in , ,

Gunung Prau Wonosobo, Keindahannya Tak Terbantahkan

Gunung ini kerap disebut lukisan tuhan

Di Wonosobo ada sebuah gunung yang sangat memikat para pendaki di Indonesia. Namanya adalah Gunung Prau yang sudah menjadi target pendakian dari tahun 2014 silam. Bukan tanpa alasan mengapa gunung satu ini sangat disukai. Keindahan yang ada pada gunung dan pemandangan sekitarnya yang menjadi alasan kuatnya. Apabila kalian penasaran, bisa simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Monumen Penjara Banceuy, Mengenang Momen Kelam Bung Karno

Dikelilingi oleh Banyak Gunung

gunung prau
View dari Guung Prau (c) Al Vin/Travelingyuk

Gunung yang berada di Jawa Tengah tersebut, punya pemandangan menakjubkan di sekitarnya. Adalah banyaknya gunung yang bisa Teman Traveler saksisan dengan jelas menggunakan mata telanjang. Di sebelah selatan ada Gunung Sumbing dan Sindoro. Sedangkan di bagian barat terdapat Gunung Slamet.

Pemandangan Lain yang Tak Kalah Menakjubkan

Gunung Prau
View Sunset (c) Al Vin/Travelingyuk

Selain gunung, terdapat beberapa pemandangan cantik yang bisa kalian lihat. Seperti Telaga Warna dan beberapa bukit yang ada di sekitarnya. Di sana kalian juga bisa melihat fenomena sunrise dan sunset dari ketinggian tertentu. Tak perlu sampai puncak untuk memandang itu semua, di kawasan camping ground, tepatnya di ketinggian 2565 meter, fenomena indah tersebut sudah jelas terlihat.

Terdapat Bunga Cantik di Gunung

Gunung Prau
Pemandangan pagi hari (c) Al Vin/Travelingyuk

Di Gunung Prau juga ada bunga-bunga cantik yang menghiasi. Bukan edelweis, melainkan Bunga Daisy dan ilalang yang dapat Teman Traveler temukan di jalur pendakian. Biasanya, di spot-spot inilah, para pemburu fotografi banyak menghabiskan waktu.

Kalau ingin lebih cantik, datanglah pada pertengahan tahun. Ini karena di waktu-waktu tersebut terdapat fenomena Bediding, yang mana bunga es akan menyelimuti rumput dan ilalang.

Rekomendasi Waktu untuk Mendaki

Kondisi camping ground (c) Al Vin/Travelingyuk

Bagi kalian yang ingin melihat matahari terbit dan terbenam, ada rekomendasi waktunya. Untuk kalian yang ingin melihat sunrise, bisa memulai pendakian pada jam 01.00 dini hari supaya sampai puncak pada jam 04.00 pagi. Sementara yang ingin menyaksikan sunset, kalian memulai pendakian di jam 14.00 agar bisa sampai jam 17.00.

Begitulah sedikit gambaran tentang keindahan Gunung Prau di Wonosobo. Tapi, sebelum mendaki, pastikan dulu peralatan yang kalian bawa tak ada yang tertinggal. Kemudian, jangan sampai mengabaikan kondisi fisik, agar tak ada kendala pada saat mendaki. Next

ramadan
taman hutan kota pare

Taman Hutan Kota Pare, Wisata Baru dan Gratis

Gedung Djoeang 45

Gedung Djoeang 45, Wisata Baru ala Eropa di Solo