in , ,

Jelajah Hits dan Instagramable Halong Bay Vietnam dengan Cruise

Menelusuri rangkaian pulau Vietnam

Banyak negara-negara Asia yang menjadi salah satu tujuan favorit travelers dari Indonesia, salah satunya adalah Vietnam. Berbagai macam tujuan wisata dan kegiatan bisa ditemukan di Vietnam, mulai dari pantai, pegunungan, dan padang pasir. Salah satu tujuan wisata yang menjadi favorit untuk dikunjungi tentu saja Halong Bay.

Baca juga : 4 Wisata Tutup karena Menelan Korban, Ada yang Terbengkalai Hingga Kini

Sekilas Tentang Halong Bay Vietnam

dsc00171__2__nJh.JPG
Salah satu pulau di Halong Bay (c) Desi Tri/Travelingyuk

Halong Bay terletak di timur laut Vietnam, tepatnya di Provinsi Quang Ninh. Destinasi ini ditetapkan sebagai UNESCO World Heritage Site. Luas Halong Bay sekitar 1.500km2 dan memiliki lebih dari 1600 pulau besar dan kecil. Karena pulau-pulau yang ada merupakan kepulauan kapur dan memiliki kontur yang terjal dan tandus, tidak ada satupun daratan di sini yang dapat dihuni.

Menurut legenda, para dewa mengirimkan naga-naga untuk melindungi rakyat Vietnam dari para penjajah. Naga-naga tersebut memuntahkan permata untuk menghalangi para penjajah dan naga-naga tersebut kemudian menetap di kawasan Halong Bay yang dipercaya menjadi pulau-pulau yang tersebar di area tersebut.

halong_bay_qzk.png
Salah satu cruise melintas di kawasan Halong Bay (c) Desi Tri/Travelingyuk

Jika anda berkunjung ke Vietnam dan memilih penerbangan ke Hanoi, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Halong Bay. Untuk mencapai sini diperlukan waktu sekitar 3-4 jam berkendara dari Hanoi. Ada beberapa alternatif untuk mencapai tempat ini, bisa dengan bus atau memilih paket tour. Umumnya travelers akan memilih paket dengan menjelajah Halong Bay dengan cruise. 

Ada berbagai macam pilihan tur dengan cruise, mau menginap ataupun tidak. Untuk menginap di cruise, ada beberapa opsi, salah satunya paket 2D1N. Harga paket bervariasi, tergantung dari fasilitas dan kegiatan yang ditawarkan, mulai dari USD 100.

Untuk paket tersebut sudah termasuk makan selama di kapal plus antar jemput hotel di kawasan Hanoi ke Halong Bay dan tiket masuk ke tempat wisata. Berikut ulasan secara singkat itinerari saya di sini.

Hari ke1 Perjalanan Hanoi – Dermaga Halong

dsc_2408__2__6ac.JPG
Halong Bay dari arah Tung Sot Cave (c) Desi Tri/Travelingyuk

Pihak tur menjemput kami dari hotel yang terletak di kawasan Kota Tua Hanoi dengan menggunakan kendaraan van ber-AC dan mendapat 1 botol air mineral. Dalam perjalanan kami akan bersama dengan group lain yang akan menginap di cruise yang sama. Selama perjalanan kami, berhenti satu kali di tempat peristirahatan berupa tempat kerajinan.

Setelah sampai di dermaga Halong, kami menuju cruise dengan menggunakan perahu kecil. Setelah berangkat dan menunggu hidangan makan siang siap, guide memberikan informasi dan pengarahan mengenai Halong Bay dan kegiatan-kegiatan yang ada. Setelah makan siang dilakukan pembagian kunci kamar dan beristirahat sebentar.

Biasanya dari pihak tur/cruise, mereka akan menanyakan preferensi atau pantangan untuk makanan bagi peserta. Jadi bagi Anda yang Muslim tidak perlu khawatir, bisa request untuk makanan vegetarian dan seafood

dsc_2270__2__AUP.JPG
Dermaga Halong (c) Desi Tri/Travelingyuk

Setelah menyimpan barang dan beristirahat sebentar, kegiatan dilanjutkan dengan berhenti di sebuah tempat yang merupakan budidaya mutiara. Di sini kita mendapatkan penjelasan mulai dari pemilihan kerang yang akan ditanami bibit mutiara, proses panen, hingga pengolahannya menjadi perhiasan.

dsc_2300__2__VmT.JPG, halong bay
Halong Bay Pearl Farm (c) Desi Tri/Travelingyuk

Kayaking

img_20181022_wa0040__2__frI.jpg, halong bay
Kayaking (c) Desi Tri/Travelingyuk

Setelah kunjungan ke tempat budidaya mutiara selesai, kami kembali ke cruise. Kami diajak untuk melakukan aktivitas yang tak kalah seru, yakni kayaking. Kami kemudian berpindah menggunakan perahu kecil untuk memulai kayaking. Jika anda belum pernah melakukannya, Anda akan diberikan pengarahan dan contoh oleh instruktur sebelum memulai kayaking, jadi jangan takut untuk mencoba!

dsc00229__2__raD.JPG, halong bay
Suasana di malam hari (c) Desi Tri/Travelingyuk

Setelah selesai kayaking dan kembali ke cruise, kami dipersilahkan untuk beristirahat dan bersih-bersih sampai waktu makan malam. Setelah makan malam adalah acara bebas dan pihak tour memfasilitasi aktivitas seperti memancing atau karoke.

Untuk memancing dilakukan di dek bawah belakang kapal cruise dengan menggunakan joran dan bisa bergantian dengan peserta lain. Bagi yang memilih karoke, kegiatan ini dilaksanakan di ruang makan. Peserta juga bisa memilih untuk bersantai di ruang makan atau dek atas atau di kamar masing-masing.

Hari ke-2 Mengunjungi Tung Sot Cave (Amazing Cave)

dsc_2396__2__3Bf.JPG, halong bay
Tung Sot Cave (c) Desi Tri/Travelingyuk

Untuk aktivitas hari ini kami mengunjungi Tung Sot Cave (Amazing Cave) setelah sarapan. Untuk sampai di pulau tempat gua ini berada, kembali kami berpindah ke perahu kecil. Dengan cuaca yang masih hujan, tangga menuju pintu masuk gua sedikit licin sehingga kami harus berjalan perlahan dan berhati-hati.

Di dalam gua sendiri sudah tersedia pathwalk yang tertata rapi untuk pengunjung yang dibuat searah. Di dalam gua terdapat banyak stalaktit dan stalagmit dan bebatuan dengan berbagai macam bentuk. Untuk mengitari gua ini diperlukan waktu kira kira satu jam dan setelah selesai kami keluar disambut dengan pemandangan ke arah gugusan Halong Bay yang sangat cantik.

Kami kemudian kembali ke cruise untuk bersih-bersih dan bersiap siap untuk check out. Setelah mengeluarkan barang-barang dari kamar, kami makan siang sementara cruise mengarah kembali ke dermaga dan melanjutkan perjalanan kembali ke Hanoi.

Itulah perjalanan kami dalam menyusuri destinasi favorit Vietnam. Tertarik mencoba? Next

ramadan

Seupan Tales, Jajanan Tradisional Bogor yang Tak Bikin Tekor

Goa Maria Sendangrejo, Petualangan Rohani Menakjubkan di Kota Blitar