in ,

Gablok Pecel Wonolobo, Sarapan ‘Mewah’ Khas Ungaran

Kuliner Gablok Pecel Ungaran, Semarang

Pecel Gablok Semarang
Pecel Gablok Semarang

Kuliner Semarang bukan lumpia saja. Ternyata, kota yang terkenal dengan Lawang Sewu ini memilki banyak makanan khas yang tidak mudah ditemukan di tempat lain. Bukan saja bentuk, rasa pun tidak bisa ditiru. Seperti kuliner khas daerah Ungaran satu ini.

Baca juga : Kampoeng Kopi Sambisari, Bersantai Sambil Menikmati Sajian Kopi Khas Indonesia

Pecel Gablok
Pecel Gablok [image source]
Namanya adalah Gablok Pecel. Unik dan berbeda dari pecel biasanya. Gablok sendiri merupakan nasi yang ditumbuk menggunakan alu. Beberapa penjual, biasanya menambahkan kelapa parut dan sedikit garam agar rasanya lebih gurih. Setelah tertumbuk, kemudian dipadatkan dan bisa dipotong. Untuk rasanya, tentu saja tidak jauh beda dengan lontong atau ketupat.

Pecel khas daerah ungaran
Pecel khas daerah ungaran [image source]
Setelah ditumbuk dan dipotong, baru kemudian disajikan bersama dengan sayur. Seperti menu pecel biasanya, ada bayam, kacang panjang dan kecambah yang terlihat nikmat ketika disiram bumbu kacang. Biasanya, hidangan khas Ungaran tersebut makin mantab disajikan dengan mie goreng dan bakwan.

Pecel dengan lontong unik di Semarang
Pecel dengan lontong unik di Semarang [image source]
Yang menarik bukan hanya soal rasa, harga juga murah meriah. Untuk satu porsinya dibanderol sekitar Rp2.500. Tak perlu khawatir, satu porsi Gablok Pecel ini cukup mengenyangkan karena kaya akan karbohidrat. Perlu diingat, Gablok Pecel hanya ada di pagi hari dan memang khusus untuk menu sarapan.

Pecel Gablok di Ungaran
Pecel Gablok di Ungaran [image source]
Untuk mencari menu sederhana khas Semarang ini juga tidak susah. Hampir setiap pasar tradisional khususnya di kawasan Ungaran terdapat penjual Gablok Pecel. Sebagian besar, mereka sudah puluhan tahun setia menjual kuliner lezat satu ini. Bagaimana. berminat untuk mencoba menu sarapan spesial satu ini di Semarang? Yuk, segera atur jadwal untuk liburan ke ibukota Jawa Tengah. Next

ramadan

Trip Ke Lombok 3D 2N dari Surabaya Tak Sampai 1,5 Juta, Begini Caranya

Bandara Ngurah Rai Ditutup, Tunda Dulu Liburan ke Bali