in , ,

Serunya Mendaki Gunung Lembu di Purwakarta, Ketahui Hal Penting Ini

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mendaki Gunung Lembu

Gunung menjadi salah satu destinasi wisata yang terkadang menantang namun punya panorama indah. Buat pendaki pemula, Gunung Lembu di Purwakarta merupakan salah satu yang bisa jadi alternatif. Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memulai petualangan di wisata Purwakarta ini. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Baca juga : Keasrian Alam di Jurang Senggani, Sendang Tulungagung

Mengapa Dinamakan Lembu

Gunung Lembu Purwakarta
Pemandangan Sektiar (c) Helga Christina/Travelingyuk

Mungkin Teman Traveler ada yang mengira nama gunung ini berasal dari lembu alias sapi. Namun bukan itu, disebut demikian sebab terdapat sebuah batu besar yang bentuknya mirip dengan punuk lembu.

Gunung Lembu berada pada ketinggian 792 mdpl. Apabila mengacu pada literasi, maka area ini masih belum dikategorikan sebagai gunung melainkan bukit. Namun bukit ini memang lebih dikenal dengan sebutan Gunung Lembu.

Lokasi Gunung Lembu

Bermain dengan Anjing (c) Helga Christina/Travelingyuk

Lokasi Gunung Lembu berada di Kampung Panunggal, Desa Panyindang, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat. Persis sekali berada di atas Waduk Jatiluhur. Sehingga tidak sedikit orang yang datang karena penasaran untuk melihat keindahan Waduk Jatiluhur dari puncak gunung.

Terdapat 3 Pos Pendakian

Gunung Lembu Purwakarta
Gunung Lembu (c) Helga Christina/Travelingyuk

Terdapat 3 post pendakian yang harus dilewati. Pada beberapa titik jalur pendakian tersebut terdapat saung yang menyediakan makanan dan minuman bagi pendaki. Bagi saya seorang pemula, gunung ini cukup melelahkan untuk didaki.

Tidak perlu waktu berhari-hari untuk mencapai puncak, hanya 3 sampai 4 jam apabila berjalan tanpa henti. Ditambah lagi pemandangan selama perjalanan tidak akan pernah terlupakan.

Jalur Pendakian Agak Menantang

Gunung Lembu Purwakarta
Waduk Jatiluhur (c) Helga Christina/Travelingyuk

Jalur pendakian Gunung Lembu ini sesekali ada yang sangat curam, berbatu, licin, dan tanah yang tidak stabil. Namun kebanyakan sudah banyak tangga, jalan yang disemen, dan pegangan yang membuat pendakian lebih mudah.

Biarpun menantang untuk pendaki pemula, mungkin ini adalah medan yang cukup ringan. Selain itu tidak perlu khawatir tentang fasilitas, tersedia musala dan warung makan di sepanjang jalur pendakian. Di puncak gunung juga ada pondok yang berfungsi sebagai musala.

Tips Mendaki Gunung Lembu

Perjalanan Menuju Gunung Lembu (c) Helga Christina/Travelingyuk

Tiket masuk Gunung Lembu sekitar Rp10 ribuan. Bila menyewa jasa porter, tambah lagi budget kurang lebih Rp100 ribuan per orang. Buat Teman Traveler yang mau mendaki gunung ini, terdapat beberapa tips yang bisa diikuti:

  • Menggunakan sepatu gunung untuk memudahkan perjalanan
  • Membawa jas hujan
  • Bila menginap dan memasang tenda, pastikan membawa bekal makan dan minum yang cukup
  • Jangan pernah memberi makan kera liar
  • Jangan meletakkan persediaan makanan atau sampah di luar tenda, karena akan dihabiskan dan diobrak-abrik oleh kera liar
  • Bawa kembali sampah saat turun gunung
  • Perhatikan langkah setiap ingin berfoto, dan waspada terhadap hembusan angin saat berada di sekitar Batu Lembu

Itulah hal-hal penting yang perlu diketahui jika hendak mendaki Gunung Lembu di Purwakarta. Teman Traveler sempatkan untuk bertualang ke sini, ya. Next

ramadan

Written by Helga Christina

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

5 Air Terjun Sumba dengan Keindahan Menakjubkan

Bertualang di Kawah Wurung Bondowoso, Mirip Savana New Zealand