in , ,

Rasakan, Sensasi Berenang Bersama Nemo di Pulau Gili Ketapang

GIli-Ketapang
GIli-Ketapang

Selain Gunung Bromo, Probolinggo ternyata menyimpan surga kecil yang mampu menarik minat wisatawan. Yah, apalagi kalau bukan Pulau Gili Ketapang yang berada di kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.  

Baca juga : Sego Angkruk Khas Ponorogo, Enak Tapi Sangat Langka

Dengan luas sekitar 68 hektar, Pulau Gili Ketapang bisa menjadi rujukan teman traveller saat berkunjung ke Probolinggo. Untuk menuju kesana, kita harus memulai perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Tembaga yang menjadi “gerbang utama” untuk menuju ke pecahan surga ini.

Gili Ketapang (c) Anggraini/Travelingyuk

Pelabuhan Tanjung Tembaga dan Pulau Gili Ketapang berjarak sekitar 8 kilometer. Dari pelabuhan tersebut, kita bisa menaiki perahu motor dengan waktu temput sekitar 30 menit. Meski pulau ini terbilang kecil, namun masih memiliki penghuni sekitar 8.000 jiwa.

Yah, dahulu pulau ini hanyalah sebuah pulau kecil yang sama sekali tak dilirik sebagai tujuan wisata, tetapi kini semuanya telah berbeda. Pulau Gili telah disulap menjadi sebuah “surga kecil” yang ramai wisatawan, khususnya saat hari libur tiba. Tak perlu biaya mahal untuk menuju pulau ini.

Gili Ketapang (c) Anggraini/Travelingyuk

Kita cukup membayar biaya perahu motor sekitar Rp 10.000 rupiah untuk satu kali penyebrangan. Demi keamanan, perahu motor ini beroperasi pada pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.  Tak ada perahu motor yang beroperasi di malah hari karena khawatir akan angin serta ombak kencang yang membahayakan nyawa.  

Jika kita ingin menikmati keindahan bawah laut di sekitar Pulau Gili, kita bisa memesan paket snorkeling dengan tarif Rp 90.000 rupiah. Tarif tersebut sudah termasuk biaya kapal untuk perjalanan pulang dan pergi, biaya sewa alat snorkeling dan makan siang berupa ikan bakar yang sangat lezat.   Paket snorkeling tersebut juga sudah termasuk foto bawah air serta pemandu wisata yang ramah dan asyik. Jangan khawatir jika kita tak bisa berenang. Para pemandu akan membantu kita selama menikmati keindahan bawah laut. Jadi, keselamatan kita pun terjamin.  

Keindahan bawah laut di sekitar Pulau Gili akan memanjakan mata kita dengan keindahan terumbu karang dan sensasi berenang bersama ikan Nemo. Pasti teman traveller akan menyesal jika melewatkan momen tersebut.   Fasilitas di Pulau Gili juga terbilang lengkap, ada toilet, mushola, aneka warung bahkan spot foto instagramable. Setelah puas menikmati keindahan bawah laut serta menikmati sajian ikan bakar khas Pulau Gili, kita juga bisa menikmati deburan ombak pantai yang menenangkan jiwa dengan hamparan pasir putih.  

Selain menikmati keindahan bawah air atau pantai yang menawan, kita juga bisa berkunjung ke Goa Kucing dan petilasan Syaikh Maulana Malik Ibrahim yang terletak di ujung timur pulau tersebut.   Nah, bagi teman traveller yang ingin berpetualang ke Pulau Gili, sebaiknya jangan lupa membawa tabir surya dan topi karena cuacanya yang sangat terik menyengat kulit. Bagaimana? Pasti seru kan, belribur di pulau eksotis ini?   Next

ramadan
Telogo MUncar

Surga di Balik Taman Nasional Gunung Merapi

fi pantai di malang

4 Pantai di Malang, Vitamin Sea Libur Lebaran Bisa Surfing Juga Lho!