in , ,

Forest Walk Babakan Siliwangi, Nikmati Hutan Sambil Belajar Tentang Lingkungan

Ada spot instagramable juga lo

Berbicara tentang wisata Kota Bandung pasti tak ada habisnya. Kalian akan menemukan hampir semua jenis destinasi, mulai dari pasar terapung hingga hutan sekalipun. Nah, untuk hutannya tidak menyeramkan kok, karena pemandangannya cukup indah. Bernama Forest Walk Babakan Siliwangi yang bakal dijelaskan di bawah ini. Yuk ikuti perjalanannya.

Baca juga : Tarif Tol Mudik 2018, dari Diskon Hingga yang Gratis

Sejarah Forest Walk Babakan Siliwangi

forest walk babakan siliwangi
Suasana alami di hutan wisata (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Hutan wisata satu ini dulunya merupakan kawasan lembah yang dibentuk Sungai Cikapundung sejak puluhan ribu tahun lalu. Masyarakat sudah menganggap kawasan ini sebagai warisan alam bagi Kota Bandung. 

Tapi kini, kawasan ini berubah menjadi hutan yang indah. Teman Traveler bisa menikmati pemandangan alam hutan tropis di jantung kota Bandung. Dengan adanya pohon-pohon besar dan merambat, suara burung-burung liar berkicauan serta tanaman-tanaman yang tumbuh liar.

Diajarkan Belajar Bijak Membuang Sampah

forest walk babakan siliwangi
Sign dan tempat sampah yang dibedakan (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Di kawasan Plaza Forest Walk kalian akan menemukan sign yang mengingatkan hal-hal apa aja yang tidak boleh dilakukan di sekitar kawasan Hutan. Salah satunya adalah dilarang membuang sampah sembarangan.

Hal ini juga didukung dengan adanya tempat sampah yang dibagi berdasarkan jenisnya. Untuk yang berwarna biru digunakan sebagai tempat sampah anorganik yang bisa didaur ulang. Sementara warna hijau untuk sampah organik. Sedangkan warna orange untuk sampah anorganik yang tidak bisa didaur ulang. 

Menjadi Percontohan Hutan Kota Sedunia

Sign di Forest Walk Babakan Siliwangi (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Siapa sangka, ternyata Forest Walk Babakan Siliwangi menjadi percontohan hutan kota bagi seluruh dunia. Ini diresmikan oleh International Children & Youth Conference on The Environment pada tanggal 27 September 2011. Oleh karenanya, kalian akan melihat hutan ini sangat bersih. Selain itu, ada banyak sekali sign positif yang dipasang di berbagai sudut hutan.

Punya Banyak Spot Foto

Banyak spot foto (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Meskipun bentuknya hutan, tapi tempat ini tak melupakan kodratnya sebagai lokasi wisata. Hutan ini juga menyediakan banyak spot foto di dalamnya. Namun, temanya tetap bernuansa hutan, seperti pepohonan dan juga akar-akar dari tanaman rambat.

Teman traveler yang sedang liburan di Kota Bandung, boleh banget untuk menyempatkan jalan-jalan santai di Forest Walk Babakan Siliwangi. Waktu yang paling oke untuk main ke sini yaitu pagi atau sore hari, agar tidak terlalu panas. Next

ramadan

3D2N Jakarta-Semarang, Liburan di Kota Lumpia

Rokupang Surabaya

Rokupang Surabaya, Roti Panggang Kekinian Favorit Millennial