in , ,

Explore Garden by the Bay Singapore

Garden by the Bay adalah taman kota yang luas di Singapura yang beralamat di 18 Marina Gardens Dr.. Mencakup lebih dari 101 hektar lahan reklamasi, Gardens by The Bay Singapura merupakan salah satu dari sepuluh Indoor Gardens yang ada di dunia. Tempat ini pernah memenangkan penghargaan Arsitektur of The Year 2012 dan masuk Guinness World Record 2015 sebagai World’s Largest Glass Greenhouse (Flower Dome). Ada 3 bagian utama yaitu :

Baca juga : Gunung Andong, Perisai Menawan di Tanah Magelang

1. Flower Dome

flowerdome_2_zPd.jpg
Suasana tema Sakura Matsuri di Flower Dome (c) Fujiwati/Travelingyuk

Flower Dome merupakan rumah kaca yang berisi taman bunga. Areanya meniru iklim yang sejuk-kering daerah Mediterania dan menaungi koleksi tanaman dari gurun di seluruh dunia. Tema yang ada di flower dome juga berubah-ubah sesuai dengan pergantian musim. Kebetulan, saat saya berkunjung ke sana di Bulan Maret, mereka mengusung tema Sakura Matsuri. Lumayan kan ngga usah jauh-jauh pergi ke Jepang untuk melihat bunga sakura yang indah ini. Selain sakura, ada tema bunga tulip, bunga anggrek, mawar matahari dan masih banyak lagi.

flowerdome_1_bYE.jpg
Flower Dome (c) Fujiwati/Travelingyuk

2. Cloud Forest

cloud_forest__1_mB7.jpeg
Air Terjun Cloud Forest (c) Fujiwati/Travelingyuk

Gunung setinggi 35 meter ini menampilkan kehidupan tanaman dari dataran tinggi tropis hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Saat pertama masuk ke Cloud Forest, kalian akan disambut dengan air terjun yang sangat menyejukkan. Lalu, kalian akan diarahkan untuk berjalan menuju area The Lost World dan selanjutnya menaiki lift ke atas bangunan yang menyerupai gunung. Terakhir, kalian harus turun melewati jembatan-jembatan layang yang mengitari bangunan tersebut.

cloud_forest__2_g8G.jpeg
Suasana di dalam Cloud Forest (c) Fujiwati/Travelingyuk

Saat hendak turun, kalian bisa singgah di masing-masing lantai seperti Crystal Mountain. Di sini, kalian bisa melihat karya seni yang berasal dari bebatuan crystal dan waterfall view yang ada di pintu masuk dari atas. Kemudian, Cloud Forest Theatre akan menampilkan sebuah film tentang asal mula tumbuhan yang ada di Garden by The Bay dan juga Secret Garden yang merupakan taman indah berisi bunga-bunga langka.

cloud_forest__3_jVs.jpg
Secret Garden Cloud Forest (c) Fujiwati/Travelingyuk

3. Supertree Grove

Pohon buatan menakjubkan yang menjulang hingga setinggi 16 lantai ini dapat ditemukan sebanyak 12 pohon di Supertree Grove. Pohon-pohon ini menyalakan kelap-kelip lampu ketika malam hari. Menambah indahnya suasana malam yang ditaburi bintang. Oh iya, bagi kalian yang pernah nonton film Crazy Rich Asian pasti sudah tidak asing dengan tempat ini karena pernah digunakan sebagai lokasi shooting film tersebut.

supertree_grove_Fys.jpeg
Supertree Grove (c) Fujiwati/Travelingyuk

Cara menuju ke Garden By the Bay yaitu seketika turun di stasiun MRT terdekat, yaitu Bayfront, keluarlah melalui pintu B. Namun, jika kalian sudah berada di sekitar Marina Bay, kalian tinggal jalan kaki melalui Helix Bridge ke arah ArtScience Museum. Ikuti jalur pejalan kaki yang ada di sepanjang Waterfront hingga akhirnya sampai pada pintu masuk Gardens by the Bay. Next

ramadan
Bukit Jodho

Bukit Jodho, Wisata Tulungagung Anti Jomblo

Tampak Depan Rumah Ibu (c) mfchrymTravelingyuk

Menelisik Rumah Si Ibu Pengabdi Setan