in ,

Itinerari Weekend Jakarta-Palembang, Telusuri Pempek Legendaris hingga Sejarah Tersembunyi

Berburu wawasan dan kuliner terbaik

Banyak hal bisa dijumpai di Palembang. Ibukota Sumatera Selatan ini menyimpan berjuta pesona pariwisata yang melimpah, mulai dari kuliner hingga landmarksnya. Nah buat Teman Traveler yang tertarik short escape ke kota ini sekaligus mencari ‘harta karun’ tersembunyi di dalamnya, berikut Travelingyuk sajikan itinerari weekend Jakarta-Palembang terbaik buat kalian.

Baca juga : Padang Savana Bromo Terbakar, Objek Wisata Ini Bisa Jadi Solusinya

Hari Pertama: Naik Pesawat Tujuan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Rp381.000

Image may contain: sky and outdoor
Suasana bandara via Instagram/fikrampalembang

Dari Bandara Soekarno-Hatta (CGK), Teman Traveler bisa naik pesawat Lion Air tujuan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (PLM). Tiket termurah seharga Rp381.000, berangkat pukul 14.40 WIB dan tiba pukul 15.45 WIB. Agar tidak terlambat, sangat dianjurkan kalian sudah sampai di bandara 2-3 jam sebelum boarding.

Jajal LRT hingga Stasiun Ampera Rp10.000

Image may contain: one or more people and indoor
Naik LRT Palembang via Instagram/rickymmuslih

Nah, tidak hanya Jakarta saja, loh! Palembang juga memiliki moda transportasi LRT. Hanya modal Rp10.000 pulang-pergi bandara, kalian sudah bisa meluncur ke kota hanya dalam waktu 1 jam. Nanti, berhentilah di Stasiun Ampera karena lokasinya yang tepat berada di pusat Palembang.

Nikmati Sajian Khas Mie Celor H. Syafei Mulai Rp15.000

Image may contain: food
Mie celur yang nikmat dan menggoda via Instagram/mamokomamiki

Sekitar 1 kilometer dari Stasiun Ampera, Teman Traveler bisa mencicipi kuliner khas Palembang di Mie Celor 26 Ilir H. Syaferi Z. Alamatnya di Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 2, Ilir. Karena sudah melegenda selama lebih dari 50 tahun, jangan heran kalau sampai antre-antre ya! Buka dari pukul 06.00 – 20.30 WIB, harganya cuma Rp15.000. Sudah murah, enak, gurih pula.

Check In di Airy Eco Ilir Timur Satu Sayangan Rp78.000

Photo by Airy Indonesia in Palembang.
Ilustrasi kamar hotel via Instagram/airyindonesia

Salah satu alternatif akomodasi murah di pusat Palembang adalah Airy Eco Ilir Timur Satu Sayangan. Lokasinya 1,4 kilometer dari Mie Celor H. Syafei dan 1 kilometer dari Stasiun Ampera. Kamarnya yang bersih dan nyaman pastinya bakal bikin Teman Traveler betah. Per malamnya akomodasi ini mematok harga mulai Rp78.000. Cocok jadi akomodasi terbaik di itinerari weekend Jakarta-Palembang kali ini!

Saksikan Pesona Sunset di Jembatan Ampera

Image may contain: sky, shoes and outdoor
Jembatan Ampera via Instagram/buya14

Salah satu sunset spot terbaik di Palembang adalah Jembatan Ampera. Jaraknya hanya 900 meter dari hotel, jadi kalian bisa berjalan kaki. Berada persis di bawah Sungai Musi, Teman Traveler bisa melihat paduan cahaya matahari yang perlahan tenggelam dengan birunya Sungai Musi. Sangat indah, sekali!

Nikmati pesona sunset sambil berfoto instagenik via Instagram/yudihabibie

Nah, kalian juga bisa memanfaatkan momen ini untuk berfoto instagenik di atas jembatan, loh! Destinasi wisata Palembang yang ikonik ini menyediakan pedestrian walk lengkap dengan kursi dan lampu berdesain klasik guna menambah kecantikannya.

Jelajahi Jalanan Kota di Sudirman Night Walk

Image may contain: one or more people, people sitting and outdoor
Salah satu sudut Jalan Sudirman via Instagram/oktariands

Tidak hanya Jogja yang punya Malioboro atau Singapura dengan Orchard-nya, Palembang juga punya loh! Lokasinya sekitar 2,2 kilometer dari Jembatan Ampera. Tiap malam weekend, Jalan Sudirman ditutup untuk kendaraan bermotor dan bakal dipadati oleh para pejalan kaki.

Dinamakan Sudirman Night Walk, kawasan ini menyuguhkan berbagai macam atraksi kesenian menarik. Mulai dari stand up comedy, pantomim, cosplay, pertunjukan musik, face painting hingga latihan memanah. Keren, bukan?

Berburu Kuliner Terbaik di Lorong Basah Mulai Rp5.000

Image may contain: 2 people
Menelusuri kuliner terbaik via Instagram/heruprasetio99

Nah, bingung cari kuliner malam hari? Tenang! Sekitar 300 meter dari Hotel Airy Eco Ilir Timur Satu Sayangan, kalian bisa menemukan deretan jajanan dan makanan berat di Lorong Basah. Konsepnya mirip seperti foodcourt, jadi Teman Traveler bisa bebas memilih kuliner sesukanya. Dengan harga mulai Rp5.000, dijamin auto kenyang.

