in ,

Gunung Leuser Aceh, Belantara Langka yang Seliar Amazon

Pendakian Gunung Leuser Aceh

Gunung Leuser
Gunung Leuser

Gunung Leuser di Aceh memiliki keunikan dan keistimewaan. Selain itu, pemandangan alamnya juga keren. Itulah mengapa, destinasi wisata ini jadi primadona di kalangan para pendaki. Seperti apa pesonanya? Simak ulasan berikut.

Baca juga : Olahan Kambing di Berbagai Daerah Indonesia, Inspirasi Masakan Idul Adha

1.  Situs Warisan Dunia

Mendaki Gunung Leuser
Mendaki Gunung Leuser via Instagram/@kementerianlhk

Sama seperti Semeru, Gunung Leuser juga termasuk salah satu yang tertinggi di Indonesia. Siapa sangka jika dunia memperhatikannya. Di tahun 1981 UNESCO menetapkan Leuser sebagai Cagar Biosfer dan menjadikannya sebagai situs warisan dunia pada tahun 2004. Cagar Biosfer adalah area yang masih berupa ekosistem asli yang dijaga kelestariannya untuk kepentingan penelitian dan pendidikan.

2. Ekosistem Alam Lengkap

Habitat Gajah
Habitat Gajah via Instagram

Ada dua puncak di Gunung Leuser yaitu puncak Loser dengan ketinggian 3404 mdpl dan Leuser itu sendiri yang setinggi 3119 mdpl. Di dalam eskosistemnya, terdapat banyak sekali binatang mulai dari harimau Sumatera, badak, siamang, kera, hingga ratusan spesies burung. Keragaman itulah yang membuat gunung ini jadi perhatian dunia.

3. Beragam Hutan yang Menantang

Ekosistem di Gunung Leuser
Ekosistem di Gunung Leuser via Instagram

Selain fauna yang beragam, tumbuhannya juga banyak jenisnya. Termasuk area hutan bakau dan hutan lumut. Jika beruntung, kamu akan bisa menemukan pohon yang sedang berbuah seperti durian, rambutan, hingga jambu biji. Karena keliarannya ini, sebaiknya kamu mendaki dengan ditemani oleh pemandu berpengalaman.

4. Jalur Pendakian Jauh

Jalur Pendakian Gunung Leuser
Jalur Pendakian Gunung Leuser via Instagram/@bougetonglobe

Pendakian ke gunung ini membutuhkan waktu yang lama. Siapkan perbekalan yang cukup. Tubuh juga harus fit dan sehat serta jangan sekali-kali memaksakan kehendak. Lelahmu akan terbayar begitu sampai di Puncak Loser. Jika ingin lanjut ke Puncak Leuser masih harus berjalan lagi selama enam jam.

Kondisi alam di Taman Nasional Gunung Leuser dianggap langka dan banyak yang menyamakannya dengan belantara Amazon atau Kongo di Afrika. Kamu punya nyali untuk mendaki gunung ini? Next

ramadan
Danau di papua

Danau di Kolong Langit Papua, Tersembunyi dan Jadi Primadona

Via Instagram ba_sigenthong

Bungker Sampai Alam yang Menakjubkan, Begini Pesona Kaliadem Sleman