in , ,

Goa Maria Sendangrejo, Petualangan Rohani Menakjubkan di Kota Blitar

Banyak hal menakjubkan di dalamnya

Blitar mempunyai banyak sekali tempat wisata. Salah satunya Goa Maria Sendangrejo yang merupakan salah satu wisata religi di Blitar. Menariknya, di sini wisatawan selain beragama Nasrani diperbolehkan masuk untuk menikmati keindahan di dalamnya. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga : 5 Kuliner Tradisional Serba Ketan Hitam, Gurih Manis yang Bikin Nagih

1. Ada Sumber Air Suci Pembawa Kemuliaan

goa maria sendangrejo
Sumber air suci (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di dalam area wisata yang diresmikan Januari 2012 ini terdapat sebuah sumber air suci yang dipercaya memberi beberapa kemuliaan bagi yang meminum atau memakainya untuk membasuh diri. Beberapa kemuliaan itu antara lain untuk kesehatan dan juga awet muda.

Ada beberapa keran yang mengalirkan air suci ini. Saat hari-hari besar keagamaan umat nasrani tempat ini selalu ramai dikunjungi jemaat, dan tempat air suci ini menjadi favorit. Bahkan ada yang membawa pulang untuk keluarga di rumah.

2. Goa Maria Jadi Pusat Wisata Utama

goa maria sendangrejo
Goa Maria (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Lokasi yang berada di tengah persawahan Desa Sendangrejo membuat suasana di tempat ini menenangkan dan sangat asri. Banyak wisatawan nasrani ataupun non nasrani yang datang ke tempat ini untuk sekedar bersantai menenangkan diri sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Untuk umat nasrani, biasanya mereka berdiam diri menenangkan hati sambil bersimpuh berdoa di hadapan Bunda Maria tentu akan menjadi sesuatu yang menenangkan.

3. Meniti Kisah Yesus di Jalan Salib

goa maria sendangrejo
Jalan Salib (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berjalan semakin dalam di area Goa Maria, kalian akan menemukan petunjuk jalan menuju arah Jalan salib. Suasana indah dan meneduhkan langsung akan dirasakan di tempat ini. Sebuah tangga dengan pagar batu alam dipadu pohon bunga kamboja di sisi kanan dan kiri membuat seolah kita bukan lagi di Blitar, rasanya lebih mirip sedang di Pulau Bali.

goa maria sendangrejo
Bagian dalam Jalan Salib (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sesuai namanya, Jalan Salib ini akan membawa kita ke sebuah cerita perjalanan Yesus dalam prosesnya diangkat ke langit oleh Tuhan. Setiap detail perjalanan kisah Yesus digambarkan dengan apik disini melalui patung-patung 3 dimensi yang sangat menarik.

goa maria sendangrejo
Salah satu sudut Jalan Salib (c) Welly Handoko/Travelingyuk

4. Bisa Menikmati Indahnya Telaga

lrm_export_20190802_182742_8pM.jpg
Telaga di dalam tempat wisata (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di akhir Jalan Salib, kalian akan langsung turun dan disambut sebuah telaga buatan yang sangat meneduhkan. Di dalam telaga ini ada banyak ikan, tapi kita dilarang keras memancing ikan yang ada di sini.

Di tengah-tengah telaga tampak sebuah patung Yesus dengan memakai jubah putih dan membawa tongkat. Kalau menikmati keteduhan suasana di sekitar telaga saja kurang puas, pastinya tempat ini juga bisa menjadi spot foto menarik untuk mengisi feed instagram kita.

5. Ada Auditorium Terbuka untuk Acara Keagamaan

lrm_export_20190802_182947_mKP.jpg
Auditorium (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tepat di hadapan telaga, kalian akan menemukan sebuah bangunan sejenis pendopo terbuka yang difungsikan sebagai auditorium atau tempat pertemuan dan berkumpul. Menuju tempat ini kalian harus melewati sebuah jembatan yang ada di atas sungai kecil yang memisahkan area telaga dengan auditorium ini.

Di hari-hari besar keagamaan umat Nasrani biasanya tempat ini dijadikan tempat berkumpul, berdoa, seraya melantunkan pujian-pujian. Tapi di hari biasa tempat ini bisa dimanfaatkan pengunjung untuk bersantai sambil membuka bekal makanan saat berwisata.

Nah, sangat menarik kan Goa Maria Sendangrejo ini? Kalau kalian ingin mengunjunginya, datang saja ke Desa Ngadirejo, Sentul, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar. Dijamin kalian akan puas berwisata di sana. Next

ramadan

Jelajah Hits dan Instagramable Halong Bay Vietnam dengan Cruise

Pesona Modern nan Instagenik Villa Gardenia Lampung