in , , ,

Festival Danau Sentani Diadakan Kembali Pada Bulan Juni 2021

Festival Danau Sentani tahun 2021

fi festival danau sentani

Festival Danau Sentani agenda kebudayaan tahunan di Papua harus rela tidak dilaksanakan dua kali. Setelah mengalami bencana banjir bandang yang menerjang Sentani pada 2019, kemudian tahun lalu karena pandemi Covid-19. Akhirnya tahun ini Festival Danau Sentani akan diadakan kembali bulan Juni 2021 mendatang. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Sekarbela, Sentra Kerajinan Mutiara Kualitas Terbaik di Lombok

Berlangsung 19-23 Juni 2021

berlangsung juni 2021
Ilustrasi via instagram devina.petrina

Festival Danau Sentani ke XII akan berlangsung pada tanggal 19 hingga 23 Juni 2021 mendatang. Segala persiapan telah dilakukan, salah satunya membenahi lokasi bangunan stand pameran yang rusak akibat luapan air danau.

Tahun ini FDS XII dilaksanakan dengan adaptasi kebiasaan baru, agar terhindar dari penyebaran Covid-19 panitia menyediakan sejumlah fasilitas untuk mencuci tangan, meminta pengunjung menjaga jarak dan mengharuskan memakai masker saat kegiatan.

Menampilkan Pertunjukan Seni, Kuliner dan Wisata

menampilkan pertunjukan seni
Ilustrasi via instagram backpackerjakarta

Kemudian perwakilan daerah juga menjelaskan festival ini akan menampilkan budaya suku Sentani, seperti tari-tarian di atas perahu, dan atraksi kebudayaan lainnya. Pawai budaya, tur Danau Sentani untuk melihat objek wisata budaya, serta situs arkeologi di sekitar danau.

Ada juga pameran dan pasar ekonomi kreatif hasil kerajinan khas Sentani seperti noken, lukisan kulit kayu, serta ukiran khas Sentani. Lalu kuliner tradisional terdiri dari produk olahan sagu, cokelat, kopi robusta Lembah Grime, buah merah dan wine dari buah pandan anggur endemik Cyclops atau Gunung Dafonsoro, Papua.

Diharapkan Menarik Wisatawan

diharapkan menarik wisatawan
Ilustrasi via instagram firdaus_syahril13

Festival ini diharapkan dapat menarik wisatawan domestik hingga mancanegara. Seperti warga negara asing yang tinggal di Sentani sebagai pilot, misionaris, guru sekolah internasional dan teknisi pesawat, bisa mengajak keluarganya turut memeriahkan FDS XII.

FDS XII ini akan dilaksanakan di Khalkote, tepi Danau Sentani, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. Dari Bandara Sentani berjarak 12 km, dapat ditempuh dengan waktu 21 menit perjalanan.

Keindahan Danau Sentani

danau sentani
Ilustrasi via instagram yaniroberto

Teman Traveler mungkin sudah tidak asing mendengar Danau Sentani, sudah pernah mengunjunginya? Danau Sentani memiliki keindahan yang tak kalah dengan danau lainnya di Indonesia.

Menariknya danau ini diapit 22 pulau yang tersebar di sekitar, ada juga Bukit Teletubbies lokasi pas untuk melihat sunset. Bahkan terdapat situs bersejarah yaitu tiang rumah prasejarah. Selain itu Teman Traveler bisa menyelam, memancing, berenang, ski air dan lainnya.

Tiket masuknya sangat terjangkau yaitu Rp 10.000 per orang, biaya sewa kapal motor mulai Rp 10.000 sampai Rp 50.000. Ada juga penginapan jika Teman Traveler ingin bermalam, dengan tarif dari Rp 250.000 hingga Rp 1.000.000.

Demikian ulasan Festival Danau Sentani yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2021. Next

ramadan
fi kapal phinisi

Berlayar Dengan Kapal Pinisi di Kepulauan Seribu

fi deepspot di polandia

Deepspot di Polandia, Kolam Renang Terdalam di Dunia