in , , ,

Suasana Asri Ubud Bali di Warung Makan Geblek Pari Nanggulan Kulonprogo

Kulonprogo Punya Watrung Makan yang Mempersembahkan Alam Asri Layaknya Ubud Bali

_mg_3156_rs6.jpg
Menikmati Makanan Tradisional di Geblek Pari (c) Ade Alvian/Travelingyuk

Hamparan persawahan yang luas dengan terasering menjadi ciri khas bentang alam di daerah Ubud, Bali. Pemandangan yang didominasi oleh warna hijau dari tumbuhan dan batang-batang padi membuat suasanya yang nyaman dan betah setiap orang yang berada di sekitarnya, apalagi ditambah dengan aktivitas yang membangkitkan mood seperti menikmati sajian makanan tradisional.

Baca juga : Pantai Melasti Bali, Nikmati Pantai dari Tebing Tinggi

Nah, ada satu tempat di jogja yang menawarkan konsep seperti ini lho Teman Traveler. Bentang persawahan yang begitu luas dengan background pegunungan manoreh membuat tempat ini terasa sangat nyaman dan mendamaikan. Geblek Pari Nanggulan merupakan warung makan sederhana yang menyediakan berbagai makanan dan minuman khas Kulonprogo dengan lokasi yang agak tersembunyi namun panorama yang disajikan sangat luar biasa. Langsung simak ulasannya.

Akses menuju Lokasi

_mg_3164_4ss.jpg
Hamparan Sawah dan Pegunungan Manoreh dari lokasi Geblek Pari (c) Ade Alvian/Travelingyuk

Geblek Pari Nanggulan terletak di Kabupaten Kulonprogo atau sebelah barat Kota Yogyakarta. Rute paling mudah dari Kota Jogja menuju tempat ini adalah melewati Jalan Godean. Selain itu, ada beberapa tempat tujuan wisata di daerah Geblek Pari Nanggulan seperti air terjun kedung pedut dan goa kiskendo, jadi bisalah sekali mendayung satu dua pulau terlampaui.

Meskipun belum terdapat transportasi umum untuk menuju ke tempat ini rute jalan sudah cukup bagus. Teman Traveler bisa mendatangi tempat ini dengan sepeda motor atau mobil. Tidak perlu khawatir akan tersesat karena papan petunjuk arah sudah sangat jelas berada di setiap persimpangan mulai dari jalan utama menuju lokasi.

Jika Teman Travaler mau bertanya kepada warga sekitar tentang lokasi ini, maka Teman Traveler akan disambut dengan sukacita dan senyum yang tiada henti. Keramahan warga sekitar benar-benar dapat Teman Traveler rasakan ketika berbincang atau singgah untuk bertanya.

Menyajikan Suasana Pedesaan yang Asri

_mg_4797_PKf.jpg
Bangunan joglo di Geblek Pari (c) Ade Alvian/Travelingyuk

Setelah sampai di Geblek Pari Nanggulan, Teman Traveler akan disambut dengan jembatan kecil menuju sebuah suasana dengan kursi-kursi yang ditata di bawah pepohonan yang cukup rindang. Terdapat rumah joglo dengan hamparan persawahan yang jauh membentang di sebelah barat.

Suasana pedesaan benar-benar terasa ditambah lagi dengan adanya kolam ikan, ayunan, hammock dan sumur kecil lengkap dengan katrol tradisional dari bambu yang menghiasi tempat ini.

Sajian Makanan Prasmanan dan Minuman Tradisional

_mg_4779_xGP.jpg
Mengambil makanan prasmanan di Geblek Pari (c) Ade Alvian/Travelingyuk

Berbagai makanan tradisional khas Kulonprogo ada di sini. Uniknya, Teman Traveler bisa langsung pergi ke dapur melihat proses memasak yang masih menggunakan alat masak tradisional seperti tungku dengan kayu bakarnya. Sajian berbagai jenis makanan disediakan secara prasmanan di dapur ini sehingga Teman Traveler bebas memilih dan mengambil sesuai dengan kapasitas perut masing-masing.

Aroma asap dari kayu bakar menambah kesan lezat pada menu masakan desa seperti sayur brongkos, sayur lodeh dan sayur ketela, aroma tempe dan tahu bacem, ceker bacem dan masakan ikan pindang benar-benar menggugah selera.

Berbagai macam minuman juga disediakan mulai dari teh dan jeruk yang khas sampai dengan minuman rempah seperti serai dan daun rosella, tak ketinggalan cemilan khas Kulonprogo yaitu geblek, bisa Teman Traveler temukan di warung ini.

Harga Terjangkau

_mg_4768_Ws7.jpg
Suasana dapur Geblek Pari (c) Ade Alvian/Travelingyuk

Harga untuk setiap makanan dan minuman terbilang murah dengan sajian makanan prasmanan dan suasana tempat makan di alam terbuka. Dijamin Teman Traveler tidak akan menyesal jika datang ke tempat ini.

Pihak pengelola tidak menyediakan sedotan plastik loh. Kalau Teman Traveler ingin membawa pulang makanan yang telah dibeli, pengelola pun tidak akan membungkus makanan menggunakan plastik. Keren kan? Jadi kapan Teman Traveler mampir dan menikmati suasana khas Geblek Pari Nanggulan ini? Next

ramadan

Perpustakaan UI, Tempat Tenang untuk Mendapatkan Sejuta Inspirasi

Spot Sunset dan Gua Instagenic di Pantai Tegal Wangi yang Eksotis