in ,

Menelusuri Keunikan Gua di Pulau Buton, Suasananya Bikin Betah Berjam-Jam

Menjelajah masing-masing keunikan gua di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara

Keindahan gua di Pulau Buton
Keindahan gua di Pulau Buton

Tak hanya sebagai Pulau penghasil aspal terbesar di Indonesia, Pulau Buton juga memiliki keindahan wisata alam yang menakjubkan jika ditelusuri. Mulai dari keindahan pantainya, bukit, hingga gua sekalipun punya pemandangan yang eksotis. Bagi Teman Tarveler yang suka bepertualang, beberapa gua di Pulau Buton ini pasti akan membangkitkan rasa penasaranmu. Seperti apa sih pesona dan uniknya? Simak ulasan di bawah ini yuk!

Baca juga : Milkoe Bistreau, Puas Makan Sembari Baca Buku di Tengah Kota Tangerang

Gua Lanto

Gua Lanto
Gua Lanto via Instagram/msboncel

Berbeda dengan gua yang ada di daerah lain, di sini wisatawan dapat berenang sekaligus bertualang. Gua ini memiliki kedalaman air mencapai 12 meter dengan luas 100 meter. Namun yang harus diingat, untuk menyelam dan merasakan langsung keindahan air di dalam sini harus sudah profesional agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan. Untuk ke sini tidaklah sulit, karena letaknya berada 10 meter dari jalan raya, tepat di bawah pekarangan rumah penduduk Kelurahan Kadolomoko, Kokalukuna.

Gua Loba-Loba

Gua Loba-Loba
Gua Loba-Loba via Instagram/cynny.o

Lokasinya yang unik yaitu bertempat di dasar lautan, bagi yang jago diving harus mencoba menyelam di Gua Loba-Loba. Berada di Desa One Waara, Lakudo, gua memiliki kedalaman mencapai 27 meter. Sehingga wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan berbagai terumbu karang dan biota laut. Untuk mampir ke tempat ini hanya membutuhkan waktu selama 10 hingga 15 menit dari kota Bau-Bau dengan menggunakan perahu.

Gua Koo

Gua Koo
Gua Koo via Instagram/xaverius_endro

Ada di Desa Lantongau, Mawasangka Tengah, Kabupaten Buton Tengah, Gua Koo ini berada. Memiliki kedalaman mencapai 30 meter dan air kolam yang tampak seperti kaca, berkunjung ke sini merupakan hal yang wajib jika Teman Traveler berada di Pulau Buton. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah di pagi hari, karena saat siang sinar matahari akan membelakangi mulut gua sehingga tampak gelap. Saat ini Gua Koo juga dijadikan sebagai sumber air PDAM bagi masyarakat sekitar.

Gua Lakasa

Gua Lakasa
Gua Lakasa via Instagram/incie_00

Teman Traveler akan menemukan tiga keindahan jika berkunjung ke Gua Lakasa. Keindahan yang pertama adalah banyaknya stalaktit dan stalakmit yang berusia ribuan tahun. Keindahan yang kedua adalah adanya kristal berwarna putih yang tumbuh perlahan di dekat kolam dan akan tampak berkilau jika dikenai cahaya. Dan yang ketiga adalah adanya kolam pemandian segar yang airnya tidak pernah habis bahkan ketika musim kemarau tiba. Pengunjung juga bisa menyelam dan menikmati segarnya air di dalam kolam.

Demikian beberapa rangkuman keunikan tentang gua di Pulau Buton. Segera kosongkan jadwal liburanmu untuk berkunjung ke tempat ini ya! Next

ramadan
Kuliner di Bandar Lampung yang populer

Sayang Kalau Nggak Coba, Ini Sejumlah Kuliner di Bandar Lampung yang Populer

Wisata Sejarah di Prambanan

Tempat Wisata Sejarah di Prambanan Sleman, Nggak Cuma Candi Roro Jonggrang