in ,

Es Dawet Pak Slamet, Minuman Legendaris di Jogja Segelas Rp1,500 Saja

Inilah Paparan Es Dawet Pak Slamet di Jogja yang Sudah Lama di Jogja

Via Instagram jogjaeatguide
Via Instagram jogjaeatguide

Sebagai salah satu minuman khas Nusantara, dawet juga memiliki banyak penggemar. Rasanya yang manis gurih seakan membuat candu bagi peminumanya, apalagi untuk orang-orang yang selama ini menggemarinya. Di Jogja, ada tempat berburu dawet yang sudah legendaris dan memiliki banyak penggemar. Namanya adalah Es Dawet Pak Slamet.

Baca juga : Jangan pakai Teko di Hotel untuk Minum Kopi, Ini Alasannya

Udara Jogja yang sekarang ini semakin panas saja, memang enaknya menyantap segelas es dawet yang nikmat. Apalagi es dawet yang legendaris dengan rasa yang sudah terjamin. Nah, buat kamu yang ingin mencari informasi mengenai Dawet Pak Slamet yang melegenda, berikut ini Travelingyuk bakal ulas.

Sudah Berjualan Sejak Tahun 1983

Pak Slamet sedang melayani pembeli, Via Instagram jogjaeatguide
Pak Slamet sedang melayani pembeli, Via Instagram jogjaeatguide

Dawet Pak Slamet atau yang sering juga disebut dengan Dawet Sonosewu ini sudah ada sejak tahun 1983 yang lalu. Uniknya, meskipun sudah bisa dibilang memiliki nama, dawet ini dijual tidak di warung, restoran ataupun tempat lainnya, melainkan dijajakan di emperan toko dengan memanfaatkan gerobak yang dipikul.

Meskipun lokasinya bisa dibilang sangat sederhana, tidak menyurutkan minat para pembeli untuk antri mendapatkannya. Pasalnya, memang dawet dari Pak Slamet ini memiliki citarasa yang sangat khas dan yang berhasil membuat orang kembali lagi untuk mencicipinya.

Lokasi Jual Es Dawet Pak Slamet

Dawet kaki lima yang memiliki banyak penggemar, Via Instagram doriehan
Dawet kaki lima yang memiliki banyak penggemar, Via Instagram doriehan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Dawet Pak Slamet ini dijual di emperan toko. Tepatnya berlokasi di Jl. Sonosewu, Jogjakarta, sebelah timur PGRI di depan benhkel mobil. Untuk jam operasionalnya sendiri, buka hampir setiap hari mulai pukul 10:00-15:00 sore. Memang es dawet enak-enaknya dikonsumsi pada jam-jam segitu, tidak salah jika Dawet Pak Slamet selalu memiliki banyak pembeli.

Dalam seporsi es dawet Pak Slamet berisi cendol putih yang dipadukan dengan santan dan juga gula Jawa yang telah dikentalkan. Sementara untuk cendol dawet tersebut terbuat dari bahan pati aren. Tidak ada bahan pengawet dalam seporsi es dawet Pak Slamet. Rasanya yang lezat dan tidak ada bahan kimia di dalamnya, membuat Dawet Pak Slamet tetap idola hingga sekarang ini.

Harga Dawet Pak Slamet

Es Dawet Pak Slamet yang melegenda, Via Instagram jogjakakilima
Es Dawet Pak Slamet yang melegenda, Via Instagram jogjakakilima

Sudah ada sejak 35 tahun yang lalu, ternyata harga seporsi es di Jogja ini sangat murah meriah. Setiap porsinya hanya dibanderol Rp1,500 saja. Harga yang sangat murah meriah jika dibandingkan dengan yang lainnya. Rasanya juara harganya sangat terjangkau. Tidak mengherankan jika dawet ini banyak digemari orang.

Memiliki rasa yang nikmat, tanpa bahan pengawet dan harganya yang sangat murah meriah, tidak heran jika Dawet Pak Slamet tetap jadi idola meski diterjang zaman. Bisa banget dicoba saat sedang traveling ke Kota Gudeg, Jogja. Next

ramadan
Via Instagram izzanoorlaila

Taman Bunga Krisan di Indonesia, Indahnya Bikin Terpesona

4 Pulau Tak Berpenghuni di Indonesia, Luar Biasa Keren