in ,

Sudah Nonton Film Ave Maryam? Jalan-jalan ke 5 Lokasi Syutingnya yang Sarat Sejarah Yuk!

Lokasi Syuting Film Ave Maryam di Semarang

Film Ave Maryam tayang perdana pada tanggal 11 April 2019 lalu. Menceritakan kisah cinta terlarang antara seorang biarawati dan pastor, Ave Maryam menimbulkan rasa penasaran.

Baca juga : Mojosemi Forest Park, Wana Wisata Seru di Magetan

Sudah nonton filmnya atau berencana untuk nonton? Beberapa wisata Semarang berikut ini menjadi lokasi syuting film tersebut lho. Ini dia ulasannya!

Gereja Blenduk

Gereja Blenduk yang Ikonik Sekali via Instagram/dewii_shiinta

Gereja Blenduk merupakan gereja tertua di Jawa Tengah yang dibangun pada tahun 1753. Gereja berbentuk oktagonal ini punya atap setengah bulat yang oleh masyarakat Jawa dikenal dengan istilah mblenduk. Nama asli gereja ini sendiri adalah Gereja GPIB Immanuel.

Gereja Tertua di Jawa Tengah via Instagram/berry_priadi

Sebagai salah satu ikon Kota Semarang, Gereja Blenduk menawarkan bangunan bergaya arsitektur neo-gothik khas Eropa. Ia tampak gagah dan unik di antara bangunan lainnya. Liburan ke Semarang, harus sempatkan mampir ke sini ya!

Taman Srigunting

Taman Srigunting di Kota Lama Semarang via Instagram/wahyuandhika22

Film Ave Maryam, sebagian besar mengambil gambar di Semarang. Selain Gereja Blenduk, para pemain juga syuting di Taman Srigunting. Lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat pertama. Sempat terbengkalai, sekarang taman ini jadi salah satu ruang terbuka di Semarang.

Gereja Blenduk dari Taman Srigunting via Instagram/mar.hendra

Pohon-pohon besar dan suasana yang asyik, terutama dari bangunan-bangunan bergaya kuno di sekitarnya, membuat banyak warga kerap liburan ke sini. Dalam salah satu cuplikan film Ave Maryam, terlihat Suster Maryam berdiri di taman ini dengan latar belakang Gereja Blenduk.

Lawang Sewu

Lawang Seru yang Bersejarah via Instagram/novemlawalata

Salah satu landmark terkenal dari Semarang yang bikin penasaran adalah Lawang Sewu. Cerita-cerita angker yang melingkupi bangunan tua tersebut justru menambah daya tarik.

Khas dengan banyak pintu dan jendela yang berjejer serta berukuran besar, Lawang Sewu di Semarang terlihat estetik. Tidak heran banyak wisatawan datang berkunjung untuk berfoto.

Lawang Sewu Saat Malam via Instagram/mkasffulilmi

Keindahan kaca-kaca mozaik di dalam Lawang Sewu muncul dalam salah satu adegan di Ave Maryam. Selain itu, bagian tangga yang ikonik juga turut terlihat dalam film. Apabila tertarik untuk berkunjung, tiket masuk ke kawasan ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp10 ribu.

Stasiun di Semarang

Stasiun Poncol Semarang via Instagram/thomyharyanto

Lokasi syuting Ave Maryam selanjutnya ada di kawasan stasiun di Kota Semarang. Stasiun di Semarang yang cukup populer antara lain Poncol dan Lawang. Keduanya punya cerita sejarah yang menarik.

Stasiun Tawang dan Desainnya yang Klasik via Instagram/aniedian

Berdasarkan tahun pembuatan, Stasiun Poncol berusia lebih tua. Stasiun yang terletak di Purwosari ini dibangun pada 1895. Sementara Stasiun Tawang, baru mulai dibangun pada tahun 1911.

Saat berkunjung ke Stasiun Tawang, Teman Traveler akan disambut oleh Gambang Semarang. Instrumen yang kerap digunakan sebagai penanda kedatangan kereta. Menarik, ya?

Komplek Susteran Fransiskanes

Kompleks Susteran Fransiskanes via dotsemarang

Kompleks Susteran Fransiskanes menjadi lokasi syuting Ave Maryam selanjutnya yang menarik dari segi sejarah. Meski bukan tempat wisata, Teman Traveler dapat mengunjunginya dengan meminta izin terlebih dahulu pada pengurus dan berusaha untuk tetap tenang.

Bagian dalam Kompleks via dotsemarang

Komplek biara ini punya gaya arsitektur gotik yang klasik. Jendela kapel dengan hiasan kaca berwarna-warni menjadi salah satu keindahannya. Penasaran? Silakan datang ke Jln. Ronggowarsito, Semarang.

Sebagian besar scene pada film Ave Maryam, diambil di Semarang dan Jogja. Teman Traveler tentu sudah tidak asing dengan nama-nama tempat tersebut, kan? Tapi nggak ada salahnya untuk liburan lagi ke sini. Setuju? Next

ramadan
Hiburan Aneh di Jepang Buat Cewek via Instagram @charaexpo_usa

Hiburan Aneh di Jepang Buat Turis Cewek, Penuh Cowok Tampan!

Boatel Pertama di Indonesia via Instagram @davidroves

Labuan Bajo Punya Boatel Pertama di Indonesia, Cobain Tidur Nyaman di Atas Laut