in ,

Foto-foto Gempa Bumi di Lombok Timur, Ini Kerusakan Bangunannya

Foto Gempa Bumi di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

Foto Gempa Lombok
Foto Gempa Lombok

Gempa bumi di Lombok dan sekitarnya yang terjadi pada hari Minggu (29/7), mengakibatkan kerusakan bangunan di beberapa kawasan. Gunjangan 6,4 SR yang diikuti setidaknya 280 gempa susulan tersebut juga menelan korban, baik luka-luka serta meninggal dunia. Meski tak berpotensi tsunami, bencana alam ini membuat banyak orang dilanda panik luar biasa. Termasuk para pendaki Gunung Rinjani yang terjebak karena jalur tertutup longsor. Seperti apa kerusakan bangunan serta objek wisata di Lombok Timur? Berikut beberapa foto gempa di Lombok Timur.

Baca juga : Nature is Healing! Itulah Kesan Pertama saat Naik Taksi Online Bapak Ini

1. Berdasarkan BMKG, kejadian gempa di Lombok Timur ini berpusat di 28 KM Barat Laut Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Sehingga sebagian besar kerusakan berada di kawasan timur dan utara Pulau Lombok.

Gempa Bumi di Lombok Timur
Gempa Bumi di Lombok Timur via twitter/@INDONESIAinLOVE

2. Meski masih dalam proses pendataan, wilayah Kecamatan Sambelia, Sembalun, dan Bayan merupakan beberapa area yang mengalami banyak kerugian secara material.

Banguanan milik warga yang ambruk karena gempa
Banguanan milik warga yang ambruk karena gempa via instagram/@haryowirawan

3. Gempa susulan yang datang bertubi-tubi juga membuat warga sempat panik dan berlarian ke luar rumah. Kabar terbaru, gempa di Lombok Timur terus berlanjut dan susulan masih terjadi hingga saat ini (30/7). Dengan total mencapai lebih dari 200 kali.

Potret warga yang keluar dari rumah
Potret warga yang keluar dari rumah via instagram/@khoirmaftuhah

4. Hingga saat ini, korban bencana alam yang kehilangan tempat tinggal menetap di posko bantuan. Tidak sedikit pula yang berkumpul di sekitar pusat kesehatan untuk mendapatkan perawatan. Seperti di Puskesmas Sembalun.

Puskesmas Sembalun
Puskesmas Sembalun via twitter/DMCDompetDhuafa

5. Selain rusaknya bangunan rumah milik warga, gempa di Lombok Timur ini juga mengakibatkan pintu masuk pendakian Senaru menuju Gunung Rinjani ambrol. 

Pintu Senaru Gunung Rinjani
Pintu Senaru Gunung Rinjani via twitter/KementerianLHK

6. Tidak hanya gerbang pintu masuk, gunjangan hebat yang terjadi selama 10 detik pada Minggu kemarin ini juga mengakibatkan longsor di jalur pendakian Gunung Rinjani. Tepatnya di Pelawangan Sembalun. 

7. Dari total pendaki yang berjumlah 826, sekitar 226 orang belum terevakuasi. Mereka terjebak karena jalur pendakian yang tertutup oleh longsor bebatuan.

Beberapa pendaki yang terjebak di gunung Rinjani
Beberapa pendaki yang terjebak di gunung Rinjani via instagram/@dezabedrosky

8. Tidak hanya di kawasan Pelawangan Sembalun, ada juga pendaki yang masih berada di sekitar Segara Anak.

Pendaki yang masih berada di atas gunung
Pendaki yang masih berada di atas gunung via twitter/@DMCDompetDhuafa

9. Selain karena bebatuan dan debu tebal akibat longsor, banyak pendaki yang terhalang retakan tanah di beberapa titik. Bahkan, beberapa pos pendakian mengalami kerusakan.

Retakan di kawasan Gunung Rinjani akibat gempa
Retakan di kawasan Gunung Rinjani akibat gempa via instagram/@dezabedrosky

10. Kabar terbarunya, TNI dan sebuah helikopter telah diberangkatkan menuju Danau Segara Anak untuk bantuan logistik para pendaki yang terjebak. 

Bantuan menuju segara anak
Bantuan menuju segara anak via instagram/@insidelombok

Itulah beberapa foto gempa di Lombok Timur. Dikutip dari beberapa sumber hingga saat ini korban yang dinyatakan meninggakan dunia berjumlah 14 orang. Semoga para korban gempa bumi diberikan kesabaran. Amin. Next

ramadan
Bakso Blok S

Seruput Bakso Legendaris di Blok S, Sudah Lahir Sejak Tahun 1970

Pilihan Karbo Selain Nasi Putih agar Kulineranmu Tetap Sehat