawetnya, Via Instagram jogjafoodsociety

Seperti namanya, menu yang ditawarkan di sini adalah dawet itu sendiri. Biasanya, dalam seporsi dawet akan ada cendol warna-warni, cincau, santan, cairan gula jawa, nangka, dan es batu. Perpaduan bahan-bahan ini sangat lezat dinikmati kala udara Jogja sedang terik-teriknya. Citarasanya merupakan campuran antara manis, legit, gurih dan harum dari tambahan buah nangka. Dahaga akan segera hilang, dan Teman Traveler bisa lanjut untuk membeli berbagai barang yang diinginkan.

3. Harga Menu di Es Dawet Mbah Hari

Es yang bikin ngiler, Via Instagram jogjakakilima
Es yang bikin ngiler, Via Instagram jogjakakilima

Meskipun sudah terbilang sangat melegenda, ternyata Mbah Hari tidak mematok mahal harga dawetnya. Seporsinya dengan ukuran mangkuk kecil dibanderol harga Rp5,000 saja per Juli 2018 ini. Lokasi berjualan Es Dawet Mbah Hari ini berada di pintu Pasar Beringharjo Sayap Utara. Sementara itu untuk jam operasionalnya mulai dari pukul 09:30 sampai habis.

Jika kamu sedang jalan-jalan di Jogja, tepatnya berburu barang belanjaan di Pasar Beringharjo, jangan berpikir lama untuk mampir di Es Dawet Mbah Hari yang sudah melegenda ini. Rasanya juara harganya sangat terjangkau, nggak bikin kantong bolong. Next

ramadan

5 Destinasi Wisata Indonesia di Uang Kertas Rupiah, Sungguh Memesona

Via website harianjogja.com

Deretan Foto-foto Kerusakan Pantai Akibat Gelombang Tinggi di Pesisir Selatan