in ,

Mengintip Jernihnya Air dan Heningnya Gua Kristal di Kupang

Wisata Kupang yang tersembunyi, Gua Kristal

Sudah bukan rahasia, kadang hasrat ingin refreshing langsung hilang ketika tempat wisata yang dituju dibanjiri pengunjung. Bukannya rileks, yang ada malah stress karena banyaknya orang yang datang. Karenanya, berkunjung ke lokasi-lokasi indah yang masih perawan selalu menjadi tantangan dan kepuasan tersendiri. Kupang punya salah satunya, nih.

Baca juga : Dua Tanjung Keren di Lombok: Tanjung Perak dan Tanjung Cina

Letaknya Tersembunyi dan Masih Alami

Pintu masuk Gua Kristal, Kupang
Pintu masuk Gua Kristal, Kupang [image source]
Kupang sebagai Ibukota Nusa Tenggara Timur dikenal dengan cuaca panasnya. Wisata air seperti pantai dan air terjun sangat digemari di daerah ini. Ada yang baru dari Kupang, yaitu Gua Kristal berlokasi di desa Bolok, 45 menit perjalanan dari kota. Tak banyak yang tahu, foto-fotonya pun belum banyak beredar di sosial media. Justru inilah yang membuatnya lebih menantang. Selain lokasinya masih sangat sepi, tempatnya pun alami. Lihat saja, pintunya saja tersembunyi. Wah, ini akan menjadi petualangan yang seru!

Pintu masuk Gua Kristal
Pintu masuk Gua Kristal [image source]

Gua dengan Air Sejernih Kristal

Wisata tersembunyi, Gua Kristal
Wisata tersembunyi, Gua Kristal [image source]
Pintu masuk berupa gua masih sangat alami. Mungkin yang terbayang, tempat ini sangat menyeramkan, apalagi dengan kondisi yang gelap gulita. Karena masih alami, jangan harap ada penerangan di dalamnya. Namun, hanya butuh beberapa langkah, kamu akan dibuat takjub dengan kolam berisi air jernih di dalamnya. Warnanya akan berkilau biru jika terkena pancaran sinar matahari dari sela-sela batu yang menjadi atapnya. Waktu paling tepat datang ke sini adalah pagi hingga siang hari. Bawa tambahan penerangan, seperti senter, ya.

Air jernih dan biru di Gua Kristal
Air jernih dan biru di Gua Kristal [image source]

Airnya Sangat Jernih dan Memanggil untuk Berenang

Gue Kristal di Kupang
Gua Kristal di Kupang [image source]
Airnya yang jernih dan biru sangat mengundang untuk terjun. Rugi rasanya jika sudah sampai di Gua Kristal tapi tidak berenang. Siapkan baju ganti dari rumah karena di lokasi ini belum ada fasilitas untuk pengunjung sama sekali. Karena masih alami, waspadalah dengan bebatuan atau binatang yang mungkin tinggal di gua tersebut, ya. Selain baju ganti, kamu juga perlu menyiapkan bekal makanan dan minuman sendiri. Jangan lupa untuk membawa pulang kembali sampah-sampah yang kamu bawa.

Gua Kristal
Gua Kristal [image source]

Pantai di Sekitar Gua Kristal

Pantai Tablolong, Kupang
Pantai Tablolong, Kupang [image source]
Tak hanya Gunung Kidul-nya Jogja yang memiliki pantai indah, Kupang juga kaya akan wisata baharinya. Berjarak hanya 17 menit berkendara dari Gua Kristal, kamu sudah akan bertemu Pantai Namosain. Sunset di tempat ini dikenal sangat indah. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyaksikan warga lokal yang sedang membuat perahu, lho. Jika masih memiliki waktu luang, bisa juga berkunjung ke Pantai Tablolong yang memiliki pasir super putih.

Sunset di Pantai Namosain
Sunset di Pantai Namosain [image source]

Kuliner Kupang yang Wajib Coba

Daging Sei Khas Kupang
Daging Sei Khas Kupang [image source]
Belum lengkap liburanmu jika tak mencicipi kuliner setempat. Wajib nih hukumnya mencoba olahan daging se’i yang menjadi khas dari Kupang. Masakan ini biasanya menggunakan daging sapi atau babi, jangan lupa tanya dulu pada penjualnya, ya. Selain itu, ada juga Jagung Bose yang menjadi menu sarapan lokal yang tidak akan kamu temukan di daerah lainnya. Jangan lupa sambal segarnya. Duh, pasti nambah.

Jagung Bose
Jagung Bose [image source]
Gua Kristal

Lokasi: Bolok, Kupang Bar, Kupang, Nusa Tenggara Timur
(sekitar 100 meter dari Kantor Polisi Perairan Bolok)

Nah, sudah terbayang keseruan menjelajah Kupang dan berujung pada tempat secantik Gua Kristal ini, ya. Sebagai traveler yang bijak, sudah seharusnya menjaga kelestarian dan kebersihan tempat yang dikunjungi. Setuju, kan? Next

ramadan

4 Kolam Renang Hotel di Bali yang Biaya Masuknya Gratis

Kandang Gozilla

Kandang Gozilla, Tempat Wisata Murah Meriah di Sekitar Ibukota