in , ,

Es Krim Zangrandi, Rasa Italia nan Melegenda di Surabaya

Manjakan Lidah dengan Nikmatnya Es Krim Legendaris Zangrandi

Teriknya cuaca Surabaya rasanya selalu bikin ingin menyantap sajian segar-segar. Saya juga mengalami hal serupa ketika mampir ke Kota Pahlawan beberapa waktu lalu. Tak mau pusing memilih, saya lantas memutuskan datang ke kedai es krim Zangrandi yang usianya sudah mencapai ratusan tahun.

Baca juga : Just Playon, Spot Nongkrong dan Workspace Hits di Jogja

Kedai Es Krim Penuh Sejarah

area_depan_zangrandi_1wq.jpg
Area depan Zangrandi (c) Suci Rahayu/Travelingyuk

Begitu datang, Teman Traveler bakal langsung disambut seorang pelayan yang dengan sigap menanyakan kebutuhan meja untuk berapa orang dan ingin duduk di dalam atau luar.

Saya akhirnya memilih area luar karena ingin suasana yang lebih sejuk. Sepertinya asyik juga menikmati es krim sambil menikmati suasana jalanan kota Surabaya.

area_dalam_zangrandi_4Nk.jpg
Tempat duduk area dalam (c) Suci Rahayu/Travelingyuk

Setelah duduk, Teman Traveler akan diberi buku menu. Uniknya, di situ tertera pemaparan singkat mengenai sejarah panjang kedai es krim Zangrandi.   

Kedai ini ternyata sudah ada sejak 1930, jauh sebelum Indonesia merdeka. Pemiliknya adalah seorang Italia bernama Roberto Zangrandi atau lebih dikenal dengan panggilan Mevrouw Zangrandi.

Aneka Menu yang Tersedia

noodle_ice_cream_BM0.jpg
Noodle Ice Cream (c) Suci Rahayu/Travelingyuk

Teman Traveler dijamin bingung melihat begitu banyak pilihan menu di Zangrandi. Ketika baru berdiri, kedai ini hanya menawarkan es krim vanilla, coklat, stroberi dan moka. Selain itu masih ada variasi Tutti Frutti, Macedonia dan es krim soda. Namun seiring berjalannya waktu, varian menunya makin beragam.

Soal rasa, nggak perlu khawatir karena semua es krim di sini dibuat dari bahan alami. Cara pengolahannya pun tidak berubah dari jaman dulu. Katanya sih resep kuno memang jadi kunci mengapa hingga kini kedai legendaris ini masih terus terkenal dan laris.   

bali_dream_hb9.jpg
Bali Dream (c) Suci Rahayu/Travelingyuk

Menu di sini makin bertambah sejak era 60-an, ketika kedai kuliner Surabaya legendaris ini dibeli oleh seorang pengusaha wine. Varian es krim yang tersedia bertambah banyak, dengan aneka menu memikat selera. Teman Traveler bahkan bisa pesan es krim rasa kopyor dan durian.

Cocok untuk Keluarga dan Teman  

es_krim_zangrandi_KA1.jpg
Suasana di dalam kedai es krim (c) Suci Rahayu/Travelingyuk

Meski kedainya berada di pinggir jalan utama, Teman Traveler takkan terganggu dengan suara bising kendaraan kala bersantap es krim di sini. Oleh karena itu, kalian tak perlu ragu mengajak keluarga atau bertemu sejumlah teman di sini. Tempatnya benar-benar nyaman dan cocok untuk ngumpul bersama.

Bersama beberapa teman, saya memutuskan memesan es krim Monkey, Rocky Mountain, Bali Dream, Noodle Ice Cream, dan es soda. Sementara untuk camilan, Teman Traveler bisa pilih mulai dari risol sampai kentang.   

es krim zangrandi
Rocky Mountain (c) Suci Rahayu/Travelingyuk

Setelah saya amati, sejumlah pengunjung Zangrandi ternyata berasal dari kalangan turis asing. Hal ini seolah membuktikan bahwa kedai satu ini memang benar-benar legendaris dan top. Bisa banget jadi pilihan ketika Teman Traveler sedang wisata di Surabaya.

Mantap, Sepadan Harga

es krim zangrandi
Ada pilihan kue es krim (c) Suci Rahayu/Travelingyuk

Bicara soal kisaran harga, es krim zangrandi memang cukup mahal. Satu porsinya dibanderol antara Rp30.000 hingga Rp60.000. Namun jangan khawatir Teman Traveler, semuanya sepadan dengan kenikmatan yang bakal kalian rasakan.

Oh ya, jangan sungkan meminta refill air minum ya. Kalian bisa isi ulang tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan kok.

es krim zangrandi
Nutty Monkey (c) Suci Rahayu/Travelingyuk

Saya juga sempat melihat pemandangan unik kala sedang berkunjung ke sini. Kala itu ada seorang pengunjung tampak membeli kacang rebus di depan kedai es krim. Jika merasa kurang puas dengan pilihan camilan yang ada, Teman Traveler boleh juga melakukan hal serupa. Paduan rasa yang dihasilkan kacang rebus dan es krim cukup nikmat lho.

Seperti itulah pengalaman saya mencicipi es krim Zangrandi di Surabaya. Oh ya, alamatnya ada Jalan Yos Sudarso, Embong Kaliasin. Tempatnya strategis di pinggir jalan, nggak susah kok menemukannya. Semoga Teman Traveler bisa segera mampir ke sini juga ya. Next

ramadan

Pesona Doi Inthanon, Tempat Tertinggi di Thailand Utara

4 Hostel Murah Mulai 45 Ribuan di Ubud, Sudah Ada Kolam Renangnya Loh!