in ,

Es Pak San di Cilacap, Kesegaran yang Sudah Ada Sejak 1957

Menyegarkan Cilacap yang Panas dengan Es Pak San

Es campur Pak San, Via Instagram sewa_mobil_murah_jogja
Es campur Pak San, Via Instagram sewa_mobil_murah_jogja

Cilacap merupakan daerah di Jawa Tengah yang masih masuk dalam wilayah Banyumas. Lokasinya yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia membuatnya memiliki banyak destinasi wisata pantai dengan panorama yang apik. Sebut saja Pantai Teluk Penyu, Pantai Karang Pandan dan masih banyak lagi yang lainnya. Tak hanya destinasi wisata alam yang banyak, Cilacap juga menyuguhkan kulinerĀ  legendaris. Salah satunya adalah Es Pak San. Seperti apa ya.

Baca juga : Telaga Buret, Sudut Tulungagung dengan Pesona Alam Memikat yang Pas untuk Ngabuburit

1. Sudah Mulai Beroperasi Sejak Tahun 1957

Es Pak San, Via Instagram budi_acun
Es Pak San, Via Instagram budi_acun

Es Pak San ini sudah ada sejak tahun 1957. Pada tahun tersebut, Pak San sudah memulai usaha es yang berlokasi di Pasar Gede Cilacap. Meskipun kini sang empunya sudah meninggal, namun nama tersebut masih digunakan hingga sekarang ini. Pasalnya, orang-orang sudah terlanjur melekat dengan nama tersebut. Usaha tersebut kemudian diteruskan oleh anaknya lalu pindah ke Jl. Tendean. Terakhir, usaha es tersebut dipegang anak perempuan Pak San di Jl. Wiratno, Cilacap. Penerusnya adalah Bu Wagiah yang masih menjalankan es sampai sekarang ini.

2. Ciri Khas dari Es Pak San yang Melegenda

Labu di es campur, Via Instagram sally_tjoea
Labu di es campur, Via Instagram sally_tjoea

Bisa melegenda sampai puluhan tahun lamanya, tentu saja hal tersebut bukan tanpa alasan. Ada ciri khas dan keitimewaan yang dimilik oleh Es Pak San. Es Pak San ini menyajikan es campur. Beda es campur ini dengan yang lainnya terletak pada bahan labu siam yang digunakan. Buah tersebut dibuat semacam manisan dan dibentuk menyerupai cendol.

Es Pak San dalam wadah gelas, Via Instagram dewiprasetyohadi
Es Pak San dalam wadah gelas, Via Instagram dewiprasetyohadi

Bisanya dalam seporsi es campur dari Pak San ini akan ada labu siam, cendol putih, kelapa muda, kolang, kaling, cairan gua kelapa, santan kental dan tidak lupa serutan es batu. Es campur di lokasi ini tidak menggunakan campran kental manis. Untuk menambah aroma es legendaris ini makin enak, ditambah dengan vanili.

3. Laris Manis Dikunjungi Artis Hingga Pejabat

Nikmat disantap saat cuaca panas, Via Instagram rita_safitri7
Nikmat disantap saat cuaca panas, Via Instagram rita_safitri7

Es yang sudah melegenda ini memiliki banyak sekali penikmat. Meskipun lokasinya sederhana, namun rasa es nya yang istimewa membuat orang-orang jauh berdatangan. Seperti halnya artis ibu kota hingga para pejabat datang ke Es Pak San. Sebut saja artis seperti halnya Vicky Shu dan Lucky Hakim yang juga turut berkunjung.

Cilacap memiliki banyak pantai, sehingga cuaca di sekitarnya cukup panas. Nah, untuk meredakan kepanasan dari Cilacap ini, Es Pak San bisa banget untuk dicicipi. Setuju, kan? Next

ramadan
Joglo Pari Sewu Jogja

Nongkrong di Joglo Pari Sewu Jogja, Rasakan Sensasinya Makan di Tepi Sungai

Via Instagram benykus

Sop Buntut Bu Ugi Tawangmangu, Kuliner Legendaris yang Laris Manis