in , , , , , , , , ,

Jelajah Ekstrim Hang Son Doong Vietnam, Goa Terbesar di Dunia

Kehidupan bak negeri dongeng

Hang Son Doong
wisata tur

Bagi pecinta petualangan dan wisata ekstrim, gua adalah salah satu tempat yang cocok untuk ditelusuri. Tempat yang gelap, kehidupan yang belum pernah ditemukan sebelumnya, dan bahaya yang mengancam. Namun, siapa sangka jika terdapat goa terindah dan terbesar di dunia yang justru jadi incaran pecinta jelajah ekstrim. Namanya Hang Son Doong, berada di Taman Nasional Phong Nha Kebang yang memiliki panjang 5 km dengan ketinggian hingga 180 m. Penasaran?

Baca juga : Taman Ujung Water Palace Bali, Pesona Eksotis Tiada Akhir

Kehidupan dalam Goa

Stalagmit raksasa via ig/@tipich_ilovaysk

Goa terbesar di Dunia ini benar-benar menakjubkan. Terdapat seluruh kehidupan yang berada dalam satu goa. Para petualang akan dibuat takjub dengan kehidupan flora dan fauna yang eksotis. Mereka akan menemukan sebuah sungai dengan arus yang deras, danau, pantai, fosil kuno dan stalaktit yang terus tumbuh, stalagmit raksasa, hutan hujan dengan pohon setinggi 50 m, dan iklim yang unik. Terdapat pula hewan penghuni goa seperti monyet, burung rangkong, tupai, spesies ikan unik, ular, tikus, rubah terbang, kelelawar, dan masih banyak lagi. Kehidupan dalam goa yang benar-benar tak terjamah dan asri membuat cerita jelajah bak negeri dongeng.

Sejarah Munculnya Hang Son Doong Cave

Goa Hang Son Doong dilihat dari atas via ig/@aweinspiringplace360

Sejarah lisan menjelaskan jika Goa Hang Son Doong pertama kali ditemukan oleh seorang petani lokal bernama Ho Khan pada tahun 1991. Ia mendapati suara bergemuruh dari sebuah lubang yang ditutupi pepohonan rindang. Lantas, ia memutuskan pergi dan menganggap  tempat tersebut angker dan sering dikaitkan dengan kejadian gaib. Hingga akhirnya di tahun 2009, sekelompok peneliti Inggris yang dipimpin Howart Limbert mengadakan penjelajahan dalam goa tersebut. Betapa terkejutnya mereka menemukan sebuah kehidupan yang utuh. Goa tersebut diperkirakan muncul 2 hingga 5 juta tahun lalu akibat pengikisan air sungai bawah tanah di pegunungan kapur yang membuat langit-langit sungai bawah tanah runtuh. Karena keindahan dan luas goa yang teramat besar, tahun 2013 Son Doong resmi dibuka sebagai atraksi wisata.

Wisata Tur Keliling Goa

Berkemah di pantai dalam Goa Hang Son Doong via ig/@oxalisadventure

Untuk melakukan tur keliling goa Son Doong, perlu mengeluarkan kocek yang fantastis. Biaya yang harus dikeluarkan senilai USD 3000 dengan fasilitas lengkap seperti akomodasi setelah dan sebelum penjelajahan, biaya masuk taman nasional, pemandu, tim keselamatan, perlengakapan kemah, keamanan, dan makanan. Selain biaya, fisik yang kuat menjadi hal utama. Pasalnya aktivitas menjelajahi goa diperkirakan selesai dalam waktu sekitar satu minggu penuh. Untuk masuk ke dalam gua saja, penjelajah harus turun 80 m menggunakan tali. Namun, bagi pecinta wisata ekstrim, goa Son Doong bisa jadi buruan yang tak boleh terlewatkan

Keindahan Wisata Alam Lain di Vietnam

Ha Long Bay via ig/@2wheelsvietnam

Puas dengan jelajah goa, wisatawan yang masih ingin berlama-lama di Vietnam bisa mencoba wisata alam lain yang pastinya recommend. Sebuah wisata Ba Na Hill memiliki konsep negeri dongeng yang berada di puncak gunung setinggi 1.487 meter di atas permukaan laut. Ada pula Ha Long Bay, yakni kawasan teluk dengan luas 1.533 km persegi yang dipenuhi 2.000 pulau-pulau kecil. Bahkan Ha Long Bay jadi situs warisan dunia loh.

Jelajah Hang Son Doong memang paling cocok buat pecinta wisata ekstrim. Bagi teman traveler yang berniat mengunjungi Negeri Lumbung Padi, tak ada salahnya menjadikan Goa Son Doon sebagai daftar wisata spektakuler yang wajib di-explore. Eits, namun perlu diketahui jika Son Doong hanya dapat menerima 1000 pengunjung per tahunnya. Next

ramadan

Written by dessy humairoh

Ibu rumah tangga yang hobi menulis dan bercerita. Menghabiskan waktu dengan anak sambil tetap produktif mengasah otak adalah hal yang menantang.

Cabins by the lake

Pondanu Cabins By The Lake Bali, Menginap Sambil Menikmati Hamparan Bunga dan Danau

cafe outdoor tuban

Rekomendasi Cafe Outdoor di Tuban, Ada yang Ala Bali