in , ,

Catat Yuk! Event dan Festival Budaya di Jogja, Pada Bulan Maret 2021

Jadwal Festival budaya di Jogja Maret 2021

fi festival budaya di jogja

Kota Jogja memang syarat akan adat dan istiadat yang masih dijalankan. Salah satunya adalah festival kebudayaan sebuah agenda rutin dilaksanakan. Event dan Festival budaya di Jogja berlangsung pada bulan Maret 2021 ini. Catat yuk jadwal berikut.

Baca juga : Candi Plaosan, Bukti Megahnya Kekuatan Cinta

Ingin Memulai Usaha? Baca juga tentang point of sale

1. Tradisi Peksi Burak

yasa peksi burak
Ilustrasi via instagram kratonjogja

Pertama pada tanggal 10-11 Maret 2021 akan berlangsung Tradisi Peksi Burak yaitu tradisi memperingati Israj Miraj Nabi Muhammad SAW. Tradisi persembahan yang digelar di Keraton Yogyakarta dengan simbolis burung Burak. Diyakini sebagai kendaraan Nabi Muhammad SAW ketika melakukan perjalanan Isra Miraj.

Dimulai dari pembuatan sepasang burung Burak dari buah-buahan lokal dan juga rangkaian bunga berbentuk pohon yang melambangkan surga. Kemudian Yasa Peksi Burak akan diarak menuju Masjid Gedhe Kauman dari Keraton Yogyakarta.

2. Tradisi Ngublek dan Apeman

tradisi ngublek
Ilustrasi via instagram kratonjogja

Selanjutnya pada tanggal 11 Maret 2021 akan berlangsung tradisi Ngublek yaitu proses pembuatan adonan apem sebelum acara apeman untuk memperingati kenaikan tahta atau Hajad Dalem Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pada keesokan harinya dilanjutkan dengan tradisi Apeman adalah proses pembuatan apem. Ada dua jenis apem yang dibuat yaitu apem biasa (ukuran kecil) dan apem mustaka (ukuran besar). Kemudian, akan disusun secara horisontal sesuai dengan tinggi Sultan. Pada tanggal 13 Maret 2021 juga berlangsung Tingalan Jumenengan Sri Sultan HB X

3. Labuhan Keraton Ngayogyakarta

labuhan keraton
Ilustrasi via instagram kratonjogja

Festival Budaya di Jogja selanjutnya, pada tanggal 14 Maret 2021 para Teman Traveler dan wisatawan dapat melihat berlangsungnya prosesi Labuhan Keraton Ngayogyakarta di Pantai Parangkusumo Bantul.

Tradisi ini yaitu Keraton Yogyakarta melabuh benda-benda tertentu yang disebut ubarampe labuhan. Dengan maksud sebagai doa dan pengharapan untuk membuang segala macam sifat buruk.

4. Coast to Coast

coast to coast
Ilustrasi via pexels Pixabay

Terakhir pada 27-28 Maret 2021 Teman Traveler dan para wisatawan dapat mengikuti kegiatan lari lintas alam atau Coast to Coast. Ada dua titik awal lokasi di Pantai Depok Bantul dan Museum Parangtritis Geomaritime Science Park. Dengan beberapa kategori lari diantaranya 13 km, 25 km, 70 km dan lainnya.

Semua event dan festival budaya ini tentunya sesuai dengan kebijakan pemerintah, harus dan wajib mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19.

Demikian agenda event dan festival budaya di Jogja pada bulan Maret 2021, catat serta jangan sampai terlewatkan ya, Teman Traveler. Next

ramadan
Wisata Pare Kediri

Wisata di Pare yang Jadi Favorit Anak Hits Kediri

fi wisata air di malang

Wisata Air di Malang, Wajib Dikunjungi Saat Liburan