in ,

Gado-gado Legendaris di Jakarta, Kenikmatan yang Telah Teruji Pengalamannya

Ada 5 Rekomendasi Gado-gado Legendaris di Jakarta yang Enaknya Jawara

via Instagram/airlanggajati
via Instagram/airlanggajati

Indonesia memiliki banyak jenis kuliner bumbu kacang. Sebut saja pecel, ketoprak, gado-gado dan masih banyak lagi yang lainnya. Sudah bukan rahasia, tidak makanan yang tak bisa ditemukan di Ibukota. Bahkan tidak sedikit tempat legendaris untuk menyantap gado-gado. Berikut ini daftar gado-gado legendaris di Jakarta. Soal rasa tak perlu ditanya lagi enaknya. Catat daftarnya, ya.

Baca juga : Ini Gaya Liburan dengan Rok Selutut, Keren dan Tetap Nyaman

Gado-gado Cemara

Menu-menu di Gado-gado Cemara, via Instagram/can.dri
Menu-menu di Gado-gado Cemara, via Instagram/can.dri

Gado-gado Cemara berada di Jl. Tanah Abang 5 No. 36, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. Kuliner Jakarta satu ini dirintis oleh Ibu Niawati Setiawan di Jl. Cemara pada tahun 1947. Maka dari itulah, namanya adalah Gado-gado Cemara.

Salah satu rahasia kenikmata gado-gado legendaris di Jakarta ini adalah penggunaan kacang tanah dan sedikit kacang mede, sehingga memberikan cita rasa yang enak namun tidak terlalu kental. Selain gado-gado, ada banyak menu lainnya yang bisa dicoba. Harga satu porsinya adalah Rp50.000, sepadan dengan citarasa yang disuguhkan.

Gado-gado Bonbin

Gado-gado Bonbin, via Instagram/airlanggajati
Gado-gado Bonbin, via Instagram/airlanggajati

Gado-gado legendaris di Jakarta selanjutnya juga menjadi langganan banyak kalangan. Tempat Gado-gado Bonbin sudah buka sejak tahun 1960. Salah satu rahasianya adalah bumbu kacangnya yang begitu nikmat.

Cara pembuatan bumbu kacangnya diolah dengan cara disangrai, maka dari itulah rasanya makin mantap. Teman Traveler bisa mencobanya di Jl. Cikini IV No. 5, Menteng, Jakarta Pusat. Untuk satu porsinya, gado-gado dibandrol Rp38.000, tanpa menggunakan lontong.

Gado-gado Direksi

Gado-gado Direksi, via Instagram/yummyippie
Gado-gado Direksi, via Instagram/yummyippie

Lalu ada Gado-gado Direksi yang telah berjualan sejak tahun 1967 dan didirikan oleh Sie Man Tjau atau yang dikenal sebagai Sinta Dewi. Asal usul nama tempat makan ini sangat unik. Dibei nama Gado-gado Direksi karena dahulunya banyak direksi bank yang menjadi langganan.

Salah satu daya tariknya lantaran bahan kacangnya didatangkan langsung dari Tuban. Maka dari itulah, rasanya jadi makin istimewa. Satu porsi gado-gado di sini harganya Rp40.000. Jangan lupa mampir ke  Gado-gado Direksi yang berada di Jl. Pintu Besar Selatan 1 No. 10, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat.

Gado-gado Boplo

Gado-gado Boplo, via Instagram/dinar.hp
Gado-gado Boplo, via Instagram/dinar.hp

Gado-gado Boplo alamatnya berada di Jl. Panglima Polim IX, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Menu gado-gado di sini begitu digemari, terutama masyarakat Jakarta. Tempat ini termasuk legendaris karena telah mulai berjualan sejak tahun 1970. Alamatnya berada di Grand Gado-Gado Boplo, Jl. Kramat Raya No.91, RT.17/RW.1, Paseban, Senen, Central Jakarta City.

Salah satu rahasia kelezatannya terletak pada penggunaan kacang mete dan dicampur dengan asam Jawa yang memberikan sensasi segar gurih. Selai itu, sayuran yang dipilih juga segar-segar. Satu porsi gado-gado di sini harganya Rp35.000.

Gado-gado Kertanegara

Gado-gado Kertanegara, via Instagram/dessyarfiandra
Gado-gado Kertanegara, via Instagram/dessyarfiandra

Sudah berjualan sejak tahun 1990-an, Gado-gado Kertanegara juga menawarkan cita rasa yang nikmat. Lokasi tepanya berada di Jl. Kertanegara No. 2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tempat gado-gado legendaris di Jakarta satu ini berada di pinggir jalan. Meskipun begitu banyak sekali penggemarnya. Mulai dari orang biasa, hingga artis juga juga suka makan di sini. Harga satu porsi gado-gado di sini sekitar Rp20.000-an.

Menu sayur, lontong, dengan siraman saus kacang ini memang cocok disantap untuk sarapan atau makan siang. Jika Teman Traveler sedang berada di Ibukota, pastikan singgah di salah satu gado-gado legendaris di Jakarta tersebut, ya. Next

ramadan
Akomodasi di Ubud dekat dengan berbagai tempat wisata

Akomodasi di Ubud Dekat Tempat Wisata, Makin Mudah Berpetualang

Bukit Kaba

Bukit Kaba, Spot Mendaki di Bengkulu dengan Kawah Biru yang Eksotis