in ,

Blusukan ke Gua di Wonogiri, Berderetan Bisa Dikunjungi Hanya Seharian

Singgah di Museum Kars Wonogiri, Bisa Sekalian Jelajah Gua di Sekitar Area Tersebut

Gua di Wonogiri

Kabupaten Wonogiri memiliki banyak wisata alam yang mengagumkan. Bukan air terjun atau perbukitan, ada lagi destinasi alami yang menarik untuk dikunjungi. Di kawasan Pracimantoro terdapat beberapa gua yang jaraknya cukup berdekatan, bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Akses menuju gua-gua ini pun sudah diaspal dan dibeton. Terlebih, kawasan ini juga dekat dengan Museum Kars Dunia. Teman Traveler bisa memasukkan agenda ini untuk akhir pekan. Ada apa saja, ya?

Baca juga : 5 Wisata Seni Terindah di Indonesia, Semuanya Instagenic

Gua Sodong

Gua Sodong via Instagram @lilikhermawan77
Gua Sodong via Instagram @lilikhermawan77

Gua di Wonogiri ini terletak kurang lebih 100 meter sebelah barat dari Museum Kars Dunia, yang diketahui memiliki kedalaman sekitar 4,5 kilometer. Namun ada yang memperkirakan panjangnya hingga menembus laut selatan. Selain sebagai objek wisata, Gua Sodong pun memiliki daya tarik bagi ahli geologi karena area ini menjadi titik peralihan sungai terbuka menuju sungai bawah tanah. Kalau Teman Traveler suka menjelajah, bisa nih eksplor lebih dalam gua ini. Namun tentu dengan pendampingan dari yang sudah pengalaman ya agar tidak tersesat. Terdapat juga sumber air bersih di dalam gua Sodong yang dimanfaatkan oleh penduduk setempat.

Gua Gilap

Gua Gilap via Instagram @gissska
Gua Gilap via Instagram @gissska

Gua Gilap atau Song Gilap secara administratif terletak di Desa Gebangharjo, masih satu area dengan Museum Kars Dunia. Selain dipenuhi stalagtit dan stalagmit, gua ini merupakan salah satu bukti kehidupan zaman pra sejarah dengan ditemukannya sejumlah fosil zaman purba. Kedalaman gua di Wonogiri ini sekitar 50 meter, dengan bagian bawahnya terdapat ceruk besar. Nama Gilap yang berarti gemerlap diambil dari perwujudan payung milik Roro Denok, putri Majapahit yang melarikan diri ke area ini dari kejaran pasukan kerajaan Padjajaran.

Gua Tembus

Gua Tembus via Instagram @dwi_bandids
Gua Tembus via Instagram @dwi_bandids

Gua di Wonogiri ini terletak di bagian paling luar dari Museum Kars Dunia tepatnya di dekat portal tiket museum. Gua Tembus ini memang menembus bukit kapur di kawasan ini dari satu sisi ke sisi lainnya. Selain itu, gua ini istimewa karena merupakan gua mati ditandai dengan tidak ada lagi air yang menetes. Gua Tembus memiliki panjang kurang lebih 200 meter dengan lebar setidaknya 5 meter dan ketinggian sekitar 7 meter. Terdapat semacam lubang bagai pintu di salah satu sisi gua, Teman Traveler bisa melihat pemandangan luar dari sini.

Gua Potro Bunder

Gua Potro Bunder via Instagram @arsyad_ibnu
Gua Potro Bunder via Instagram @arsyad_ibnu

Gua di Wonogiri selanjutnya adalah Potro Bunder, berjarak kurang lebih 600 meter dari Museum Kars Dunia. Gua ini pun menembus bukit, sehingga sering disebut memiliki pintu masuk dan keluar yang berbentuk unik. Dengan kedalaman sekitar 100 meter, Teman Traveler harus menyiapkan penerangan karena keadaan begitu gelap. Termasuk gua kering, area ini dipercaya mempunyai nilai spiritual tinggi yang sering dijadikan tempat bertapa.

Setidaknya itulah gua-gua di Wonogiri yang masih berada dalam area Museum Kars Dunia di kecamatan Pracimantoro. Selain menikmati keindahan gua, dapat pula mengetahui lebih detail tentang bebatuan kars di museumnya. Teman Traveler ada yang suka jelajah gua? Next

ramadan
Penginapan dekat Pantai Senggigi

Mau Berlibur ke Lombok Sambil Menyaksikan Senggigi Sunset Jazz? Pilih Penginapan Murah Ini Yuk!

Taman Bungkul

Taman Bungkul, Tempat Ngadem di Tengah Panasnya Kota Surabaya