in , ,

Seupan Tales, Jajanan Tradisional Bogor yang Tak Bikin Tekor

Jajanan yang mulai jarang ditemui nih

Bogor ternyata mempunyai banyak ciri khas di dalamnya. Selain mendapat julukan sebagai surganya curug, kota ini juga memiliki makanan khas yaitu Seupan Tales. Mungkin bagi Teman Traveler yang berada di luar Bogor agak asing dengan kuliner satu ini. Namun, begitu kalian mencicipinya, dijamin akan langsung ketagihan. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga : Restoran ‘Tenggelam’, Sensasi Makan di Bawah Laut

Asal Muasal Penamaan Seupan Tales

seupan tales
Umbi talas setelah dipisahkan dari kulit luar (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Kata Seupan berasal dari bahasa Sunda yang artinya kukus. Jadi, Seupan Tales bisa diartikan menjadi talas kukus. Selain di Kota Bogor, Seupan Tales ini bisa kita jumpai juga di wilayah Cimahi dan Bandung. Untuk di Cimahi, kalian bisa mencicipi di Jl. Jendral Sudirman G 110, Baros.

Jajanan Tradisional yang Mulai Langka

seupan tales
Penjual di wilayah Cimahi (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Keberadaan makanan ini di area Bandung – Cimahi ternyata bisa dikategorikan langka, Kang Angga sebagai salah satu penjual di Cimahi mengatakan, “Penjual Seupan Tales yang pake mobil kaya saya gini, di sekitaran Bandung – Cimahi cuma ada 4 orang, sisanya ada yang jualannya pake gerobak dorong tapi jumlahnya sedikit”.

Proses Pembuatan Jajanan

seupan tales
Umbi talas dikupas (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Proses pembuatan umbi talas hingga menjadi seporsi Seupan Tales begitu sederhana. Dimulai dari pemisahan umbi talas dari kulit luar. Kemudian dibersihkan lagi, supaya umbi menjadi lebih bersih. Jika sudah, umbi dipotong kecil-kecil dan dikukus. Setelah itu, umbi yang sudah dikukus akan disajikan bersama parutan kelapa dan gula aren. Untuk dapat menikmatinya, kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp10.000.

eeb188c8_a09c_4769_b861_112cf05b6d45_UgT.jpeg
Umbi yang sudah dikukus (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Manfaat Umbi Talas untuk Kesehatan

e828be54_21da_472c_8b98_33dfd8a15103_j6F.jpeg
Sajian Seupan Tales (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Umbi talas ternyata bermanfaat untuk kesehatan. Ini karena umbi talas memiliki indeks glikemik rendah yang cenderung melepaskan glukosa secara perlahan, sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah.

Umbi talas juga mengandung vitamin B6 dan Vitamin C untuk membantu produksi sel darah merah dan putih. Selain itu, Vitamin C juga mengandung antioksidan yang bisa jadi pertahanan tubuh dari sel kanker dan resiko penyakit jantung.

Wah ternyata jajanan tradisional yang nyaris punah ini punya rasa yang enak dan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Teman Traveler, yang belum pernah merasakan jajanan ini bisa berkunjung ke Kota Cimahi atau kalau di Bandung ada di sekitaran Kopo – Cijerah ya. Next

ramadan

Air Terjun Benang Kelambu, Bukti Keindahan Paripurna Lombok Tengah

Jelajah Hits dan Instagramable Halong Bay Vietnam dengan Cruise