in , ,

Geyser Cisolok, Pemandian Air Panas Sukabumi yang Cocok untuk Libur Akhir Pekan

Sensasi Berendam di Pemandian Air Panas Geyser Cisolok, Betah Lama-lama!

Geyser Cisolok

Geiser atau Geyser adalah sejenis mata air panas yang menyembur ke udara secara periodik, mengeluarkan air panas dan uap air ke udara. Fenomena itu terjadi karena adanya tekanan tinggi dari dalam perut bumi dan mengakibatkan air menyembur ke permukaan bumi. Geyser ini dapat juga ditemukan di Sukabumi. Lebih tepatnya di Geyser Cisolok, Sukabumi. Seperti apa keseruan liburan ke sini? Berikut cerita lengkap dari Kontributor Travelingyuk, Mohammad Guruh.

Baca juga : Basah-basahan di 5 Pantai di Rembang, Liburan Selalu Terngiang

Masuk Wilayah Geopark Nasional Ciletuh

Selamat Datang Di Geyser Cisolok (Dokumen Pribadi)
Selamat Datang Di Geyser Cisolok (c) Mohammad Guruh/Travelingyuk

Berkunjung ke Geopark Ciletuh tidak melulu menikmati pemandangan perbukitan, pantai, atau air terjun yang menyejukkan pikiran. Coba rencanakan perjalanan untuk mengunjungi sebuah air mancur panas alami yang menyembur ke udara tanpa henti atau dalam ilmiah disebut Geyser. Semburan air dan uap panas yang keluar dari perut bumi berada di Cisolok Sukabumi. Lokasinya hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari Pantai Citepus. Geyser Cisolok dikelola langsung dan masuk dalam wilayah Geopark Ciletuh.

Unik dengan Air Mancur Panas Abadi

Hanging Out In The Warm Springs By The Geyser At Cisolok (IG) @marias_wave
Pemandian Air Panas di Cisolok via instagram/marias_wave

Sangat berbeda dengan geyser pada umumnya yang punya masa periodik saat menyemburkan air panas. Di sini, air yang menyembur dari perut bumi terus keluar selama 24 jam tanpa henti. Tak salah jika banyak yang menyebutnya sebagai air mancur panas abadi. Terdapat beberapa titik yang menyemburkan air panas ke udara dengan ketinggian dari 3,5 hingga belasan meter.

Pada mulanya sumber air Geyser Cisolok tidak menyembur ke udara, karena tekanan dari dalam bumi tidak terlalu besar. Tetapi warga sekitar berinisiatif menumpuk bebatuan di celah-celah bagian air yang keluar. Sehingga air bisa menyembur ke udara karena adanya tekanan dari perut bumi.

Satu-satunya Air Mancur Panas Alami di Indonesia

Throwback (IG)@imirisa00_
Pemandangan air mancur dari perut bumi via instagram/imirisa00_

Di Indonesia, tidak dapat menemukan fenomena geyser selain di Cisolok, Sukabumi. Menurut peneliti Geologi, fenomena geyser memang sulit ditemukan di belahan dunia mana pun. Geyser Cisolok Sukabumi ini satu satunya fenomena langka yang masih terus aktif hingga saat ini.

Tidak Mengandung Belerang

Menikmati Uap Panas Langsung (Dokumen Pribadi)
Menikmati Uap Panas Langsung (c) Mohammad Guruh/Travelingyuk

Semburan air yang keluar langsung dari perut bumi tersebut tidak mengandung belerang. Sangat berbeda dengan sumber air panas di daerah lain. Walaupun tidak memiliki kandungan belerang, konon air panas tersebut memiliki khasiat. Sebab kandungan airnya mengandung mineral tinggi yang bisa dimanfaatkan untuk terapi dan penyembuhan penyakit kulit.

Tips Liburan di Geyser Cisolok

Kolam Yang Disediakan Pengelola (Dokumen Pribadi)
Kolam Yang Disediakan Pengelola (c) Mohammad Guruh/Travelingyuk

Pun cukup unik, Teman Traveler tidak disarankan untuk langsung berendam di titik semburan air panas. Hal ini karena  suhu yang dikeluarkan dari semburannya bisa mencapai 100 derajat. Pihak pengelola juga menyediakan kolam pemandian air panas untuk memanjakan pengunjung. Airnya juga berasal dari sumber air panas tersebut. Suhu air yang ada di kolam bervariasi, mulai dari 40, 60 hingga 80 derajat.

Jadi, bagaimana? Tertarik untuk melihat dan menyaksikan langsung eksotisnya Geyser Cisolok di Sukabumi? Yuk, ajak teman atau keluarga agar liburan akhir pekan Teman Traveler makin seru. Next

ramadan

Written by Mohammad Guruh

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Taman Mayura

Taman Mayura, Wisata Bersejarah di Mataram yang Sayang untuk Dilewatkan

Perang Topat

Tradisi Perang Topat 2018, Simbol Kerukunan Antar Umat Beragama di Lombok Barat