in ,

Bungker Sampai Alam yang Menakjubkan, Begini Pesona Kaliadem Sleman

Kaliadem Selman dengan Ragam Pesona yang Sulit Ditampik

Via Instagram ba_sigenthong
Via Instagram ba_sigenthong

Kaliadem adalah daerah yang sangat pas untuk melihat gagahnya Gunung Merapi. Pasalnya, Kaliadem merupakan lokasi yang sangat dekat dengan Merapi. Para traveler bisa melihat berbagai keindahan yang ditawarkan oleh Gunung Merapi dari jarak yang lebih dekat. Kaliadem Sleman ini adalah lokasi yang perlahan-lahan sudah kembali cantik pasca Erupsi 2010 yang lalu.

Baca juga : Paling Setia Kunjungi Indonesia, Ini Empat Destinasi Favorit Turis Tiongkok

Kaliadem sebenarnya adalah sebuah desa wisata yang lokasinya berada di kaki Gunung Merapi. Tepatnya berada di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Lokasinya sekitar 35 kilometer dari pusat Kota Jogjakarta. Yuk ulas lebih jauh mengenai Kaliadem ini.

Saksi Bisu Bencana 2006 dan 2010

Saksikan kegagahan Gunung Merapi, Via Instagram randynurrohman
Saksikan kegagahan Gunung Merapi, Via Instagram randynurrohman

Kaliadem merupakan saksi bisu terjadinya bencana hebat yang melanda area sekitaran Gunung Merapi di tahun 2006 yang lalu. Tak berhenti di situ saja, Kaliadem juga menjadi saksi ratanya area sekitaran Gunung Merapi di tahun 2010. Alam di sekitar Kaliadem porak-poranda dan rata dengan tanah. Bahkan kala itu puluhan nyawa melayang karena erupsi Gunung Merapi.

Melihat Lebih Dekat Gagahnya Merapi

Kaliadem dengan ragam pesona yang menakjubkan, Via Instagram yuliananurta
Kaliadem dengan ragam pesona yang menakjubkan, Via Instagram yuliananurta

Namun sekarang ini, Kaliadem perlahan namun pasti sudah bertransformasi kembali cantik. Kamu bisa datang ke lokasi ini karena memang menyuguhkan pemandangan alam yang begitu mempesona.

Alam yang begitu istimewa, Via Instagram masmeya
Alam yang begitu istimewa, Via Instagram masmeya

Kamu bahkan bisa melihat lebih dekat gagahnya Gunung Merapi yang jika marah mampu meporak-porandakan alam di sekitarnya. Alamnya juga begitu asri dan istimewa, tidak salah jika Kaliadem banyak dikunjungi traveler.

Sensasi Wisata Bungker

Menyusuri Kaliadem dengan jeep, Via Instagram hafizzainall
Menyusuri Kaliadem dengan jeep, Via Instagram hafizzainall

Tidak hanya mengecap keindahan Gunung Merapi dari jarak yang lebih dekat, kamu juga bisa berwisata di sekitaran bungker yang juga menjadi saksi bisu ganasnya awan panas atau wedhus gembel dari gunung. Bungker ini memiliki kedalaman 3 meter dengan luas 12 x 8 meter. Saat ini bungker tersebut sudah dibersihkan dan dicat putih, di depan pintu juga diberi prasasti mengisahkan riwayat dari bungker tersebut. Wisata bungker yang patut untuk dicoba.

Pulang Ngopi di Kopi Klotok

Menikmati kopi di Kopi Klotok, Via Instagram liaslm
Menikmati kopi di Kopi Klotok, Via Instagram liaslm

Usai pulang berjelajah di Kaliadem, bisa melipir ke Kopi Klothok Pakem yang terdapat di Jl. Kaliurang Kilometer 16, Pakembinangun, Pakem, Sleman. Kamu bisa menyesapi kelezatan segelas kopi di tengah asrinya area persawahan sembari melihat panorama Gunung Merapi. Tak hanya kopi saja, banyak suguhan lain yang bisa dicicipi.

Ke berbagai destinasi wisata kekinian di Jogja sudah terlalu mainstream. Mari sesekali melihat kegagahan Gunung Merapi dari jarak yang lebih dekat di Kaliadem. Yuk kemasi ranselmu dan mari berangkat ke Kaliadem. Next

ramadan
Gunung Leuser

Gunung Leuser Aceh, Belantara Langka yang Seliar Amazon

Via Instagram @anittaa____

Bukit Gandrung Kediri, Padu Padan Alam dan Destinasi Kekinian