in , ,

Gunung Guntur yang Penuh Kejutan, Salah Satunya Punya 5 Puncak

Waduh, kejutannya kira-kira apa ya?

Wisata Jawa Barat tak hanya terkenal dengan curug. Tapi juga gunung yang pesonanya tak kalah indah dengan milik Jawa Tengah dan Timur. Buktinya, ada salah satu gunung di Garut yang punya beberapa kejutan bagi para pendaki. Namanya adalah Gunung Guntur. Kalau ingin tahu bagaimana kejutannya, bisa simak ulasan berikut.

Baca juga : Seru-seruan Wisata Outbound di Jogja Bareng Teman, Biar Lebih Kompak dan Setia Kawan!

Trek Menantang Saat Pendakian

Gunung Guntur
Kondisi trek di Gunung Guntur (c) Muhammad Sabilurrosyad/TravelingYuk

Jalur menuju puncak Gunung Guntur sudah menantang sejak awal. Kalian akan banyak melewati jalan berbatu yang dikelilingi oleh pohon-pohon tinggi. Rasa lelah kemungkinan akan ada ketika kalian telah melewati pos satu. Ini dikarenakan trek mulai menanjak. Maka dari itu, di saat seperti ini kalian harus lebih berhati-hati dalam memilih pijakan.

Ada Banyak Curug yang Dilewati

Gunung Guntur
Aliran air dari curug di sekitar trek pendakian (c) Muhammad Sabilurrosyad/TravelingYuk

Meskipun memiliki jalur yang cukup ekstrem, Gunung Guntur punya cara untuk menghibur para pendaki. Yaitu ada banyak curug yang dapat dinikmati sepanjang perjalanan menuju puncak. Jadi, para petualang gunung bisa mampir ke curug untuk cuci muka atau sekedar istirahat supaya badan bugar kembali.

Banyak Fasilitas yang Memanjakan Pendaki

Salah satu fasilitas (c) Muhammad Sabilurrosyad/TravelingYuk

Selain air terjun, Gunung Guntur juga manjakan pendaki dengan beberapa fasilitas di setiap pos pemberhentian. Pertama, ada penjual barang-barang yang akan memenuhi kebutuhan logistik pendaki. Jadi, Teman Traveler tak perlu bingung apabila ada barang yang ketinggalan.

Kemudian yang kedua ada fasilitas toilet dan juga toko oleh-oleh berupa aksesoris di pos 3. Uniknya lagi, di sana juga ada penyewaan tenda. Hal ini tentu akan memanjakan para pendaki karena tak perlu membawa tenda. Alhasil, mendaki jadi lebih nyaman dan punggung tidak pegal.

Gunung Guntur Punya Banyak Puncak

Pemandangan Kota Garut dari Pos 3 Gunung Guntur (c) Muhammad Sabilurrosyad/TravelingYuk

Gunung yang ada di Garut ini juga punya kejutan lain untuk para pendaki. Yaitu, gunung tersebut mempunyai lima puncak di atasnya. Namun, hanya ada tiga puncak yang bisa didaki.

Rute menuju puncak pun akan lebih menantang dibanding yang diceritakan di awal. Treknya penuh pasir dan juga batu yang rentan membuat pendaki terpeleset. Tapi, asalkan kalian berhati-hati, kecelakaan kecil seperti itu tidak akan terjadi. Next

ramadan

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Suasana di Carik Cenik Malang

Carik Cenik, Usung Konsep Ngopi di Kebun yang Asyik

5 Minuman Pemuas Dahaga Yang Bikin Harimu Segar Membahana