in , , ,

Perpustakaan UI, Tempat Tenang untuk Mendapatkan Sejuta Inspirasi

Wisata Baca Perpustakaan Universitas Indonesia

whatsapp_image_2019_08_06_at_16_ZOS.jpeg
Halaman Depan Perpustakaan (c) Denah Lucky/Travelingyuk

Kesulitan dalam mencari tempat yang tenang untuk memulai mengerjakan skripsi ataupun tugas yang membutuhkan konsentrasi, sepertinya banyak di alami oleh mahasiswa tingkat akhir. Kafe biasanya menjadi pilihan mahasiswa. Tapi tak jarang, pergi ke Kafe juga harus membeli beberapa minuman yang cukup mahal. 

Baca juga : Bak Girldband, Begini Momen Liburan Salshabilla Adriani ke Korea Selatan

whatsapp_image_2019_08_06_at_16_OUz.jpeg
Berbagai Jenis Buku (c) Denah Lucky/Travelingyuk

Ada satu alternatif yang bisa dijadikan solusi dan bisa di datangi oleh mahasiswa UI ataupun umum sekalipun dan gak bikin kantong bolong. Perpustakaan Universitas Indonesia yang terletak di Gedung Crystal of Knowledge, Kampus UI, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat. Penasaran? Yuk simak ulasannya.

Jam Operasional

whatsapp_image_2019_08_06_at_16_c54.jpeg
Pintu Masuk (c) Denah Lucky/Travelingyuk

Lebih tepatnya di belakang Masjid UI bisa di tempuh dengan berjalan kaki selama 5 menit saja. Perpustakaan terluas di Asia Tenggara ini memiliki lebih kurang 2,5 hektare loh. Jam Operasional perpustakaan Universitas Indonesia Senin hingga Jumat mulai pukul 08:00 hingga 19:00 WIB, Sabtu mulai dari pukul 08:00 hingga 16:00 WIB dan hari Minggu tutup.

Mendaftar Bagi Pengunjung Umum

whatsapp_image_2019_08_06_at_16_qI6.jpeg
Layanan Informasi (c) Denah Lucky/Travelingyuk

Apabila berstatus Umum (Mahasiswa Non-UI) tak perlu khawatir. Teman Traveler tetap bisa masuk dan menikmati fasilitas dari perpustakaan ini kok. Hanya saja hanya harus mendaftar di loket pendaftaran dan mengisi data diri dengan biaya Rp10.000/orang.

Teman Traveler akan mendapat stiker yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi bahwa Teman Traveler bukan merupakan mahasiswa UI. Setelah mendaftar, Teman Traveler harus menaruh tas di loker terlebih dahulu dan jangan lupa untuk meminta kunci loker kepada petugas. 

Fasilitas Perpustakaan

whatsapp_image_2019_08_06_at_16_iyv.jpeg
Jalan Menuju Area Baca (c) Denah Lucky/Travelingyuk

Untuk ke lantai atas, bisa menggunakan tangga manual, ataupun lift. Melihat dari jenis koleksi yang ada, Perpustakaan Universitas Indonesia juga menyiapkan fasilitas lengkap seperti ruang baca, 100 silent room bagi dosen dan mahasiswa, pemandangan Danau, cafetarian, starbucks coffe, restaurant korea, toko buku, travel, bioskop, fasilitas kebugaran atau gym, studio musik dan radio, bank, meeting room, laboratorium komputer. Wow lengkap banget ya?

Online Public Access Catalogue

whatsapp_image_2019_08_06_at_16_0jS.jpeg
Online Public Access Catalog (c) Denah Lucky/Travelingyuk

Perpustakaan UI memiliki jutaan koleksi mulai dari buku, ebook, hingga bahan informasi lainnya. Dengan koleksi sebanyak itu, tentunya sangat sulit kalau mencari buku yang diinginkan secara manual, maka di perpustakaan UI ini ada fasilitas komputer yang dilengkapi dengan aplikasi Online Public Access Catalogue (OPAC), jadi Teman Traveler bisa dengan mudah mencari bahan bacaan yang diinginkan. Hanya dengan memasukan kata kunci buku yang ingin dicari dan OPAC akan menunjukan letak buku tersebut.

Suasana yang Hening dan Nyaman

whatsapp_image_2019_08_06_at_16_WZP.jpeg
Ruang Baca (c) Denah Lucky/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang membutuhkan referensi beberapa buku, bisa ambil di rak dan tidak perlu membalikan lagi ke letak semula karena petugas yang akan mengembalikannya ke rak agar tetap di tempat yang sama. Hal ini dilakukan karena biasanya pengunjung lupa di rak mana buku tersebut di ambil. Sangat membantu bukan?

Selain itu, kondisi yang sangat sunyi, bisa menambah konsentrasi Teman Traveler yang ingin fokus membaca atau mengerjakan tugas. Selalu patuhi  peraturan di sini ya. Salah satunya adalah untuk tidak berisik dan tidak membawa makanan dan minuman dari luar perpustakaan. Happy Reading Teman Traveler!  Next

ramadan

Tanjung Mebulu, Tebing Surga dengan Spot Instagenic Tanah Dewata

Suasana Asri Ubud Bali di Warung Makan Geblek Pari Nanggulan Kulonprogo