in , ,

3D2N Jakarta-Semarang, Liburan di Kota Lumpia

Setelah sibuk dengan tugas kuliah yang banyak sepertinya butuh refreshing sejenak ke Kota Lumpia selama 3D2N

Tidak ada salahnya mengisi weekend kali ini Teman Traveler pergi ke luar kota, setelah banyak tugas kuliah pasti butuh refreshing. Mengunjungi Kota Lumpia Semarang seru juga lho! Selama 3D1N dijamin mengembalikan semangat kuliah di hari Senin. Yuk kepoin itinerari selama di sana.

Baca juga : Saking Indahnya, Indonesia Jadi Negara Paling Fotogenic di Dunia

Persiapan Tiket Kereta Mulai Rp84.000

Ilustrasi Stasiun via Shutterstock

Teman Traveler selalu persiapkan akomodasi, transport dan tempat yang akan dikunjungi agar lebih tersusun. Carilah Transportasi yang terjangkau dan bebas macet seperti kereta api, tujuan keberangkatan Pasar Senen tujuan stasiun tawang, harga tiket mulai Rp84.000. Jangan lupa cek e-commerce yang menyediakan promo ya.

Hari 1 : Makan Malam Angkringan Sego Bledek Mulai Rp8000

Ilustrasi Angkringan Sego Bledek via Shutterstock

Setelah melakukan perjalanan selam 6 jam 45 menit Teman Traveler pasti lapar, mampir saja ke Angkringan Sego Bledek satu menit dari Stasiun Tawang, tepatnya di Jl. Tawang Tj. Mas Semarang.

Tempat unik dengan live musik ini menyediakan berbagai menu. Ada nasi bungkus, bakmi, soun, serta aneka olahan sate. Hanya cukup menyediakan uang mulai Rp8000, sudah bisa menikmati makanan hingga kenyang. Buka dari 6 sore sampai 11 malam.

Check in Penginapan : The Capsule Gajahmada Mulai Rp59.000

The Capsule Gajahmada via Instagram yanneinggriani

Sudah kenyang saatnya check in di penginapan The Capsule Gajahmada, sekitar 10 menit dari Angkringan Sego Bledek. Berada di Jl. Gajahmada No.68B, Kembangsari Kec. Semarang Tengah. Teman Traveler menuju ke sini bisa naik kendaraan umum tetapi karena sudah malam bisa memesan aplikasi ojek online, jangan lupa promonya ya agar lebih hemat.

Kapsul hotel ini memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari layanan 24 jam, free WiFi dan full AC. Tenang, walaupun sharing kamar mandi tetapi tempatnya sangat bersih, ada kantin yang menjual snack, minuman dan makanan khas Semarang.

Selama menginap tidak usah khawatir dengan barang bawaan karena disediakan loker gratis. Menginap di sini bisa menambah teman dan pastinya menambah kenangan.

Hari ke-2 : Sarapan Legendaris Soto Bokoran 1949 Rp12.000

Soto Bokoran 1949 via Instagram urukyu

Saat pagi tiba sebelum memulai wisata di Semarang isi tenaga dahulu di Soto Bokoran 1949 yang legendaris di Jl. Plampitan No.55, Bangunharjo Kec. Semarang Tengah, Sekitar 7 menit berjalan dari penginapan.

Menu soto yang disajikan di mangkok mungil serta ditambah beberapa pilihan lauk dan taburan bawang sangat menggugah selera. Hanya dengan Rp12.000 dan lauk mulai Rp3.000 Teman Traveler akan kenyang bahkan ingin tambah lagi. Buka Setiap hari mulai pukul 06.00-14.00 WIB.

Lawang Sewu Suasana Horor Pagi Hari, Hanya Rp10.000

Lawang Sewu via Shutterstock

Sepertinya kurang pas kalo tidak mampir ke Lawang Sewu, saat berada di Semarang. Gedung dengan banyak pintu dan bergaya Eropa ini cocok untuk berfoto bersama teman-teman atau berswafoto.

Hanya dengan Rp10.000 saja sudah bisa menikmati suasana horor yang melegenda. Berada di Jl. Pemuda , Sekayu, Kec. Semarang Tengah, buka setiap hari mulai jam 07.00-21.00 WIB.

