in , , , , , ,

Gunung Seminung Lampung Barat, Surga bagi Penakluk Puncak Tertinggi

Keindahan Alam Lampung Barat Terpancar dari Pemandangan Lampung dari Atas Puncak Gunung Seminung

Pemandangan dari Puncak (c) Arif Hasbullah/Travelingyuk

Lampung selalu punya kejutan dari sisi keindahan alamnya. Banyak tempat-tempat apik nan eksotis yang bisa Teman Traveler kunjungi bersama teman sesama pendaki. Gunung Seminung merupakan salah satu spot yang wajib dikunjungi para penakluk puncak gunung. Berdasarkan informasi penduduk sekitar, gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.881 hingga 1.885 meter di atas permukaan laut.

Baca juga : Menyelam Sekaligus Uji Nyali di Banua Wuhu, Gunung Api Bawah Laut Sulawesi Utara

1. Lokasi Gunung seminung

Perjalanan dari Bandar Lampung via Google Maps

Seminung berlokasi di sebelah barat laut Kota Liwa, Lampung Barat. Gunung ini terletak di perbatasan antara Lampung dan Sumatera Selatan, oleh karena itu, beberapa wilayahnya menjadi Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat. Sementara yang lain berada di Ranau, Provinsi Sumatera Selatan. Ketika mendaki gunung ini, Teman Traveler bisa melihat dengan jelas danau terbesar kedua di Pulau Sumatera yaitu Danau Ranau.

Jika Teman Traveler berasal dari luar provinsi, kurang lebih memakan waktu hingga 5 sampai 6 jam dari pusat Kota Bandar Lampung dan 5 hingga 5,5 jam dari Bandara Raden Intan. Kalau Teman Traveler berangkat dari metro menggunakan kendaraan motor bersama pendaki yang lain, Teman Traveler cuma menghabiskan waktu sekitar 4 jam 45 menit. Ya tidak terlalu jauh lah untuk Mountain Warrior.

2. Fasilitas yang Tersedia

Pemandangan Danau Ranau (c) Arif Hasbullah/Travelingyuk

Fasilitas di gunung ini bisa dibilang belum cukup memadai karena belum terlalu sering dijamah pendaki. Tapi tenang, kalau hanya keperluan makan cepat saji seperti mie instan, kopi, dan lainnya, Teman Traveler bisa beli di warung warga sekitar di dekat lokasi yang terbilang cukup mahal. Para pendaki yang masih pemula, bisa meminta pendampingan guide lokal, atau yang biasa disebut “kuncen” (kuncen : orang yang sudah menguasai/paham dengan track lokasi).

3. Prakiraan Budget yang Diperlukan

Indahnya Danau dari Atas (c) Arif Hasbullah/Travelingyuk

Kalok urusan budget/biaya, wisata Gunung Seminung ini bisa jadi nominasi teratas. Cocok buat Teman Traveler yang ingin refreshing dengan modal kecil.

Berhubung lokasi gunung terbelah oleh Danau Ranau, Teman Traveler harus menyeberangi danau itu. Budget nya kira-kira Rp10.000 hingga Rp15.000, tergantung negosiasi, Perahu nya bermuatan 5 hingga 6 orang /perahu. Sebelum menyeberang, Teman Traveler biasanya membayar biaya penitipan kendaraan sebesar Rp10.000 rupiah, dan kalau Teman Traveler menggunakan mobil, biaya penitipan berkisar Rp20.000 hingga Rp50.000. Lagi-lagi tergantung negosiasi.

4. Tips

Awan Putih di Atas Pengunungan (c) Arif Hasbullah/Travelingyuk

Ada tips buat Teman Traveler yang berencana mengunjungi tempat ini. Jangan sampai ada yang terlewatkan ya.

Berangkat Sore Hari

Kalau memungkinkan, lebih baik Teman Traveler berangkat sekitar jam 16:00 sampai 17:00 agar saat Teman Traveler sampai disana saat malam, dan bisa merehatkan badan sejenak dengan sekedar bakar api unggun atau seduh kopi sambil gitaran. Beberapa jam kemudian kalau beruntung, Teman Traveler bisa lihat sunrise dari puncak Gunung Seminung.

Pakai Kendaraan Pribadi

Kendaraan umum yang ke arah gunung masih sangat jarang, sehingga Teman Traveler disarankan untuk membawa kendaraan pribadi, seperti motor, mobil, atau pick up karena nanti Teman Traveler bisa leluasa menikmati keindahan puncak gunung tanpa khawatir ketinggalan angkot lewat.

Bawa makan dari rumah

Nah yang satu ini penting banget, Teman Traveler disarankan untuk membawa mie instan, kopi, teh atau peralatan makan lain dari rumah sendiri. Kalaupun tidak ada, Teman Traveler bisa mampir sebentar di toko perlengkapan sebelum sampai ke lokasi karena makanan dan minuman di sekitar gunung terbilang mahal. Next

ramadan

Kampung Inggris Pare, Berwisata sambil Belajar Bahasa Inggris

Menu Kopi Unik, Nongkrong Asik sambil Ngopi di Asupan Kopi