Hari Kedua: Awali Pagi dengan Semangkuk Pempek Pak Raden Mulai Rp10.000

Image may contain: food
Model pempek favorit khas Palembang via Instagram/tukangjajanmalam

Sekitar 2,7 kilometer dari tempat penginapan, Teman Traveler bisa mencicipi kuliner legendaris Palembang di Pempek Pak Raden. Beralamat di Jl. Radial No. 80, tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1980-an dan jadi salah satu destinasi wajib. Harganya murah, mulai Rp10.000, kalian sudah bisa menikmati manis-asin-gurihnya pempek ini.

Refleksikan Hidup di Masjid Agung Mahmud Badaruddin

Image may contain: sky and outdoor
Masjid Agung Palembang via Instagram/_aaaallll

Didirikan pada abad ke-18 oleh Sultan Mahmud Badaruddin I Jaya Wikrama, masjid yang punya nama lain ‘Masjid Agung Palembang’ ini menjadi salah satu tempat ibadah terbesar di Indonesia. Selain itu, letaknya yang tepat berada di seberang Jembatan Ampera membuatnya jadi ikon kota terpenting.

Image may contain: indoor
Interior dalam masjid via Instagram/aditia1988

Masjid ini mengawinkan arsitektur Eropa, Tiongkok, dan Arab sehingga terlihat artistik dan magis. Kalian bisa menghabiskan waktu di sini sambil mengagumi desainnya ataupun merefleksikan kehidupan beriman yang lebih baik.

Kulik Sejarah Palembang di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Rp5.000

Image may contain: house and outdoor
Bagian depan museum via Instagram/naelaaqna_36

Ingin tahu sejarah sakral nan tersembunyi Palembang? Coba kulik dan datangi Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Terletak di Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, destinasi sejarah ini terletak tepat di bawah Jembatan Ampera. Desain klasik nan etniknya semakin menambah nilai historis yang kuat.

Image may contain: people sitting
Takhta Raja dan Ratu via Instagram/byronic21

Di sini, Teman Traveler bisa menemukan berbagai macam cerita menarik mengenai sejarah Kota Palembang. Koleksi museum ini beragam, mulai dari lukisan Perang Palembang, peralatan perang tradisional seperti golok/ pedang, Prasasti Kedukan Bukit, porselen antik, pakaian adat, hingga kain songket.

Museum ini buka setiap hari dari pukul 08.00-16.00 WIB. Tiket masuknya seharga Rp1.000 untuk anak-anak dan pelajar, Rp2.000 untuk mahasiswa, Rp5.000 untuk umum, dan Rp20.000 untuk turis mancanegara. 

Berburu Songket Terbaik di Tangga Buntung Mulai Rp300.000

Image may contain: indoor
Songket asli Palembang via Instagram/yan.wibisono

Itinerari weekend Jakarta-Palembang ini takkan lengkap kalau belum berburu oleh-oleh. Untuk Teman Traveler yang masih punya budget lebih, berburu songket bisa jadi opsi terbaik. Kain khas Palembang ini diproduksi di beberapa tempat, namun yang paling terkenal adalah di Tangga Buntung.

Lokasinya sekitar 4,4 kilometer dari Jembatan Ampera. Di sana, kalian bisa menyaksikan proses pembuatan songket, dari pemilihan bahan, penjahitan, hingga proses finalisasi produk. Teman Traveler juga bisa langsung membeli di sana. Range harganya dari Rp300.000 hingga jutaan.

Tutup Liburan dengan Bawa Oleh-Oleh Pempek Candy Mulai Rp100.000

Photo by KANG JAMAL in Pempek Candy Palembang with @wowkuliner, @jajanpalembang, @tokopedia, @pempekcandy, @wancicih, @jktfoodbang, @dietmulaibesok, @johanajow, @jktfooddestination, @palembangfoodie, @indozonefood, @meandfood_, @jktinfo, @destinasijajan, @foodiaryme, @indonesiajuarakuliner, @pecandumakanan, and @zona.makanan.
Pempek Candy yang melegenda via Instagram/tukangjajanmalam

Belum ke Palembang kalau tidak mampir ke Pempek Candy. Destinasi kuliner yang satu ini sangat terkenal karena menyajikan aneka produksi pempek autentik sejak tahun 1994. Tak hanya itu, produk mereka bisa dijadikan oleh-oleh yang tahan lama, loh!

Image may contain: food
Selain pempek juga bisa mencoba rujak mie loh via Instagram/genpisumsel

Satu paket pempek biasanya mereka jual mulai dari Rp100.000 isi 25 pcs. Tidak hanya itu, kalian bisa mencicip hidangan lainnya yang tersedia untuk dimakan di tempat, misalkan rujak mie. Beralamat di Jl. Jend. Sudirman No.149/8, lokasinya hanya 2 kilometer dari Jembatan Ampera.

Selesailah sudah itinerari weekend Jakarta-Palembang, cocok buat kalian yang hobi short escape sambil berburu kuliner terbaik. Sebagai saran jika ingin pulang sore/malam hari dengan harga terjangkau, pilihlah penerbangan Lion Air rute PLM-CGK. Berangkat pukul 18.05 WIB dan tiba pukul 19.15 WIB, tiketnya seharga Rp376.000. Jangan lupa naik LRT ke bandara biar cepat dan murah, hanya Rp10.000 sekali jalan! Next

ramadan

Berfoto Sambil Menikmati Keindahan Alam di Kamodjan Fillage

8 Larangan Menggunakan Sumpit di Jepang Agar Tidak Melanggar Etika