in ,

Goa Pandawa, Ada Penjaga Raksasa di Depannya

Taman Goa Pandawa

Destinasi wisata di Kota Batu kini semakin beragam dengan dibukanya Taman Goa Pandawa. Kamu bisa menjelajahinya sembari menikmati alam perbukitan berhawa sejuk. Selain itu juga ada patung raksasa penjaga goa yang sedang duduk santai bisa diajak berfoto. Seperti apa? Berikut ulasannya.

Baca juga : Tak Hanya Sinabung, Sumatera adalah Surga Bagi Para Pendaki Gunung

Destinasi Swafoto Unik

Goa Pandawa. [image source]
Pengunjung bisa berswafoto di lima goa yang jaraknya saling berdekatan, baik ketika menjelajah di dalamnya maupun dari luarnya saja. Selain itu patung raksasa yang menjadi ikon destinasi ini dengan latar panorama alam perbukitan juga bisa menjadi spot yang menarik. Masyarakat menamakan Taman Goa Pandawa karena lima goa sesuai dengan jumlah tokoh Pandawa dalam pewayangan.

Taman Goa Pandawa. [image source]

Tempat Bersembunyi Pasukan Jepang

Taman Goa Pandawa. [image source]
Keberadaa lima goa ini sebenarnya sudah lama, tepatnya sejak zaman penjajahan Jepang. Konon goa ini dibangun untuk bunker penyimpanan persenjataan dan area bersembunyi serdadu Jepang ketika perang melawan pejuang Indonesia. Setelah Jepang kalah dan angkat kaki dari Indonesia, goa ini ditinggalkan begitu saja. Meskipun ada lima goa, tetapi sementara baru dua goa saja yang bisa dijelajahi. Rata-rata berdiameter dua meter dengan panjang berkisar delapan sampai sepuluh meter.

Goa Pandawa. [image source]

Taman Goa Pandawa. [image source]

Penjaga Goa Raksasa

Taman Goa Pandawa. [image source]
Pengelola melengkapi destinasi goa ini dengan beberapa wahana tambahan. Antara lain patung  raksasa berbahan kayu. Sebagian pengunjung menyebutnya Pinokio dan sebagian lagi menamainya The Big Friendly Giant. Patung ini dibangun dalam posisi sedang duduk santai di depan goa. Tempat ini bisa menjadi lokasi berfoto yang menarik bagi pengunjung. Selain itu masih ada taman, pondok bambu dan juga tempat berkemah.

Taman Goa Pandawa. [image source]

Menikmati Matahari Terbit dan Terbenam

Taman Goa Pandawa. [image source]
Dari destinasi ini pengunjung bisa menikmati matahari terbit dan terbenam. Sebaiknya ke sini pagi hari untuk menikmati pemandangan matahari terbit di balik Gunung Dorowati Pujon atau sore hari dengan pemandangan matahari terbenam berlatar Gunung Arjuno dan Semeru.

Taman Goa Pandawa. [image source]

Lokasinya Dekat Gunung Banyak

Taman Goa Pandawa.
Taman Goa Pandawa. [image source]
Berlokasi di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu destinasi ini mudah dijangkau. Ada dua jalur yang bisa menjadi pilihan. Dari barat pengunjung bisa masuk ke jalur paralayang di Gunung Banyak sekitar tiga kilometer lalu memilih jalur menurun menuju Dusun Baru. Sedangkan dari timur bisa belok kanan dari simpang empat Orchid menuju Desa Gunungsari.Tiket masuk destinasi ini dijual seharga Rp 5.000.

Taman Goa Pandawa. [image source]
Nah, seru bukan berwisata ke sini? Kalau sedang liburan kamu bisa mengajak keluarga atau kolegamu untuk mengunjunginya. Next

ramadan
HAU Citumang

HAU Citumang, Pondok Wisata dari Kontainer di Pangandaran

4 Tempat Wisata dengan Sepeda Angkasa, Bisa Uji Nyali