in , , , ,

Gunung Fagradalsfjall Pertama Meletus Sejak 800 Tahun Lalu Menjadi Tontonan Warga

Gunung meletus menjadi tontonan warga di islandia

fi gunung fagradalsfjall

Pulau Islandia yang berada di sebelah Samudera Atlantik ini memiliki gunung yang meletus untuk pertama kali sejak 800 tahun lalu, yaitu Gunung Fagradalsfjall. Menariknya hal ini menjadi tontonan warga sekitar yang ingin melihat aliran lava. Yuk simak ulasan berikut.

Baca juga : Aktivitas di Kota Kuno Petra, Destinasi Wisata Pilihan Bebi Silvana di Yordania

Letusan Pertama Sejak 800 Tahun

letusan pertama sejak 800 tahun
Ilustrasi via instagram guidetoiceland

Gunung berapi Fagradalsfjall di Islandia ini meletus pada 19 Maret 2021 lalu merupakan letusan pertama sejak 800 tahun berlalu. Sebelumnya ribuan gempa kecil terjadi selama beberapa akhir pekan.

Awan merah menerangi langit malam setelah letusan sekitar 40 km dari ibu kota Reykjavik. Badan Meteorologi Islandia memperkirakan aliran laharnya meluncur sekitar 200 meter.

Letusan Tidak Membahayakan

letusan efusif
Ilustrasi via instagram arnarkristjans_photography

Letusan yang terjadi dikenal dengan letusan efusif yaitu ketika magma naik melalui permukaan dan lava perlahan mengalir keluar dari celah gunung berapi. Aliran lava yang stabil menjadikan letusan ini tidak membahayakan sekitar, orang bisa berada cukup dekat dengan gunung berapi tanpa banyak resiko.

Menjadi Tontonan Warga

Benar saja, setelah letusan mereda pada 20 Maret 2021 lalu banyak warga sekitar yang ingin melihat erupsi gunung ini. Lava mengalir, medan panas, dan awan mistik telah menarik pengunjung dan ilmuwan datang ke Semenanjung Reykjanes.

Kerumunan mulai berkumpul sepanjang akhir pekan untuk mengabadikan momen aliran lava dalam jarak aman, ada yang mengambil gambar, dan merekamnya menggunakan video drone. Bahkan ada pengunjung yang memasak dan memakan hotdog pada medan panas dekat letusan.

Rekomendasi Wisata di Islandia

gua vatnajokull rekomendasi
Ilustrasi via instagram simon.veronika

Selanjutnya ada rekomendasi wisata di Islandia yaitu Gua Es Vatnajokull merupakan gletser terbesar di Eropa. Gua ini terbentuk karena mencairnya es glasial. Es yang membentuk lorong-lorong ini tampak menakjubkan dengan warna biru. Disebabkan tidak adanya udara dalam es sehingga gua menyerap semua cahaya, kemudian menimbulkan pantulan biru. Tertarik mengunjunginya Teman Traveler?

Demikian ulasan Gunung Fagradalsfjall yang meletus pertama sejak 800 tahun beserta rekomendasi wisatanya. Bisa dijadikan referensi saat Teman Traveler datang ke Islandia. Next

ramadan
Wrapped Lobby Lounge

Wrapped Lobby Lounge Bali, Makan di Hotel Berbintang dengan Harga Murah

fi pameran artefak rasulullah

Wisata Sejarah Islam Melihat Pameran Artefak Rasulullah di Jakarta Islamic Center