in

Viral Setelah Dimakan Cipung, Ini Lho Fakta Ikan Shisamo

Banyak yang mencari tahu apa yang dimakan Rayyanza dengan nikmatnya, fakta bahwa itu adalah ikan shisamo yang bernutrisi dan begitu mahal cukup mengejutkan.

Fakta ikan shisamo

Anak kedua Nagita Slavina dan Raffi Ahmad, Rayyanza, selalu sukses menarik perhatian netizen. Tak terkecuali saat dirinya terlihat tengah memakan ikan goreng yang nampak begitu nikmat. Awalnya, banyak yang mengira adik Rafathar itu memakan ikan teri goreng biasa. Tapi fakta mengatakan bahwa ikan yang dimakan Rayyanza atau lebih dikenal sebagai Cipung itu adalah ikan shisamo. Bukan saja ternyata merupakan ikan mahal, tapi sarat akan nutrisi.

Baca juga : 8 Tempat Makan di Malang Untuk Makan Malam Bareng Keluarga

Fakta Ikan Shisamo

Ikan shisamo juga disebut dengan capelin, merupakan ikan yang hidup di lautan dalam seperti lautan Atlantik. Ukuran ikan ini cukup mungil, yaitu antara 10 hingga 15 cm. Warna tubuh ikan ini keperakan dengan warna hitam di bagian atasnya. Karena ukurannya yang kecil, tak heran jika banyak yang mengira Cipung memakan ikan teri goreng biasa.

Fakta ikan shisamo
Foto via oishii

Ikan ini sarat nutrisi yang baik untuk manusia. Ialah omega-3 dan protein yang tinggi. Dibanding salmon yang memiliki 1 gram omega-3 per 100 gramnya, ikan shisamo mengandung 1,2 gram tiap 100 gram.

Rasanya Begitu Gurih

Hanya memiliki duri di bagian tengah dan ukuran mungilnya, ikan ini bisa dimakan keseluruhannya. Di masakan Jepang, ikan shashimo biasanya hanya dipanggang saja. Tapi juga bisa diolah dengan dikukus atau digoreng seperti yang dikonsumsi Rayyanza.

Fakta ikan shisamo
Foto via Seriouseats

Dibanding jantannya, ikan shashimo betina lebih gemuk karena dipenuhi telur di perutnya. Inilah yang membuatnya memiliki rasa yang begitu gurih saat dikonsumsi. Telurnya yang disebut masago, juga biasa digunakan sebagai pengganti telur ikan terbang yang lebih mahal untuk topping sushi. Warnanya pun ada yang oranye dan hitam.

Harganya Mahal

Ternyata, ikan ini sempat mengalami kelangkaan akibat penangkapan yang menurun. Ikan ini kemudian dibudidayakan, salah satunya oleh orang Jepang yang kemudian berhasil. Di Jepang atau Korea, ikan ini jarang dijual dalam keadaan segar. Biasanya dalam bentuk kemasan beku.

Fakta ikan shisamo
Foto via Sindonews

Kalau di Indonesia, ikan ini dibanderol cukup mahal. 500 gramnya saja bisa mencapai Rp70.000. Tak heran jika banyak netizen yang kaget saat mengetahui Cipung menyantap ikan yang awalnya dikira teri, ternyata berharga sangat mahal ini.

Meski ukurannya kecil-kecil, ternyata ikan yang disantap Cipung atau Rayyanza adalah shashimo, dengan nutrisi yang tinggi di dalamnya. Belum lagi harganya selangit. Next

ramadan
Ide Olahan Daging Kurban

Ide Olahan Daging Kurban Ala Rumahan yang Super Simpel

Kaki terjepit travelator bandara

Kaki Perempuan Ini Harus Diamputasi karena Terjepit Travelator Bandara