in ,

5 Gunung Untuk Pendaki Pemula, Langkah Awal Menjadi Dimitri dan Mathilda

Lima Gunung Untuk Pendaki Pemula

Urusan mendaki gunung kini tak hanya didominasi kaum adam. Karena mendaki gunung tak mengenal gender asal ada kemauan. Tanya saja kepada Fransiska Dimitiri dan Mathilda Dwi, dua orang srikandi UNPAR, yang sedang melakukan perjalanan menaklukan gunung tertinggi di tujuh benua atau lebih dikenal dengan Seven Summits. Jika kamu ingin seperti mereka, bisa mulai lakukan pemanasan di lima gunung untuk pendaki pemula yang ketinggiannya di bawah 3.000 mdpl ini.

Baca juga : 5 Tempat Terbaik 2018 Versi Time Magazine, Sekeren Apa Sih?

1. Gunung Gede

Pemandangan dari Gunung Gede via instagram/@imunks

Jika berada di kawasan Ibukota atau Jawa Barat, kamu harus mencoba pemansan di Gunung Gede. Ketinggiannya mencapai 2.958 mdpl dan termasuk dalam kawasan Taman nasional Gunung Gede Pangrango. Tempat ini juga tidak terlalu jauh dari Jakarta, Bandung, Sukabumi, dan Bogor.

2. Gunung Prau

Salah satu pendaki perempuan yang sedang berfoto di Gunung Prau via instagram/@dindahape

Gunung Prau terletak di Dataran Tinggi Dieng. Karakteristiknya masuk ke dalam gunung untuk pendaki pemula, perjalanan menuju titik tertingginya hanya memerlukan waktu tiga jam dengan berjalan kaki. Reputasi Gunung Prau juga telah mulai dikenal semenjak 2013 lalu dan makin banyak pendaki yang datang. Puncaknya berbukit-bukit dan diselimuti oleh savana.

3. Gunung Ijen

Kawah Ijen saat tidak tertutup kabut via instagram/@nugrahanto_

Gunung untuk pendaki pemula berikutnya berada di Kabupaten Banyuwangi dan memiliki ketinggian 2.443 mdpl. Perjalanannya paling lama hanya memakan waktu 4-5 jam hingga mencapai puncak. Tapi jangan khawatir, sesampainya di atas kamu akan disambut oleh keindahan Kawah Ijen yang magis.

4. Gunung Papandayan

Pendaki yang sedang berfoto di sekitar edelweiss via instagram/@ekarahayu_

Papandayan berada di Provinsi Jawa Barat dengan ketinggian 2.265 mdpl. Kurang lebih selama lima jam perjalanan, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam Jawa Barat yang memesona. Sebelum mencapai puncak, jangan lupa mengunjungi Tegal Alun. Sebuah tanah lapang sebesar 32 hektar yang berisi bunga edelweiss

5. Gunung Batur

Matahari terbit di Gunung Batur via instagram/@fbmtour

Berada di Bangli, Gunung Batur memiliki ketinggian 1.717 mdpl. Gunung ini termasuk dalam bagian Cincin Api Nusantara. Durasi perjalanannya hanya sekitar tiga jam saja. Jalurnya cukup rapi dengan medan berupa batu dan pasir vulkanis. Dari puncaknya, kamu dapat menikmati tiga gunung sekaligus. Yaitu Gunung Abang, Gunung Agung, dan Gunung Rinjani.

Sebelum mendaki ke Semeru atau Rinjani, lebih baik lakukan pemanasan terlebih dahulu. Kelima gunung yang telah disebutkan di atas dapat menjadi opsi. Tergantung dengan di mana tempat tinggalmu. Ngomong-ngomong, gunung mana yang ingin kamu daki?

  Next

ramadan

6 Tempat Sop Sumsum Enak di Jakarta, Sedot-sedot Kenikmatannya

Dawet Sambel

Unik, Kulon Progo Punya Kuliner Enak Berisi Dawet Sambel