in , ,

Heritage Loco Tour Blora, Merasakan Naik Lokomotif dan Gerbong Tua Bak di Harry Potter

Liburan ke tempat wisata alam memang asyik. Tapi, pernah nggak mencoba menghabiskan waktu libur sembari melihat lokomotif bersejarah?

Baca juga : 4 Rekomendasi Kafe Instagramable di Jakarta, Tempat Unik Cocok Buat Ootd

Lokomotif tua dengan beberapa gerbong hasil restorasi (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Nah, saat liburan ke Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, kamu bisa mampir ke Heritage Loco Tour. Di sini, kamu bisa menikmati suasana sejuk dan nyaman. Tentunya sembari melihat peninggalan lokomotif bersama gerbongnya yang bersejarah.

Heritage Tranz LocoTour tampak depan (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Heritage Loco Tour yang terletak di Jalan Sorogo ini, dikelola oleh Perhutani setempat. Terdapat beberapa lokomotif beserta gerbong tua yang masih dirawat. Dulunya kereta ini dimanfatkan sebagai pengangkut potongan kayu dari kawasan hutan lain yang sangat luas dan letaknya berjauhan.

Rute LocoTour salah satunya gudang penimbunan kayu paling hits dibicarakan oleh pengunjung (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Tempat ini menawarkan wisata yang berbeda. Mereka berfokus pada wisata dengan perjalanan menggunakan lokomotif tua, ke tempat-tempat beroperasinya lokasi Perhutani melalui jalur-jalur dengan pemandangan yang menawan.

Lokomotif tua yang sudah tidak beroperasi menjadi wisata sejarah (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Sedangkan biaya tiket masuk sebesar Rp3.000 di hari biasa dan Rp5.000 di akhir pekan. Untuk bisa menikmati fasilitas Loco Tour dan naik kereta tua ini, kamu perlu merogoh kocek Rp15.000 per orang.

Salah satu koleksi lokomotif t (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Lalu bagaimana buat pengunjung yang melewatkan kereta Loco Tour? Tenang, kamu masih bisa menikmati berbagai spot yang tersedia. Bisa berfoto ria atau sekedar duduk santai untuk menunggu kedatangan kereta kembali.

Berada dibawah pengelolaan Perhutani daerah langsung (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Beberapa spot yang bisa dijadikan referensi untuk foto di antaranya lokomotif tua yang dipajang atau naik ke area masinis. Untuk tempat duduk santai, kamu bisa memilih tempat di sebelah kiri tulisan Loco Tour dan di belakangnya.

Interior gerbong hasil restorasi khusus wisata yang terlihat nyaman, bersih dan lapang (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Dekat dengan tempat duduk, ada gerbong warna hijau hasil restorasi. Gerbong ini khusus didesain untuk wisata dengan interior sepenuhnya menggunakan kayu hingga ke tempat duduknya. Kesan klasik dan elegan sangat terasa ketika berada di dalam gerbong dengan akses berpindah ke tempat duduk seberangnya, yang mudah untuk berganti pemandangan.

Suasana yang sejuk pada area wisata ini, dijamin bikin betah (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Di dekat jalan keluar kereta. terdapat spot foto yang menarik bertuliskan nama wisata Loco Tour. Tidak jauh pula dari tempat tersebut, terdapat semacam depo terbuka area pemeliharaan lokomotif maupun gerbong yang kini hanya dimanfaatkan sebagai gudang gerbong dan suku cadang.

Papan informasi perihal sejarah tentang tempat dan Lokomotifnya (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Pepohonan besar yang rindang, mampu memberikan suasana sejuk pada area ini jika dibandingkan dengan cuaca panas jika kita keluar area wisata.

Beberapa spot foto kekinian juga disapkan oleh pihak pengelola (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Mendekati pintu keluar, pihak pengelola menyediakan spot foto kekinian yang sayang untuk dilewatkan oleh kaum milenial. Beberapa petugas dari Perhutani yang berjaga, bisa membantu para pengunjung apabila ingin mendapatkan informasi lebih berkaitan sejarah lokomotif di tempat ini.

Penasaran ingin berkeliling dengan lokomotif tua sembari menikmati perjalanan seperti di Harry Potter? Wujudkan mimpi Teman Traveler di tempat yang penuh sejarah ini! Next

ramadan

Boomingnya Es Kopi Jepang, Ini Perbedaan Dengan Cold Brew Coffee

Legendarisnya Ayam Geprek Bu Rum Picu Perdebatan Netizen