in ,

Festival Mahakam 2018 Lebih Meriah, Mulai dari Kompetisi Jet Ski sampai Berenang Menyeberangi Sungai Mahakam

Festival Mahakam 2018, Agenda Tahunan Diselenggarakan di Kawasan Sungai Mahakam

Tari Hudoq
Tari Hudoq

Samarinda, sebagai ibu kota Provinsi Kalimantan Timur, setelah sukses dengan Festival Mahakam 2017 yang tersebar di 8 titik panggung dengan penampil asal Indonesia saja. Kini kembali mengadakan Festival Mahakam 2018, tentu saja dilaksanakan di Sungai Mahakam dan sekitarnya. Mengingat suku asli Kalimantan adalah Dayak, maka ditampilkan kebudayaan suku ini. Apakah keistimewaan festival tahun ini dan kebudayaan Dayak apa yang ditampilkan? Yuk dibaca ulasan berikut!

Baca juga : Warung Kopi Tung Tau di Bangka Belitung, Legendaris Sejak 1938

Menonjolkan Sungai Mahakam sebagai Ikon Utama

Sungai Mahakam via Shutterstock
Sungai Mahakam via Shutterstock

Festival Sungai Mahakam akan diselenggarakan pada 2 hingga 4 November 2018 di Sungai Mahakam dan sekitarnya. Tujuan jangka panjang diadakannya event yang telah berlangsung semenjak 1999 ini adalah untuk memperkenalkan Sungai Mahakam, sebagai ikon utama Samarinda. Sungai Mahakam merupakan sungai terbesar yang membelah Provinsi Kalimantan Timur, berada di tiga wilayah yaitu Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kertanegara, dan Kabupaten Kutai Barat.

Tari Hudoq via Instagram @rozy_ghaly
Tari Hudoq via Instagram @rozy_ghaly

Pemerintah setempat menata tepian sungai, agar pelancong dapat menikmati keindahan sungai yang terkadang muncul lumba-lumba air tawar pada saat tertentu. Beberapa pedagang penganan pun dengan rapi berjejer di tepian sungai, bersiap melayani wisatawan. Maka tidak heran, apabila festival ini menonjolkan Sungai Mahakam sebagai ikon utama.

Event Lokal Skala Nasional Menuju Internasional

Kebudayaan Dayak via Instagram @rozy_ghaly
Kebudayaan Dayak via Instagram @rozy_ghaly

Ada yang spesial dari penyelenggaraan Festival Mahakam 2018, tidak hanya penampil lokal yang akan memeriahkan event tahunan ini. Dari luar negeri pun diperkirakan ikut berpartisipasi, seperti Spanyol, Malaysia, dan India. Diharapkan dapat menambah daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Samarinda, terutama pada Festival Mahakam 2018. Penyelenggara bertujuan agar event lokal skala nasional ini menjadi berskala internasional.

3 Hari, 13 Venue, dan 30 Acara

Lomba Dayung Perahu Naga via Instagram @dispar.samarinda
Lomba Dayung Perahu Naga via Instagram @dispar.samarinda

Demi mendukung tujuan tersebut, Festival Mahakam 2018 dilaksanakan selama 3 hari pada 13 venue berbeda dengan 30 acara. Festival yang masuk dalam 100 Wonderful Events Indonesia ini menawarkan tiga event utama yang diadakan di Sungai Mahakam, tepian Sungai Mahakam, serta di 13 tempat lain. Diantaranya Mahakam Lampion Garden, dermaga kantor gubernur, panggung kehormatan depan kantor Gubernur Kalimantan Timur, Taman Samarendah, dan banyak lainnya. Dengan ragam acara yang disuguhkan diharapkan dapat meningkatkan pengunjung lokal maupun internasional.

Highlight Rangkaian Acara

Kompetisi Jet Ski di Sungai Mahakam via Instagram @idhatzhain
Kompetisi Jet Ski di Sungai Mahakam via Instagram @idhatzhain

Begitu banyak acara pada event tahunan ini, semuanya patut untuk disaksikan, mengingat adanya keseruan masing-masing agenda. Sebut saja Parade 1000 Mandau yang dilakukan mulai dari Taman Samarendah sampai panggung kehormatan depan kantor Gubernur Kalimantan Timur. Mandau merupakan senjata tradisional Indonesia, sejenis parang, yang berasal dari kebudayaan Dayak di Kalimantan.

Tari Hudoq via Instagram @niabintangfahresi
Tari Hudoq via Instagram @niabintangfahresi

Selain itu ada juga kompetisi yang selalu ditunggu-tunggu setiap festival ini berlangsung. Menyeberangi Sungai Mahakam selebar kurang lebih 500 meter, dengan hadiah senilai total Rp50 juta. Tidak hanya kompetisi, Festival Mahakam 2018 juga menghadirkan panggung musik yang akan menggaungkan setidaknya 5 genre musik.

Masih ada waktu bagi Teman Traveler untuk singgah di Samarinda dan menyaksikan Festival Mahakam 2018. Atau sekalian ikut kompetisi-kompetisi yang diadakan. Adakah yang punya pengalaman menghadiri Festival Mahakam di Samarinda? Boleh dong berbagi cerita di kolom komentar. Next

ramadan
Gummy Bears di Sweet Treats Summarecon Bekasi

10 Spot Instagenic di Sweet Treats Summarecon Bekasi, Semua Serba Replika Kudapan Manis

Aneka Donat Warna-warni

Pilihan Donat Warna Warni di Jakarta, Bikin Hari Makin Bahagia