Makan Siang, Mie Ayam Rumput Mulai Rp8.000

Mie Ayam Rumput via Instagram movupgyo

Setelah puas menjelajah Lawang Sewu saatnya untuk makan siang, 700 meter dari sana ada Mie Ayam Rumput, tepatnya di Jl. Suyodono 44C buka setiap hari mulai pukul 11.00-21.00 WIB. Untuk Transportasi ke sana Teman Traveler bisa berjalan, naik ojek online atau naik becak Rp20.000 coba untuk menawar sewajarnya ya.

Mie ayam yang unik berwarna ijo ini lezat dan menyehatkan karena tidak memakai bahan pengawet. Hanya dengan Rp8.000 saja sudah mendapat kenikmatan mie ayam rumput, jika ingin menambah bakso atau lauk lain juga bisa, mulai dari Rp1.000. Bagaimana sudah kenyang?

Menikmati Senja di Sam Poo Kong, Rp25.000

Klenteng Sam Poo Kong via Shutterstock

Kalau sudah kenyang saatnya menikmati senja di Sam Poo Kong, Jl. Simongan No.129, Bongasari, Kec. Semarang Barat. Menuju ke Klenteng dari Mie Ayam Rumput menggunakan ojek online, karena kendaraan umum pada jam 15.00 wib sudah tidak beroperasi.

Klenteng Sam Poo Kong adalah tempat bukti peninggalan Laksamana muslim Cheng ho yang pernah berada di Semarang. Saat masuk ke dalam terlihat patung besar Laksamana setinggi 10 meter dan berat 4 ton, bangunan-bangunan merah khas Cina menyapa.

Peninggalan Cheng Hoo yang masih ada di Kawasan ini terdiri dari beberapa klenteng besar yaitu, Klenteng Dewa Bumi, Juru Mudi, Sam Poo Tay Dijen, dan Kyai Jangkar. Teman Traveler bisa berfoto saat matahari mulai turun sangat indah sekali dengan background bangunan khas Cina.

Klenteng ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-20.00 WIB, Harga Tiket Rp25.000 per orang.

Makan Malam, Kedai Gula Jawa Mulai Rp5.000

Kedai Gula Jawa via Instagram kedaigulajawa

Menikmati malam di Kota Lumpia dengan nongkrong bersama teman sebelum kembali istirahat di penginapan, sebuah ide yang menarik. Teman Traveler bisa datang ke Kedai Gula Jawa di Jl. Singosari Raya No.49, Pleburan, Kec. Semarang Selatan, sekitar 12 menit dari Klenteng Sam Poo Kong.

Kedai dengan suasana High class tetapi harga terjangkau ini menyediakan menu Nusantara dan Western, harga mulai dari Rp5.000. Selain itu ada fasilitas yang disediakan yaitu WiFi, parkiran luas dan ruangan indoor/outdoor, buka setiap hari pukul 07.00-23.00 WIB.

Hari ke-3 : Check Out, Pulang ke Jakarta

Sarapan Lunpia Express mulai Rp7.000

Lunpia Express via Instagram joanshartono

Disebut Kota Lumpia tentu Teman Traveler wajib mencoba makanan asli Semarang lumpia. Coba datang ke salah satu toko lumpia terkenal di Semarang yaitu Lunpia Express. Berada di Jl. Gajahmada 142 AA, buka setiap hari jam 05.00-22.00 WIB.

Selain tempat membeli oleh-oleh, bisa juga dine in di sini. Ada beberapa pilihan varian lunpia basah dan goreng dengan isian plain, original dan crab, harga mulai dari Rp7.000 sampai Rp18.000 saja.

Jangan lupa untuk menyediakan waktu kembali ke stasiun agar tidak terburu-buru apalagi ketinggalan kereta. Dari Lunpia Express menuju Stasiun Tawang sekitar 8 menit, Teman Traveler bisa naik ojek online untuk menghemat waktu.

Demikian itinerari 3D2N di kota lumpia yang akan membawa kembali semangat berkuliah. Jadi tunggu apalagi rencanakan liburanmu di Semarang. Next

ramadan
Danau Nong Han di Thailand

Danau Nong Han, Indahnya Surga Teratai di Thailand

Forest Walk Babakan Siliwangi, Nikmati Hutan Sambil Belajar Tentang Lingkungan